Sukses

Menarik untuk Ditonton, 4 Drama Korea Ini Mengangkat Legenda Gumiho

Dibintangi oleh aktor dan aktris ternama drama-drama yang mengisahkan makhluk mitologi Korea ini sayang untuk dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Drama Korea tidak jarang mengangkat kisah-kisah legenda yang berasal dari Korea Selatan. Serupa dengan legenda di tempat lainnya, cerita rakyat yang beredar di masyarakat Korea juga memiliki keterkaitan dengan hal-hal supernatural.

Beberapa legenda di Korea mengisahkan tentang makhluk mitologi yang telah menghantui juga menghibur pendengarnya sejak lama. Salah satu makhluk mitologi asal Korea yang paling terkenal di antaranya adalah Gumiho.

Dalam kisahnya di Korea, Gumiho merupakan rubah dengan sembilan ekor. Wujudnya pun tidak hanya satu, karena mereka dapat berubah menjadi manusia.

Salah satu wujud paling terkenalnya adalah seorang wanita cantik yang akan menggoda pria dan menjerumuskan mereka ke dalam kematian.

Untuk beberapa cerita rakyat Korea diketahui ditulis dalam sebuah buku bernama Samguk Yusa atau "Memorabilia of the Three Kingdoms". Buku tersebut berisi koleksi legenda, dongeng, dan sejarah yang berkaitan dengan tiga kerajaan di Korea.

Namun, cerita-cerita tersebut kemudian tersebar secara lisan, yaitu dari mulut ke mulut dan diwariskan dari generasi ke generasi. Oleh karena inilah, legenda tersebut masih dikenal hingga sekarang sebagai bagian dari mitologi Asia.

Di luar Korea, makhluk ini memiliki sebutan yang berbeda di berbagai negara lain. Di China, misalnya, makhluk yang sama disebut sebagai Huli jing, sedangkan di Jepang memiliki sebutan Kitsune.

Makhluk ini dikisahkan sebagai makhluk jahat, karena mereka gemar merayu manusia hingga masuk ke dalam perangkapnya, lalu memakan jantungnya.

Perubahan zaman membuat legenda Gumiho semakin lama berubah. Kini, cerita tentang Gumiho memiliki beberapa versi yang berbeda.

Salah satu gambaran Gumiho yang terkenal saat ini adalah seekor rubah supernatural, yang mengubah dirinya sebagai manusia. Mereka berkeinginan hidup menjadi manusia untuk selamanya. Cara mereka mengejar tujuan tersebut pun berbeda-beda di setiap versi cerita.

Beberapa hal yang beredar tentang sosok Gumiho adalah mereka membutuhkan ribuan tahun untuk berubah menjadi manusia. Sebagian kisah menceritakan Gumiho harus memakan seribu hati manusia, dalam kurun waktu seribu tahun untuk berubah jadi manusia.

Namun, sebagian cerita lain memiliki syarat yang sebaliknya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Gumiho , terdapat beberapa judul drama yang mengangkat kisah mereka sebagai makhluk mitologi Korea yang hidup di masa kini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. My Girlfriend is a Gumiho (2010)

My Girlfriend is a Gumiho merupakan drama komedi romantis yang dirilis di 2010. Dibintangi oleh Lee Seung Gi dan Shin Min Ah, drama ini mengisahkan tentang Cha Dae Woong yang tidak sengaja membebaskan Gumiho dari sebuah lukisan.

Aksi tidak sengaja Dae Woong tersebut membuatnya terus diikuti oleh Gumiho tersebut, yang berwujud sebagai wanita cantik.

Hubungan mereka mulai berkembang sejak Gumiho menyelamatkan Dae Woong yang sekarat akibat jatuh di hutan. Ia menyerahkan manik rubah ke dalam tubuh Dae Woong.

Setelah kejadian tersebut, Dae Woong pun setuju untuk menjaga manik rubah Gumiho, sejak dirinya juga membutuhkan manik tersebut untuk hidup.

Konflik menegangkan dimulai ketika muncul seorang pria misterius bernama Park Dong Joo, yang melakukan perburuan terhadap makhluk supernatural.

Namun, perasaan cinta yang tumbuh di antara Dae Woong dan Miho, membuat keduanya rela untuk saling mengorbankan diri mereka sendiri untuk melindungi satu sama lain.

3 dari 5 halaman

2. Gu Family Book (2013)

Dirilis di 2013, drama Korea yang mengangkat kisah Gumiho ini masih dibintangi oleh Lee Seung Gi. Bersama dengan Bae Suzy, keduanya menjadi tokoh utama dari drama genre fantasi sejarah.

Gu Family Book menceritakan kisah Choi Kang Chi, yang diperankan oleh Lee Seung Gi, sebagai sosok manusia setengah Gumiho. Ibu Kang Chi bernama Seo Hwa merupakan seorang manusia, memiliki anak bersama Gumiho bernama Wol Ryung.

Kisah tragis orang tua Kang Chi membuatnya diurus oleh keluarga lain, tanpa mengetahui jati dirinya sendiri. Ia tumbuh sebagai sosok pemuda yang suka menyebabkan kekacauan, tetapi sangat dicintai keluarganya.

Tidak berhenti sampai di situ, tragedi juga turut melanda keluarga angkat Kang Chi yang runtuh secara perlahan, akibat terbunuhnya Lord Park. Saudaranya, Tae Seo memercayai bahwa Kang Chi merupakan penyebab terjadinya tragedi di keluarganya ini.

Sebelumnya, jati diri Kang Chi sebagai manusia separuh Gumiho dilindung oleh sebuah gelang yang tidak pernah dia lepaskan. Lepasnya gelang tersebut menunjukkan wujud asli Kang Chi dan membuatnya kesulitan mengontrol kekuatan yang dimiliknya.

Namun, rasa cintanya kepada Yeo Wool, membuatnya bertekad untuk terus menjaga satu sama lain seiring berjalannya petualangan mereka.

4 dari 5 halaman

3. Tale of the Nine-Tailed

Tale of the Nine-Tailed dibintangi oleh aktor-aktor terkenal seperti Lee Dong Wook dan Kim Bum. Di dalam drama yang rilis di 2020 ini, keduanya berperan sebagai makhluk Gumiho dengan masa lalu yang tidak menyenangkan.

Lee Yeon, peran yang dipegang Lee Dong Wook, dulu pernah menyelamatkan Lee Rang dari hutan yang penuh dengan roh jahat. Ia kemudian mengurus Lee Rang dan menganggapnya sebagai adiknya sendiri.

Setelah itu, Yeon bertemu dengan Ah Eum dan jatuh cinta dengan gadis itu. Namun, kisah cinta mereka tidak berlangsung lama, karena tidak lama kemudian Ah Eum meninggal dunia di tangan Yeon sendiri.

Hutan tempat Lee Yeon tinggal pun terlantar atas kepergiannya mengejar Ah Eum. Meninggalkan Lee Rang yang terjebak oleh serangan warga yang membakar hutan.

Kejadian ini membuat Lee Rang membenci manusia dan pergi menghabisi seluruh warga dalam satu pedesaan. Lee Yeon diutus untuk membunuh Lee Rang akibat perbuatannya. Namun, karena tidak sanggup Yeon hanya meninggalkan adiknya yang sekarat di pedesaan.

Lee Rang yang selamat dari sabetan pedang kakaknya pun menaruh dendam terhadap Yeon dan berusaha menyerangnya sehingga Yeon akan membunuhnya.

Mereka bertemu kembali di masa depan. Ketika Yeon kembali menemukan reinkarnasi Ah Eum yang bernama Nam Ji Ah dan bertekad untuk melindunginya pada masa ini.

5 dari 5 halaman

4. My Roommate is A Gumiho (2021)

Drama legenda Gumiho yang satu ini dirilis pada tahun lalu. My Rommate is a Gumiho menceritakan kisah Gumiho masa kini yang hidup di antara manusia. Drama ini dibintangi oleh Jang Ki Yong dan Lee Hye Ri.

Cerita diawali dengan Shin Woo Yeo, sosok Gumiho berusia 999 tahun yang berkeinginan untuk hidup sebagai manusia. Hidup selama ratusan tahun, Woo Yeo selalu meletakkan manik rubahnya di tubuh manusia lain untuk menyerap energi mereka.

Meskipun mampu hidup menjadi manusia dengan cara tersebut, Woo Yeo merasa kesepian. Kedatang Lee Dam, seorang gadis dan juga mahasiswa yang gemar makan ayam pun memperbaiki perasaan Woo Yeo tersebut.

Lee Dam secara tidak sengaja menelan manik rubah milik Woo Yeo dan mulai menghadapi beberapa konsekuensinya. Woo Yeo pun berusaha menjaga Lee Dam untuk melindungi manik rubah yang ada di dalam tubuhnya.

Kejadian ini membawa keduanya semakin dekat. Lee Dam mengajarkan banyak hal tentang rasa cinta kepada Woo Yeo yang hidup lama sendirian tanpa keluarga dan teman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.