Sukses

Wajah Glowing Tanpa Skincare Mahal, Berikut 8 Tips Sederhana yang Bisa Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu bahwa wajah glowing bisa diperoleh tanpa bantuan skincare yang harganya mahal?

Meski skincare atau produk perawatan kulit seperti krim wajah maupun serum punya kemampuan meningkatkan kulit kamu, tapi kamu bisa kok mendapatkan kulit sehat dan bercahaya tanpa satu pun produk itu.

Salah satu rahasia mendapatkan kulit yang tampak sehat secara alami adalah mempraktikkan perilaku hidup sehat yang menutrisi kulit dan tubuh kamu.

Ada delapan cara untuk mendapatkan kulit wajah glowing tanpa bantuan skincare mahal yang dapat kamu lakukan di rumah, seperti dilansir melalui Lompoc Valley Medical Center, pada Senin (21/11/2022).

1. Perbanyak Minum Air

Minum air putih dapat menjaga kelembapan kulit dan melawan kekeringan dan pengelupasan. Hal ini juga dapat membantu kulit kita mempertahankan elastisitas dan kekenyalannya. Selain itu, dapat mengurangi atau menunda tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

Manfaat lain dari minum banyak air adalah membantu mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh. Sebab, penumpukan racun dan limbah seringkali dapat menyebabkan jerawat dan kulit tampak kusam.

Menghindari dehidrasi akan membuat kulit kita terlihat lembab dan sehat. Di sisi lain, dehidrasi bisa membuat kulit terlihat kering dan kusam.

Oleh sebab itu, usahakan untuk minum lebih banyak air sepanjang hari, terutama pada hari-hari yang panas atau saat sedang berakitivitas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

2. Rutin Berolahraga

Jalan pintas yang sangat cerdas untuk mendapatkan cahaya dari dalam adalah membuat tubuh kita bergerak.

Olahraga meningkatkan aliran dan sirkulasi darah, yang mana memungkinkan sel-sel kulit kita menerima jumlah oksigen dan nutrisi yang lebih tinggi yang berkontribusi pada warna kulit yang glowing.

Seperti air, olahraga secara rutin juga membantu mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh kita yang dapat membuat kulit terlihat lelah dan kusam.

Dengan demikian, jadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup dan usahakan untuk melakukannya hampir setiap hari dalam seminggu.

Kalian bisa lakukan kombinasi latihan kardio dan latihan kekuatan, dan lakukan aktivitas lainnya yang kalian sukai.

Biasanya dengan ajak teman dan anggota keluarga, bisa menambah kalian untuk membuat latihan lebih menyenangkan.

3 dari 8 halaman

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sarat dengan antioksidan dan nutrisi lain yang dapat melawan radikal bebas penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya.

Beberapa buah dan sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat melembabkan kulit kita dan membuatnya terlihat lebih kenyal, seperti semangka, anggur, dan seledri, yang mana mengandung banyak air.

Ganti makanan ringan seperti coklat dan sereal dengan buah dan sayuran sebagai gantinya. Makan irisan wortel dan batang seledri, dan konsumsi beri di antara waktu makan.

Kamu bisa melihat peningkatan dalam kulit kalian dengan makan buah dan sayuran setiap kali makan, dan perhatikan kulit kalian akan menuai manfaat dari makanan ini.

Pencernaan dapat memengaruhi penampilan kulit kita, selain itu pencernaan yang lambat dapat menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

Dengan demikian, pencernaan yang sehat bergantung pada jumlah air yang cukup dan konsumsi buah dan sayuran yang banyak. 

4 dari 8 halaman

4. Tidur yang Cukup

Tidur adalah waktu tubuh kita untuk memperbaiki dirinya sendiri, dan ini termasuk kulit kita. Saat kita tidur, kulit akan mengganti sel kulit mati dan membuat sel kulit baru yang sehat.

Kulit juga akan menghasilkan kolagen baru saat kita tidur, yang membantu kulit tetap kenyal. Lebih banyak kolagen berarti lebih sedikit garis halus dan kerutan serta lebih sedikit kendur.

Mulailah tidur lebih awal di malam hari, termasuk di hari weekend atau akhir pekan. Jika kalian merasa tidak nyaman di malam hari, lakukan apa yang diperlukan untuk memastikan kalian tidur dengan lebih nyaman. 

Kualitas tidur jauh lebih dari membantu kita mencapai kulit bercahaya. Hal ini juga dapat mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, depresi, dan kanker.

Perlu diperhatikan, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar hormon stres dalam tubuh yang dapat menyebabkan peradangan dan kulit yang buruk.

 

5 dari 8 halaman

5. Kurangi Paparan Sinar Matahari

Menghabiskan waktu di bawah sinar matahari mungkin tampak seperti cara yang efektif untuk mendapatkan kulit glowing yang tampak sehat. Namun, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Sinar matahari memang menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh dan kulit kita, tetapi cukup dengan jika kita berada di dalamnya dengan waktu yang singkat. 

Terlalu banyak sinar matahari dapat menyebabkan kulit terbakar dan membuat kita terpapar radiasi yang meningkatkan risiko kanker kulit.

Kelebihan dari sinar matahari juga berkontribusi terhadap keriput, perubahan warna, dan tanda penuaan lainnya.

Oleh sebab itu, hindari memaparkan kulit kalian ke matahari dalam jangka waktu yang lama.

Saat kalian menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, biasakan untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya dengan SPV yang tinggi dan tidak lupa mengenakan kacamata hitam untuk melindungi kulit dan mata kalian.

6 dari 8 halaman

6. Kurangi Mengonsumsi Alkohol

Alkohol membuat kulit dan tubuh kita meningkatkan dehidrasi. Hal tersebut dapat membuat garis-garis halus dan kerutan lebih jelas dan membuat kulit tampak abu-abu dan kusam.

Minum alkohol dalam jumlah tinggi secara teratur juga dapat menyebabkan kekurangan gizi. Ini dapat mencegah kulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk mempertahankan cahaya yang tampak sehat. 

Misalnya, alkohol dapat menghabiskan kadar beberapa vitamin B dalam tubuh kita, termasuk asam folat. Asam folat membantu kulit Anda mempertahankan kelembaban.

Terlalu banyak alkohol juga dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih tinggi. Peradangan terkait dengan berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

Jika kalian minum alkohol, cobalah untuk membatasi asupan dengan tidak lebih dari satu atau dua gelas sehari.

7 dari 8 halaman

7. Jangan Menyentuh Area Permukaan Wajah

Tangan dan jari biasanya mengandung banyak minyak dan kotoran, bahkan jika kita baru saja mencucinya. Saat kalian menyentuh wajah, kotoran ini akan berpindah dari jari ke kulit dan menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan peningkatan risiko berjerawat.

Cobalah untuk menghindari menyentuh wajah kalian dengan jari dan telapak tangan dengan cara apa pun. Jika kalian mengalami gatal di wajah, coba gunakan punggung tangan atau lengan baju untuk meredakannya.

Selain itu, perhatikan apakah kalian mempraktikkan kebiasaan tertentu saat menyentuh wajah dengan tangan, seperti menutup mulut saat tertawa. 

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki kebiasaan seperti ini dan bingung mengapa mereka memiliki masalah kulit seperti jerawat.

8 dari 8 halaman

8. Gunakan Sarung Bantal yang Tepat

Beberapa kain berpotensi mengeringkan dan menigkatkan dehindrasi pada kulit kita. Misalnya, kapas sangat menyerap dan dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kita.

Faktanya, minyak ini, ditambah sel kulit mati, akan tetap terperangkap di sarung bantal hingga kita harus sering mencucinya kembali.

Hal itulah yang dapat meningkatkan risiko jerawat dan warna kulit yang tampak kusam.

Pertimbangkan untuk menggunakan sarung bantal berbahan satin atau sutra yang dapat membantu kulit kalian tetap lembut, bersih, dan cerah. 

Beberapa produsen membuat sarung bantal yang ditujukan khusus untuk orang yang ingin menjaga kesehatan kulit agar tampak muda.

Manfaat lain menggunakan sarung bantal berbahan sutra adalah dapat membuat rambut terlihat lebih sehat.

Sementara, sarung bantal yang terbuat dari katun dan kain penyerap lainnya dapat mengeringkan rambut, sehingga membuatnya terlihat kurang berkilau.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS