Sukses

Potret Emosional Robert Lewandowski Usai Cetak Gol Pertamanya di Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Penyerang Polandia Robert Lewandowski akhirnya mencetak sejarah dengan menorehkan gol pertamanya di ajang Piala Dunia.

Sebelumnya Timnas Polandia meraih kemenangan 2-0 atas Arab Saudi dalam match day ke-2 Grup C Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion Education City, Sabtu malam, 26 November 2022. 

Penyerang berusia 34 tahun itu mengaku akhirnya bisa mewujudkan mimpi masa kecilnya untuk bisa mencetak gol di Piala Dunia.  

"Pentingnya gol dan bagaimana saya mencetaknya membuat semua mimpi saya sejak kecil menjadi kenyataan. Itu tidak mudah karena kami tidak memiliki banyak peluang di pertandingan pertama dan saya gagal mengeksekusi penalti," kata Lewandowski sebagaimana dikutip dari France 24, Minggu (27/11/2022).

Polandia sudah unggul sejak babak pertama. Lewandowski mengakui mengalahkan Arab Saudi adalah pertandingan yang sulit. Andai sontekannya tidak mengenai tiang gawang Saudi, Lewandowski nyaris mencetak gol kedua bagi Polandia.

Namun, momen yang ditunggu-tunggu pemain Barcelona itu tiba juga di 10 menit terakhir. Pemain Barcelona itu kemudian mencetak gol pada menit ke-82.

Lewandowski merebut bola dari kaki Abulelah Al Malki lalu tanpa kesulitan menjebolkan bola dari penjagaan kiper Mohammed Al Owais dengan sepakan mendatar.

Ini menjadi gol ke-77 Robert Lewandowski dalam Timnas Polandia, namun merupakan gol pertamanya di ajang Piala Dunia. Lewandowski tercatat mengikuti Piala Dunia sebanyak dua kali. Partisipasi pertamanya di Piala Dunia adalah pada 2018 di Rusia dan Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Usai menjebol gawang Arab Saudi, Robert Lewandowski merayakan golnya dengan berteriak, kemudian meluncur di atas lapangan sebelum dihampiri rekan-rekan setimnya. Ia juga tampak menitihkan air mata di momen usai dirinya menyarangkan gol ke gawang lawan. 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 10 halaman

Bisa Jadi Ajang Piala Dunia Terakhir Bagi Lewandowski

Lewandowski terlihat emosional, pasalnya Piala Dunia ini bisa saja menjadi ajang Piala Dunia yang terakhir di dalam kariernya.

"Saya pikir semakin tua saya, semakin emosional saya. Saya sadar ini mungkin Piala Dunia terakhir saya dan saya ingin mengatakan bahwa saya telah bermain dan mencetak gol di Piala Dunia," kata Lewandowski.

Robert Lewandowski merupakan salah satu pencetak gol paling produktif di sepak bola, tetapi sebelum melawan Arab Saudi, ia belum mencetak gol di ajang Piala Dunia.

Robert Lewandowski lahir pada 21 Agustus 1988 di Warsawa dan dibesarkan di Leszno, Warsaw West County. Penyerang berusia 34 tahun itu adalah pemain sepak bola profesional Polandia yang bermain sebagai penyerang untuk klub Barcelona dan merupakan kapten tim nasional Polandia.

Dia mengambil langkah pertamanya di sepak bola sebagai pemain tidak terdaftar untuk klub lokal, Partyzant Leszno. Pada tahun 1997, ia bergabung dengan MKS Varsovia Warsawa, di mana sebagai remaja ia bermain selama tujuh tahun.

Lewandowski dianggap sebagai salah satu striker terbaik sepanjang masa. Dia diakui karena penempatan posisi, teknik, dan penyelesaiannya. Dalam kariernya dia berhasil pencetak rekor dengan 77 gol dalam 134 penampilan. 

Berikut ini adalah deretan potret Robert Lewandowski berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Arab Saudi selama pertandingan grup C Piala Dunia 2022 Qatar.

3 dari 10 halaman

Robert Lewandowski sangat emosional setelah gol pertamanya di Piala Dunia.

4 dari 10 halaman

Robert Lewandowski menangis dalam selebrasinya usai cetak gol perdana di Piala Dunia.

5 dari 10 halaman

Robert Lewandowski merayakan golnya dengan berteriak, kemudian meluncur di atas lapangan sebelum dihampiri rekan-rekan setimnya.

6 dari 10 halaman

Penyerang Polandia itu mengaku akhirnya bisa mewujudkan mimpi masa kecilnya untuk bisa mencetak gol di Piala Dunia.

7 dari 10 halaman

Robert Lewandowski merupakan salah satu pencetak gol paling produktif di sepak bola tetapi sebelum melawan Arab Saudi, ia belum mencetak gol di ajang Piala Dunia. Lewandowski telah megikuti dua ajang Piala Dunia, yakni di Rusia 2018 dan Piala Dunia 2022 di Qatar.

8 dari 10 halaman

Penyerang berusia 34 tahun itu adalah kapten Polandia dan pencetak rekor dengan 77 gol dalam 134 penampilan.

9 dari 10 halaman

Dengan kemenangan atas Arab Saudi, Polandia kini berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup C.

10 dari 10 halaman

Di partai pamungkas grup, Polandia akan menghadapi Argentina pada 30 November 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS