Sukses

Jin BTS Resmi Wamil 13 Desember 2022, ARMY Dilarang Datang ke Pusat Pelatihan

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melakukan pembatalan penundaan wajib militer, Jin BTS dikabarkan akan memasuki pusat pelatihan wamil pada 13 Desember 2022. 

Media korea mengutip informasi dari industri dan pusat militer memberitakan bahwa Jin akan memasuki pusat pelatihan wamil di  Yeoncheon, Gyeonggi-do selama lima minggu sebelum dia bertugas di tempat tugasnya hingga menyelesaikan wamilnya. 

Melalui Newsen pada Kamis (24/11/2022), BigHit Music --- agensi yang menaungi BTS --- mengatakan bahwa mereka masih sulit mengonfirmasi hal ini. 

Diketahui bahwa Jin BTS mendaftar di unit frontline sesuai dengan apa yang Jin ungkapkan pada para fans-nya sebelumnya. 

Jin, yang tahun ini berumur 30 tahun, memiliki batas waktu pendaftaran pada akhir tahun lalu tapi menerima penundaan satu tahun hingga akhir 2022.

Jin dan BTS, menerima rekomendasi dari Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata untuk menunda wamilnya sesuai dengan Undang-Undang Dinas Militer 2020 yang telah direvisi.

UU tersebut khusus diperuntukkan bagi mereka yang berprestasi dalam olahraga, budaya, dan seni untuk meningkatkan prestise nasional, wamil dapat ditunda hingga umur 30 tahun.

Jin mengumumkan rencananya untuk mendaftar wamil tepat setelah konser BTS Yet to Come di Busan bulan lalu. 

"Setelah itu, prosedur yang terkait dengan pendaftaran di Administrasi Tenaga Kerja Militer akan dilanjutkan. Anggota lainnya juga akan memenuhi dinas militer mereka secara berurutan sesuai dengan rencana mereka sendiri," ungkap BigHit dalam pernyataannya. 

Jin diperkirakan akan menjalani wajib militernya sekitar 18 bulan dan akan kembali pada 12 Juni 2024 mendatang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Ditunda 2 Tahun

Dalam siaran langsung pribadi pada 28 Oktober melalui Weverse, Jin mengaku bahwa dia awalnya berencana untuk mendaftar setelah album BTS 'BE', yang dirilis pada Oktober 2020.

Namun, karena single 'Dynamite' yang dirilis pada Agustus 2020 mencapai nomor 1 di tangga lagu utama Billboard AS 'Hot 100' dan meraih kesuksesan box office jangka panjang di seluruh dunia, Jin menunda wamilnya. 

Jin berturut-turut menunda wamilnya sejak era Butter, Permission to Dance, dilanjut dengan tur global BTS hingga Busan Expo. 

"Aku awalnya berencana untuk mendaftar wamil pada Juni. Tapi, demi ARMY, aku menunggu hingga Oktober. Aku tidak ingin tampil dengan air mata ARMY. Maka, pengumuman pendaftaran wamil ditunda hingga selesai konser di Busan," kata Jin. 

Jin juga mengatakan bahwa dia sempat berpikir haruskah mementingkan penggemar dan berangkat wamil saat musim dingin, atau dia tidak tampil dan berangkat wamil sebelum musim dingin.

Sebab, Jin mengatakan bahwa dia tidak tahan di cuaca dingin. Namun, dia bisa tahan di cuaca panas,

Namun akhirnya, dia memilih untuk memprioritaskan penggemarnya.

3 dari 4 halaman

Memberikan Kado The Astronaut Untuk ARMY

Beberapa waktu lalu Jin berkolaborasi dengan Coldplay merilis The Astronaut

Single ini adalah yang pertama semenjak pengumuman wamilnya mencuat ke publik. Jin mengatakan bahwa single ini untuk ARMY dan mempersiapkan ini sebagai ungkapan cintanya untuk ARMY.

"Aku mempersiapkan lagu ini dengan rajin, memikirkan kalian semua, para penggemar. Aku harap banyak orang menyukainya. Aku membuat ini dengan harapan agar kalian semua merasa bahagia. Setidaknya, saat mendengarkan lagu ini," kata Jin dalam video promosi The Astronaut di YouTube. 

Kini, teori tentang video klip The Astronaut beredar luas. Tak sedikit ARMY sedih dan menangis karena membaca teori-teori tentang musik video The Astronaut. 

"Saat saya menulis lirik, saya mencoba mengekspresikan pesan saya untuk ARMY yang membuat saya menjadi seperti sekarang. Sebagai Jin BTS. Liriknya adalah kisahku. JIn yang berkeliaran tanpa tujuan, dan kamu, ARMY, yang menemukan mimpiku untukku," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Pesan Jin untuk ARMY

Setelah kabar beredar, Jin langsung mengonfirmasi akan hal ini juga melalui Weverse. Jin secara tersirat membenarkan bahwa awal Desember nanti, dia sudah menjalani wajib militer

"Artikel yang aku tidak inginkan telah dirilis dan ARMY jangan datang ke pusat pelatihan, ya. Ada banyak orang selain aku yang akan melakukannya. Jadi, ini akan berbahaya karena ramai. ARMY I love you,"ungkap Jin dalam Weverse.

Hal tersebut sontak mengundang berbagai respons dari ARMY. Banyak ARMY yang langsung memberikan peringatan hingga ARMY yang menangis dan emosional karena mengkhawatirkan Jin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.