Sukses

8 Tips Liburan Seru Saat Musim Hujan

Liburan bisa menjadi pelepas penat dari sibuknya aktivitas, namun saat musim hujan melanda, orang jadi malas untuk liburan. Nah, berikut tips agar liburan tetap seru saat musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Kini musim hujan tengah melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia. Jika Anda berniat liburan di musim seperti saat ini, ada beberapa yang perlu persiapan agar liburan kamu tidak berantakan.

Agar seluruh rencana liburan kamu berjalan sempurna, Anda harus ingat cuaca  tak menentu bisa terjadi, berikut delapan tips agar liburan tetap berkesan dikala musim hujan melanda, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Periksa Ramalan Cuaca

Dekorasi ruangan multi-fungsi, bisa sebagai peramal cuaca.

Mungkin banyak orang yang memandang sepele hal ini, padalah prakiraan cuaca dapat memprediksi cuaca di hari tertentu.

Mengutip Manillenials, Rabu (26/10/2022), alat prakiraan cuaca tersedia secara online maupun terdapat di perangkat smartphone dan dapat memeriksa cuaca di wilayah mana pun dalam lima hari ke depan.

Anda bisa mengandalkan ramalan cuaca untuk mengetahui apakah perjalanan kita akan dibatalkan atau hancur karena masalah cuaca. Namun, tidak semua hasil ramalan cuaca akurat.

2. Atur Rencana Lain

Berencana berwisata ke Gunung Bromo? Plataran Bromo Resort & Venue menjadi pilihan penginapan yang menarik untuk dikunjungi. (dok/Plataran Indonesia).

Jika tiba-tiba turun hujan dalam perjalanan, carilah alternatif lain. Buat rencana lain sebelum melakukan perjalanan yang dapat disesuaikan saat hujan turun.

Anda harus mencari alternatif lain yang dapat dikunjungi selama hujan. Namun, jika terjadi angin besar atau topan, sebaiknya Anda mencari tahu detail keamanan lokasi sebelumnya.

3. Sedia Jas Hujan dan Payung

payung | unsplash.com/@jipy32

Membawa jas hujan dan payung merupakan hal yang penting ketika Anda liburan di musim hujan. Ketika memutuskan pergi berlibur ke mana pun, sedia selalu jas hujan dan payung di dalam tas.

Tujuannya, ketika tiba-tiba turun hujan, Anda sudah siap berteduh dan tidak repot mencari tempat meneduh. Anda juga bebas dari basah kuyup saat hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Bawa Obat-obatan

Ketika musim hujan tiba, biasanya tubuh rentan terkena penyakit. Agar liburan berjalan lancar, sudah pasti Anda harus dalam kondisi sehat.

Tak ada salahnya untuk sedia obat-obatan, perlengkapan obat-obatan yang bisa di bawa saat liburan yakni, vitamin C, obat demam, obat flu dan batuk. Kamu juga bisa membawa minyak angin bila sewaktu-waktu diperlukan.

5. Jaga Kesehatan Sebelum Liburan

Ilustrasi seorang pria berolahraga di rumah.

Bila sudah direncanakan akan pergi berlibur, salah satu hal yang perlu dilakukan tentu saja jaga kesehatan sebelum pergi liburan. Jangan sampai merasa kelelahan ketika akan berangkat berlibur.

Saat liburan dibutuhkan kondisi fisik yang sehat dan bugar, karena sebagian kegiatan wisata tentu akan berjalan-jalan. 

6. Staycation

Rumah Gautama, salah satu vila di Bandung yang ditawarkan untuk para peminat staycation. (dok. Rumah Gautama)

Pilih staycation di hotel atau vila untuk liburan selama musim hujan bukan pilihan alternatif yang buruk.

Carilah vila atau hotel yang memiliki fasilitas lengkap seperti kolam renang atau playground, sehingga staycation Anda tidak sia-sia.

3 dari 4 halaman

7. Cari Makanan dan Minuman yang Menghangatkan Badan

Pilihlah makanan dan minuman yang bisa menghangatkan badan selama liburan di musim hujan. Tubuh kamu akan terasa ikut hangat di tengah cuaca dingin musim hujan yang melanda.

Ketika musim hujan pasti perut selalu merasa lapar karena cuaca yang dinin, saat liburan pun perut tidak boleh kosong, lebih baik diisi dahulu pergi.

Anda dapat membawa makanan instan seperti, mie instan yang diseduh air panas untuk berjaga jika sewaktu-waktu lapar datang.

8. Bawa Baju Hangat

Ilustrasi jaket denim. (Photo by kemal alkan on Unsplash)

Barang terpenting ketika musim hujan tiba adalah baju hangat, seperti jaket.

Saat musim hujan, sudah pasti cuaca akan terasa lebih dingin dibanding biasanya, dengan membawa baju hangat akan sangat berguna menjaga tubuh kita agar tetap hangat.

Sama halnya ketika Anda berlibur ke wilayah dengan yang selalu cuaca dingin, Anda pasti akan membawa beberapa pakaian hangat.

4 dari 4 halaman

Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Musim Hujan, Aman Sampai di Tujuan

Terlepas dari tips di atas, musim hujan sudah mulai berlangsung di beberapa wilayah di Indonesia. Bagi pengguna sepeda motor, diharuskan lebih ekstra hati-hati saat berkendara, terlebih dengan jalanan yang licin atau bahkan tergenang air.

Melihat kondisi tersebut, Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan pengguna sepeda motor:

1. Disarankan memakai jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

2. Gunakan helm dengan kaca yang terang/clear visor, kaca helm/visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.

3. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.

4. Gunakan kecepatan yang aman, hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi, ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.

5. Operasikan motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman, penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.

6. Jika hujan sangat lebat disertai angin kencang, lebih baik berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.