Sukses

Kun NCT hingga Taemin SHINee, Simak 7 Idol KPop yang Ternyata Miliki Lisensi Khusus

Tak hanya dikenal dengan bakatnya yang luar biasa dalam menari, menyanyi, beberapa Idol KPop bahkan memiliki lisensi dan sertifikasi khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Idol Korea Pop atau idol KPop dikenal dengan bakatnya yang luar biasa dalam menari, menyanyi, rap, akting atau tampil secara umum di atas panggung.

Namun, idol-idol ini tidak berhenti di situ saja. Banyak idola KPop sangat multi-talenta, mereka mengembangkan kemampuanya di bidang lain, bahkan mereka memiliki lisensi dan sertifikasi khusus di area yang sepenuhnya terpisah dari industri hiburan.

Mengutip Cornell Law School, Kamis (3/11/2022), license atau lisensi adalah izin yang diberikan oleh otoritas yang memenuhi syarat yang mengizinkan penerima lisensi untuk melakukan sesuatu yang seharusnya dilarang.

Baru-baru ini, penggemar KPop dihebohkan dengan seorang idol yang memiliki lisensi tak terduga, yang hanya satu idol memilikinya, yaitu Kun NCT.

Kun memiliki lisensi dan sertifikasi khusus dalam sky diving atau terjun payung. Kun telah membuat fans terpukau lebih dari sekali dengan berbagai bakat dan hobinya.

Selain Kun, ada 6 idol KPop lainya yang juga memiliki lisensi khusus. Melansir laman Kpop Starz Kamis (3/11/2022), ada pula mantan member girl group SISTAR, Soyou.

Soyou diketahui suka menyanyi dan menari sejak masih kecil, tetapi sebenarnya bukan mimpi pertamanya. Pada 2012, Soyou mengungkapkan bahwa karena ketertarikannya pada dunia selebriti.

Soyou pun berhasil memperoleh lisensi kecantikan yang berfokus pada tata rias, rambut, dan seni kuku di sekolah menengah. Namun, dia justru memulai debutnya sebagai member SISTAR

Berikut adalah 7 idol KPop dengan lisensi dan sertifikasi khusus dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kun NCT

Selama wawancara NCT dengan Sanook Entertainment, Kun mengatakan bahwa dia sangat berkonsentrasi dengan sky diving sebagai hobi, sehingga Kun berhasil menerima lisensi sky diving.

Dalam saat yang sama, Taeil yang mendengarnya terkejut dengan berita itu. Karena itu adalah keterampilan yang langka, YangYang bertanya, "Tidak ada yang melakukannya, kan?"

Kun mengkonfirmasi bahwa dia adalah idola pertama yang menerimanya, “Belum. Saya tidak berpikir ada idola yang memperoleh lisensi sky diving.”

Kun tidak hanya mencoba sky diving sekali, tetapi dia juga berusaha untuk mendapatkan lisensi keselamatan yang layak di udara, Kun benar-benar tidak kenal takut.

Sebelumnya, dalam sebuah episode WayV log (Sub-unit NCT), Kun juga telah mengungkapkan mengungkapkan bahwa memiliki sertifikat untuk menerbangkan drone secara legal.

Menurut penggemar, pada Desember tahun lalu, Kun telah benar-benar memperoleh lisensi pilotnya. Kun benar-benar sangat multi-talenta.

3 dari 8 halaman

2. Solar MAMAMOO

Dalam industri KPop, Solar dikenal sebagai salah satu idola paling kompetitif di antara idola wanita lainya. Solar memiliki tiga sertifikasi khusus di bidang yang berbeda.

Solar memiliki sertifikasi untuk instruktur rekreasi, terapis tawa, dan kepemimpinan yang menyenangkan sebelum debutnya sebagai idol bersama MAMAMOO.

4 dari 8 halaman

3. Soyou

Mantan member girl group SISTAR, Soyou suka menyanyi dan menari sejak dia masih kecil, tetapi sebenarnya bukan mimpi pertamanya.

Pada 2012, Soyou mengungkapkan bahwa karena ketertarikannya pada dunia selebriti, ia memperoleh lisensi kecantikan yang berfokus pada tata rias, rambut, dan seni kuku di sekolah menengah.

Namun, dia memulai debutnya sebagai member SISTAR, alih-alih menjadi ahli kecantikan selebriti, dia sendiri yang malah menjadi selebriti.

5 dari 8 halaman

4. Bang Min-ah Girl's Day 

Bang Min-ah adalah salah satu member girl group generasi kedua yaitu Girl's Day.

Min-ah kini fokus pada karir aktingnya. Namun terlepas dari citranya yang polos dan halus, Min-ah sebenarnya memegang izin operasi ekskavator yang memungkinkannya mengoperasikan mesin alat berat.

Min-ah juga menjadi idol pertama yang menerima lisensi ini. Min-ah secara khusus belajar dan memperoleh lisensi ini untuk variety shownya "Ecovillage" pada tahun 2014 lalu.

6 dari 8 halaman

5. Kang Mi-na

Menurut Ten Asia, mantan IOI dan GUGUDAN, Kang Mi-na bukan hanya seorang aktris dan idol tetapi juga seorang teknisi.

Dalam artikel tersebut terungkap bahwa Kang Mi-na adalah idol yang memiliki lisensi teknisi Joju.

7 dari 8 halaman

6. Yuri SNSD

Pada tahun 2012, Yuri SNSD mengungkapkan bahwa dia adalah seorang penyelam scuba bersertifikat. Keterampilan profesionalnya dalam menyelam  itu terbukti saat dia muncul di "Law of the Jungle".

8 dari 8 halaman

7. Lee Tae-min SHINee

Mirip dengan Yuri SNSD, Lee Tae-min SHINee juga mendapatkan lisensi scuba diving pada tahun 2019, yang ia dapatkan dari Cebu, Filipina.

Lee Tae-min mengkonfirmasi fakta ini ketika dia mengadakan Arena Tour 2019 di Hokkaido, Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.