Sukses

Sebelum Beli Laptop Intel, Kenali Dulu Jenis-Jenis Prosesornya Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Prosesor merupakan unit pemrosesan pusat, bahasa mudahnya ia melakukan segala aktivitas dan kinerja laptop atau komputerProsesor intel adalah CPU paling populer untuk desktop dan laptop di dunia. Penamaan prosesor Intel juga setiap generasinya bisa dibilang ribet dan sulit. 

Seperti penamaan beberapa generasi intel gen ke-9, ke-10, dan ke-11, juga disebut Coffee Lake, Comet/Ice Lake, dan Rocket/Tiger Lake. Nah, supaya kalian tidak bingung dalam memilih prosesor simak penjelasan dan tips tentang prosesor intel dikutip dari HP dan Intel, Kamis (27/10/2022).

Penamaan Lini Prosesor

Lini produk secara keseluruhan, seperti Core, Xeon, Pentium, atau Celeron. Hanya seri Core yang mempunyai brand "modifier" semakin tinggi seri corenya semakin baik dalam kinerja dan fungsi dalam menjalankan aplikasi atau program. Urutan core ini dimulai dari Core i3, Core i5, Core i7, dan Core i9.

Sedangkan prosesor seperti Xeon, Pentium atau Celeron dia tidak memiliki brand "modifier" hanya ditujukan satu kegunaan, dan penamaanya hanya sesuai generasi 'gen 9' s/d seterusnya.

Indikator Generasi

Semakin baru dan tinggi generasi, semakin baik juga performanya untuk tahun kedepannya. Ini menunjukkan kapan chip dibuat. (Chip Intel Generasi ke-9 keluar pada tahun 2018-2019, Generasi ke-10 pada tahun 2019-2020, dan Generasi ke-11 pada tahun 2020-2021).

SKU 

SKU berarti nomor model yang lebih spesifik dalam setiap merek dan generasi. Umumnya, nomor model yang lebih tinggi berarti prosesor dengan fitur yang lebih lengkap. Tetapi kamu tidak dapat membandingkan nomor model dari satu merek ke merek lainnya, seperti Core vs Xeon.

Lini Produk

Akhiran di tulisan produk seperti "XE" berarti prosesor dengan chip yang paling maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Generasi Prosesor Intel

Salah satu bagian paling terpenting yang perlu diperhatikan yaitu nama prosesor Intel adalah generasi.  Generasi ke-9, Generasi ke-10, dan Generasi ke-11, dan keluarga prosesor "Lake" yang berbeda, seperti Whiskey, Ice, dan Sky. Tetapi sebenarnya, "lake", "generasi", dan "mikroarsitektur" adalah hal yang sama.

Setiap generasi memberikan peningkatan kinerja yang signifikan, meningkatkan produktivitas dan konektivitas, seperti masa pakai baterai yang lebih lama, kecepatan clock yang lebih cepat hingga 5,3 GHz dengan Turbo Boost, Intel WiFi 6 (Gig +), teknologi Thunderbolt ™ 3, dan tampilan 4K HDR. Intel Core prosesor yang beredar saat ini merupakan generasi seperti berikut:

  • 8th Generation, released 2017 to 2019; Coffee Lake, Kaby Lake, Whisky Lake
  • 9th Generation, released 2018 to 2019; Coffee Lake Refresh (Desktop)
  • 10th Generation, released 2019 to 2020; Comet Lake (Desktop), Ice Lake (Mobile)
  • 11th Generation, released 2020 to 2021; Rocket Lake (Desktop, Comet Lake Refresh (Desktop), Tiger Lake (Mobile)
  • 12th Generation, released 2020 to 2022; Alder Lake (Dekstop dan Mobile)

Semakin kamu memilih generasi yang terbaru semakin baik juga performa komputer atau laptopmu.

3 dari 4 halaman

Makna dari Kode di Belakang Tulisan Intel Core

Penamaan Kode Intel Seri Core:

C: Prosesor desktop dengan grafis kelas atas.

F: Prosesor berkinerja tinggi yang digunakan dengan kartu grafis diskrit (mis. Gaming).

H: Grafis performa tinggi (untuk gaming dan rendering sangat dianjurkan).

K: Tidak terkunci untuk overclocking (cocok bagi overclocker dan mengetest performa maksimal).

M: Mobile (biasanya ditemukan di laptop ringan dan tipis).

Q: Quad-core (mempunyai 4 kinerja otak).

R: Prosesor desktop, paket BGA1364 (seluler), grafis kelas atas sama seperti kelas H.

S: Gaya hidup yang dioptimalkan untuk performa.

T: Dioptimalkan daya untuk komputasi desktop terbaik (low power LGA, biasa ditemui untuk PC all in one).

U: Daya sangat rendah untuk efisiensi laptop (laptop ultrabook).

X: Extreme tidak terkunci untuk kinerja desktop yang tinggi.

Y: Daya rendah yang ekstrem.

 

4 dari 4 halaman

Mengenal Intel Gen-13 yang Paling Terbaru

Intel telah merilis lini prosesor terbaru yaitu generasi 13. Sebelumnya gen 13, ini pengembangan dan lanjutan generasi 12. 

"Hari ini di Intel Innovation, Intel mengungkapkan keluarga prosesor Intel® Core™ Generasi ke-13, dipimpin oleh Intel® Core™ i9-13900K Generasi ke-13, prosesor desktop tercepat di dunia," ungkap San Jose, di acara Intel Innovation California pada Selasa (27/09/2022)

"Rangkaian Intel Core Generasi ke-13 yang baru mencakup enam prosesor desktop baru yang unlocked dengan hingga 24 core dan 32 thread serta kecepatan clock yang sangat cepat hingga 5,8 GHz untuk pengalaman gaming, streaming, dan perekaman terbaik2," tambahnya.

Para pengguna dapat memanfaatkan peningkatan kinerja prosesor Intel Core Generasi ke-13 dengan motherboard chipset Intel® 600 atau Intel® 700 series yang sudah ada.

Dikombinasikan dengan dukungan memori DDR5 terbaru dan dukungan memori DDR4 yang berkelanjutan, pengguna dapat menikmati manfaat dari Intel Core Generasi ke-13 sambil menyesuaikan pengaturan mereka berdasarkan preferensi fitur dan anggaran mereka sendiri. Intel mengklaim performa yang paling kuat disemua chipset prosesor, Gen 13 juga merupakan all-around platform untuk bermain game dan berkreasi. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS