Sukses

Rishi Sunak Jadi PM Inggris, Warganet Kira 'Rishi Billar' Suami Lesti Kejora

Pengangkatan Rishi Sunak sebagai PM Inggris yang baru membuat seluruh dunia heboh termasuk warganet Indonesia, siapakah dia?

Liputan6.com, Jakarta- Media sosial Twitter sempat ramai dengan trending topic Rishi Billar. Nama tersebut trending terkait Raja Charles III yang mengangkat Perdana Menteri Inggris yang baru, Rishi Sunak, Selasa (25/10).

Warganet mengira Rishi Sunak memiliki hubungan khusus dengan selebriti pelaku KDRT Lesti Kejora, Rizky Billar

“Waahhh pantes lesti cabut laporan, mau jadi istri perdana menteri ternyata,” ucap seorang salah satu pengguna akun @oncombhulux di Twitter.

“Berapa banyak yang kegocek. Lumayan, lah, spread awareness,” ujar salah satu warganet dengan username @R_Perkasa. 

“Rishi Billar jd PM, King Charles bisa diganti King Nassar. United Kingdom digoyanggg,” seru user dengan akun @blushingredface. 

Salah satu base @txtdariHI juga membuat plesetan tentang PM Inggris Rishi Sunak. 

“PM-nya turunan India. Walikota ibukotanya turunan Pakistan,” ujar TxtdariHI. 

“Turunan warga bekas jajahan jadi kepala pemerintah colonizernya. Nunggu ada presiden Indonesia keturunan Papua,” saut warganet yang lain. 

Karena cuitan-cuitan tersebut sontak nama dan Rishi Sunak viral di media sosial dan banyak diberitakan. Positifnya adalah, masyarakat jadi melek akan apa yang sedang terjadi di dunia. 

Lantas, siapakah Rishi Sunak?

Rishi Sunak bukan nama baru. Saat itu, dua nama yang tersisa di pemilihan partai Konservatif, ia berada di belakang Liz Truss.

Rishi Sunak lahir pada tanggal 12 Mei 1980 di Southampton, Hampshire, Inggris Tenggara dari orang tua India, Yashvir dan Usha Sunak yang masing-masing lahir di Kenya dan Tanzania. Dengan usianya yang masih 42 tahun, Sunak menjadi salah satu PM Inggris termuda dalam sejarah. 

Ayahnya adalah seorang dokter umum, sementara ibunya adalah seorang apoteker yang mengelola apotek setempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PM Inggris Termuda

Rishi Sunak, salah satu politikus terkaya di Westminster, akan menjadi PM Inggris ketiga. Pria berusia 42 tahun itu juga merupakan pemimpin kulit berwarna pertama di negara itu dan termuda dalam 200 tahun.

Sunak diminta menggantikan Liz Truss, PM Inggris yang mundur setelah menjabat 44 hari. Setelah menjadi PM Inggris, tantangan Rishi kedepannya tentu berat.

Rishi harus bekerja keras menyatukan partai politik dominan Inggris, setelah beberapa menuduhnya melakukan pengkhianatan awal tahun ini ketika ia mengundurkan diri dari kabinet Johnson. 

LIz Truss telah mencoba membereskan kekacauan ekonomi Inggris, tapi sia-sia. Rishi harus mencari jalan keluar untuk membuat Inggris lewat dari krisis ekonomi.

Inflasi di Inggris sedang melambung tinggi. Inflasi telah melebihi 10 persen. Tarif energi melambung tinggi dan harga makanan meroket. Konsumen menghadapi krisis biaya hidup di tengah menyusutnya pendapatan riil. 

Rishi menyatakan bahwa prioritas utamanya adalah untuk menyatukan partai dan negara dalam menghadapi tantangan ekonomi Inggris. Keretakan dalam Partai Konservatif terlihat sangat jelas. Rishi memiliki peran penting dalam membangun jembatan bagi keduanya.

3 dari 4 halaman

India Heboh

Penunjukkan Rishi juga menjadi berita yang besar di India. Pasalnya, Rishi adalah PM Inggris berdarah India. Seluruh saluran India meliput secara bergilir apa yang terjadi pada Rishi.

Selain berdarah India, Rishi juga dikenal sebagai seorang hindu yang mengambil sumpahnya sebagai anggota parlemen berdasarkan kitab suci Hindu Bhagavad Gita. 

India dan Inggris telah mencoba untuk mencapai kesepakatan perdagangan bebas, tetapi pembicaraan ini dilaporkan terhenti karena timbul kekhawatiran yang berasal dari partai Rishi bahwa hal tersebut dapat menyebabkan lebih banyak imigran.

Headline-headline berita berjudul ‘Putra India bangkit di atas Kekaisaran, sejarah menjadi lingkaran penuh di Inggris’ ramai di India.

"Saat Anda menjadi PM Inggris, saya berharap untuk bekerja sama secara erat dalam isu-isu global, dan mengimplementasikan Roadmap 2030," Perdana Menteri Narendra Modi men-tweet, mengacu pada perjanjian kerangka kerja yang dibuat antara kedua negara. 

"Ucapan selamat Diwali khusus untuk 'jembatan hidup' warga India di Inggris, saat kita mengubah hubungan bersejarah kita menjadi kemitraan modern,” tambah Narendra Modi.

4 dari 4 halaman

Dukungan Pemimpin Dunia

Pengangkatan Rishi menjadi PM Inggris yang baru sontak membuat dunia gempar. Selain banyak dibicarakan di Indonesia, Rishi juga dibicarakan di banyak negara lain. Pemimpin-pemimpin dari berbagai negara di dunia juga dikabarkan mendukung Rishi sebagai PM Inggris baru. 

Surat kabar Taifa Leo di Kenya menyebut naiknya Rishi sebagai 'momen Barack Obama' lainnya.

“Kasus Rishi hampir mirip dengan kasus mantan Presiden As Barack Obama. Ia  merupakan warga negara Amerika tetapi memiliki akar Kenya karena ayahnya lahir di Homa Bay County,” kata situs web Citizen Digital.

PM Irlandia Micheál Martin mengatakan dia berharap dapat bekerja sama dengan Mr Sunak, "pada isu-isu penting yang kita hadapi di pulau-pulau ini dan secara global".

Pada acara Gedung Putih untuk menandai hari raya Hindu Diwali, Presiden Biden menggambarkan pencalonan Sunak sebagai perdana menteri Inggris berikutnya sebagai "tonggak sejarah yang inovatif". 

Sementara itu, Presiden AS menahan diri untuk tidak mengucapkan selamat secara resmi kepada Rishi sampai dia bertemu Raja Charles dan diminta untuk membentuk pemerintahan, seperti yang ditentukan oleh protokol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.