Sukses

Selain Sri Asih, Berikut 3 Superhero Wanita Indonesia yang Pernah Muncul di Layar Kaca

Sri Asih akan menjadi salah satu superhero wanita pertama yang pernah muncul di layar kaca Indonesia. Namun ternyata sebelum Sri Asih, sudah ada tiga sosok superhero wanita Indonesia lainya.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, 17 November 2022, film superhero wanita Sri Asih tayang di seluruh bioskop Indonesia. Film ini sudah ditunggu banyak penggemar karena memberikan kelanjutan dari cerita Bumilangit Cinematic Universe (BCU), yang sebelumnya dibuka dengan film Gundala (2019).

Tokoh Sri Asih pertama tampil dalam komik yang pertama kali rilis pada tahun 1954 dan diciptakan oleh Bapak Komik Indonesia, yakni R.A. Kosasih. Untuk versi film, Sri Asih digarap oleh Upi (Serigala TerakhirMy Stupid Boss). Tokoh Sri Asih sendiri akan diperankan oleh Pevita Pearce (Sebelum Iblis Menjemput, 5 cm).

Selain Pevita Pearce, film Sri Asih yang berdurasi sekitar 2 jam 15 menit ini juga dibintangi banyak aktor terkenal Indonesia. Sebut saja ada Jefri Nichol, Reza Rahadian, Dimas Anggara, Surya Saputra, Randy Pangalila, Fadly Faisal dan aktor-aktris lainnya.

Sri Asih akan bercerita mengenai seorang gadis bernama Alana. Sejak kecil Alana tidak mengerti mengapa dia selalu dikuasai oleh kemarahan, yang selalu dia coba tahan. Tapi saat dewasa, Alana menemukan kebenaran yang mencengangkan.

Alana bukan manusia biasa. Sebagai reinkarnasi dari Sri Asih, Alana berusaha untuk membawa keseimbangan dalam masyarakat. Dia bisa menjadi kebaikan untuk kehidupan. Atau menjadi kehancuran bila ia tidak dapat mengendalikan amarahnya.

Bergenre superhero, Sri Asih akan menjadi salah satu superhero wanita pertama yang pernah muncul di layar kaca Indonesia. Namun ternyata sebelum Sri Asih, sudah ada tiga sosok superhero wanita Indonesia lainya. Berikut ketiga sosok tersebut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Valentine (2017)

Pada 2017 lalu dirilis film superhero wanita Indonesia beranama Valentine. Film Valentine (2017) ini merupakan adaptasi komik dari karakter fiksi Valentine terbitan Skylar Comics karya Sarjono Sutrisno, Aswin M.C. Siregar, dan Ian Waryanto.

Film Valentine (2017) merupakan garapan Agus Pestol dan Ubay Fox. Film ini dibintangi oleh Estelle Linden sebagai Srimaya, yang juga memiliki pribadi lain yang dikenal sebagai Valentine.

Film ini bersetting di Batavia City, kota indah yang namun tak lagi aman untuk dihuni. Berbagai kejahatan sering terjadi di kota ini. Mulai dari perampokan, kekerasan, dan berbagai tindakan kriminalitas lainnya.

Di tengah kota yang kacau ini, Srimaya, seorang pelayan kafe yang memiliki mimpi menjadi aktris tidak pernah menyangka kalau impiannya akan mengubah jalan hidupnya. Pertemuannya dengan seorang sutradara film dan sahabatnyam engubahnya dari gadis biasa menjadi pahlawan harapan Batavia City, Valentine.

3 dari 4 halaman

Saras 008 (1998-2004)

Saras 008 merupakan salah satu sinetron jadul yang terkenal di Indonesia. Sinetron ini bertema pahlawan super dan ditayangkan di Indosiar dari tahun 1998 hingga tahun 2004.

Saras 008 bercerita mengenai seorang gadis remaja yang baik hati dan suka menolong bernama Saraswati atau biasa dipanggil Saras. Saras memiliki seekor Kucing bernama Ketty, yang pada suatu hari mati secara mendadak.

Setelah 40 hari kematian Ketty, tiba-tiba Saras merasakan bahwa roh Ketty masuk ke dalam dirinya dan dia berubah wujud menjadi Pahlawan Wanita dengan julukan Saras 008. 

Tokoh Saras diperankan oleh banyak aktris. Misalnya oleh Devi Permatasari dan Selly Hasan. Sinetron ini terbagi dalam 3 musim dengan jumlah keseluruhan mencapai 292 episode.

4 dari 4 halaman

Darna Ajaib (1980)

Darna Ajaib adalah film pahlawan super remaja Indonesia tahun 1980 yang disutradarai oleh Lilik Sudjio. Dibintangi oleh model, pemeran, sekaligus penyanyi Indonesia Lydia Kandou sebagai Darna.

Film Darna Ajaib (1980) dibuat berdasarkan serial komik pahlawan super "Darna" karya komikus Armin Tanjung, yang terinspirasi dari tokoh pahlawan super yang bernama sama ciptaan Mars Ravelo, komikus dari Filipina.

Darna Ajaib (1980) bercerita mengenai wanita remaja bernama Darna. Darna mengetahui bahwa dirinya dapat memiliki kekuatan luar biasa yang diperolehnya dari kalung yang berisikan selaput ajaib yang membungkus dirinya sewaktu dia lahir. Darna pun dapat berubah wujud, terbang, dan berlari secepat kilat.

Kehidupan Darna berada dalam diema saat dia harus membuat pilihan sulit, yakni melawan Malia, temannya yang ternyata merupakan anak raksasa iblis jahat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.