Sukses

Deretan Fakta Tentang Anjing Komondor yang Mirip dengan Kain Pel

Liputan6.com, Jakarta - Banyak jenis anjing yang memiliki rambut yang panjang. Kamu pasti tahu jenis anjing seperti Shih Tzu, Maltese, Poodle, atau Samoyed yang memiliki rambut panjang yang indah. Namun, ada jenis anjing yang rambut panjangnya unik dibandingkan anjing yang lain yakni anjing Komondor.

Anjing Komondor memiliki rambut gimbal yang unik. Kalau kamu tidak fokus, bisa saja kamu melihat anjing ini sebagai kain pel atau karpet.

Rambut gimbal ini menjadi ciri khas dari anjing komondor yang memiliki mantel ganda yaitu mantel luar dengan bulu bergelombang atau keriting kasar dan lapisan bawahnya yang seperti wol tebal. 

Dilansir mentalfloss.com, Senin (28/11/2022), anjing Komondor diyakini sebagai keturunan dari Owtcharka Rusia, jenis lain dari anjing gembala.

Komondor adalah jenis anjing khusus yang digunakan untuk menggembala atau menjaga hewan ternak di Hongaria. Memiliki nama lain Hungarian Sheepdog dan Mop Dog. Anjing ini dimanfaatkan sebagai anjing gembala alias sang penjaga hewan ternak. 

Anjing lucu ini termasuk anjing pelindung yang baik namun bisa menjadi sangat agresif terhadap orang asing jika tidak disosialisasikan dengan baik. Berikut adalah sejumlah fakta tentang anjing Komondor yang mirip dengan kain pel. 

1. Sifat Komondor

Komondor termasuk anjing yang setia dan penyayang. Anjing ini sayang pada anggota keluarganya. Selain itu, Komondor bisa menjadi anjing penjaga yang baik karena mereka termasuk anjing yang siaga.

Buat kamu yang tinggal di apartemen, anjing Komondor mungkin kurang cocok untukmu. Komondor memerlukan tempat yang luas karena anjing ini suka tempat yang lega. Kamu juga harus sering mengajak anjing Komondor untuk beraktivitas, karena mereka punya tenaga yang besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Komondor Berasal dari Eropa

Anjing komondor saat ini memang sudah banyak dipelihara oleh orang-orang di dunia. Tapi, kalau bicara asal, Komondor dikatakan berasal dari Hungaria.

Penyebarannya sendiri menurut sejarah adalah berawal dari orang-orang Eropa Timur yang membawa anjing ini ke Wilayah Asia Tengah pada beberapa abad lalu.

Komondor yang unik dan ramah, sangat bisa diterima keberadaannya. Sehingga saat ini kita bisa menjumpainya di mana saja. Sejarah mengatakan bahwa Komondor di bawa oleh orang-orang Eropa Timur ke Wilayah Asia. 

Dalam bahasa Hungaria, bentuk jamak dari anjing Komondor disebut sebagai Komondorok. Populasi anjing Komondor terbesar berada di Hungaria dan Amerika Serikat. Namun, Komondor termasuk anjing yang kurang populer dan hanya ada sekitar 10 ribu ekor anjing ini di seluruh dunia.

3 dari 4 halaman

3. Karakteristik Komondor

Anjing Komondor adalah yang paling unik soal penampilan. Terutama dari bulu serta postur tubuhnya yang gagah. Soal bulu, banyak yang dibikin terheran-heran dengan Komondor lantaran sangat tebal dan kadang berbentuk seperti bulatan-bulatan tabung memanjang.

Anjing satu ini juga dikatakan sebagai ras besar karena ukuran tubuhnya memang tidak biasa. Rata-rata anjing Komondor memiliki tinggi 76 cm dan berat 68 kg. Meskipun besar dan penampilannya agak misterius, tapi anjing ini sangat baik dan patuh. Bahkan bayi pun takkan dilukai olehnya.

4. Harga Adopsi Komondor

Setelah membahas tentang segala rupa dari si anjing unik ini, kamu mungkin sangat penasaran soal harga. Kira-kira berapa sih yang dibutuhkan untuk bisa membawa anjing jenis ini ke rumah? Siap-siapkan dompet tebal karena diketahui harga anjing Komondor cukup mahal.

Untuk ukuran puppy, setidaknya kita butuh sampai Rp20 jutaan untuk mengadopsi anjing Komondor. Dan untuk yang sudah jadi dan besar harganya bisa berkali-kali lipat.

Anjing satu ini memang unik luar biasa. Tak hanya punya penampilan yang nyentrik, tapi juga memiliki sifat-sifat yang luar biasa.

Di Indonesia sendiri anjing ini cukup jarang. Alasannya mungkin karena harganya yang setara dengan motor baru itu.

4 dari 4 halaman

5. Tidak Terlalu Ramah pada Anjing Lain

Sifatnya yang siaga membuat Komondor berhati-hati jika bertemu dengan orang atau anjing lain. Oleh karena itu, kamu harus hati-hati ketika Komondor bertemu dengan anjing baru. Mereka bisa saja bersifat agresif dan akan sulit jika kamu memiliki anjing lain di rumah.

Namun, Komondor termasuk anjing yang pintar. Asal kamu bisa melatih anjing ini, mereka juga bisa bermain dengan anjing lain. Kamu juga harus cermat ketika melatih Komondor, karena mereka bisa bosan dan malah mengabaikan perintah yang sedang diajarkan.

Bagaimana, apakah anjing ini sudah mirip dengan kain pel? Rambut Komondor menjadi gimbal secara alami. Itulah beberapa fakta tentang Anjing komondor yang disebut memiliki bulu seperti kain pel.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS