Sukses

Oleg Salenko, Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Pertandingan di Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta - FIFA World Cup atau disebut Piala Dunia merupakan salah satu ajang sepak bola bergengsi dan terbesar sejagad raya. 

Pertandingan tersebut diikuti oleh 32 negara yang masuk dalam kualifikasi Piala Dunia

Namun, sepanjang sejarah FIFA, ada satu negara dan salah satu pemainnya mencetak angka yang besar dalam sejarah Piala Dunia, sampai dijadikan World Cup Record, dan 100 momen terbaik di Piala Dunia, siapakah dia?

Dilansir laman resmi FIFA pada Sabtu26 November 2022, seorang striker dari tim nasional Rusia, Oleg Salenko, adalah pemain sepak bola yang dapat mencetak gol dalam satu pertandingan sebanyak lima gol. Hal itu kemudian dijadikan 100 momen terbaik di Piala Dunia FIFA. 

Dalam Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, laga Rusia vs Kamerun menjadi hal yang unik sekaligus mencetak sejarah FIFA. Skor yang dicetak pada pertandingan tersebut adalah 6 (Rusia) dan 1 (Kamerun). 

Saat itu, Roger Milla menjadi yang pertama mencetak gol pada usia 42 untuk memperpanjang rekornya sendiri sebagai pencetak gol tertua di Piala Dunia.

Namun, Oleg Salenko tetap bintang yang sesungguhnya. Dengan menampilkan penyelesaian akhir yang memukau dan mematikan, yang tak seorang pun mengetahuinya, pemain Rusia ini menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

"Malam sebelum pertandingan, saya bermimpi saya akan mencetak banyak gol. Anda terkadang mendapatkan firasat seperti ini," kata Oleg Salenko kepada FIFA pada tahun 2017.

"Namun, saya tidak berpikir saya akan mencetak lima gol," ujarnya.

Oleg Salenko saat itu baru berumur 25 tahun. Pertandingan itu bukan hanya menjadi penampilan terakhirnya di Piala Dunia, tetapi juga penampilan terakhirnya untuk tim nasional. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cetakan Lima Golnya Mendapatkan Sepatu Emas

Pencapaiannya pada hari itu membuat kesan abadi dalam Piala Dunia. Mantan striker Valencia dan Rangers itu tidak ragu-ragu ketika ditanya seberapa sering dia teringat akan hal itu.

"Setiap hari," katanya kepada FourFourTwo.

"Itulah hebatnya Piala Dunia, seluruh dunia menyaksikan. Jika Anda melakukan sesuatu yang spektakuler, Anda akan diingat selamanya," Oleg Salenko menambahkan.

Lima gol tersebut membuatnya berbagi Sepatu Emas Adidas dengan Hristo Stoitchkov sebagai pencetak gol terbanyak bersama turnamen.

"Senang sekali bisa berbagi Sepatu Emas dengan pemain hebat seperti itu," katanya.

"Kami telah bertemu beberapa kali sejak itu. Dia bermain untuk Barcelona dan saya bermain untuk Valencia. Dan, kami selalu bercanda tentang hal itu. Dia biasa berkata 'Anda harus bersyukur saya tidak mencetak satu gol lagi'. Dan, saya akan berkata 'Anda harus bersyukur saya tidak mencetak satu gol lagi melawan Kamerun!," ujar Salenko.

3 dari 4 halaman

Salenko Biodata dan Karir

Oleg Anatolyevich Salenko lahir pada 25 Oktober 1969 adalah pensiunan pemain sepak bola Rusia-Ukraina yang bermain sebagai penyerang.

Dia mencetak rekor lima gol dalam pertandingan babak grup di Piala Dunia 1994, membantunya mendapatkan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak bersama turnamen.

Karier Klub

Salenko lahir dari ayah Ukraina dan ibu Rusia di Leningrad, SFSR Rusia, Uni Soviet. Dia bermain untuk Zenit Leningrad, Dynamo Kyiv, Logroñés, Córdoba, Valencia, Rangers dan İstanbulspor selama karier klubnya, yang berlangsung dari 1986 sampai 2000.

Akhirnya, dia memudar dari kancah sepak bola internasional dan harus mengakhiri kariernya sebelum waktunya, pada usia 31 tahun, karena alasan kesehatan yang berasal dari cedera.

Salenko kembali bermain sepak bola profesional pada musim 2000-01 dan menandatangani kontrak dengan Pogoń Szczecin. Namun, ia pensiun setelah memainkan satu pertandingan karena kondisi fisiknya.

4 dari 4 halaman

Karier Internasional

Salenko bermain pada tim U-20 Uni Soviet di 1989 FIFA World Youth Championship, di turnamen tersebut menjadi pencetak gol terbanyak sebanyak 5 gol. 

Salenko hanya memainkan total sembilan pertandingan internasional, termasuk pertandingan persahabatan Ukraina 1-3 Hungaria, yang merupakan pertandingan internasional pertama untuk tim sepak bola nasional Ukraina yang diakui oleh FIFA.

Dia juga memiliki delapan penampilan untuk Rusia dan mencetak enam gol, semuanya di Piala Dunia di mana ia menjadi pencetak gol terbanyak pada tahun 1994.

Penampilan internasional terakhirnya adalah saat menang 6-1 melawan Kamerun ketika ia mencetak lima gol.

Salenko adalah satu-satunya pemain yang memenangkan Spetu emas di Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia FIFA.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS