Sukses

Bingung dengan Konsep Sub-Unit NCT? Berikut Perbedaan NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan WayV

Siapa yang tak kenal dengan NCT? boy group papan atas dari Korea Selatan yang berada di bawah asuhan SM Entertainment.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan NCT? Mereka adalah boy group papan atas dari Korea Selatan yang berada di bawah asuhan SM Entertainment. Melansir SMTown Wiki, Jumat (21/10/2020), NCT adalah singkatan dari Neo Culture Technology.

Nama ini diciptakan oleh pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man, untuk menggambarkan konsep grup yang memiliki jumlah anggota yang tidak terbatas (limitless) yang dibagi menjadi beberapa sub-unit yang anggotanya tidak hanya berasal dari Korea namun juga dari mancanegara. Cukup unik bukan?

Saat awal debutnya, NCT cukup terbilang punya konsep unik dan baru yang belum pernah digunakan oleh grup K-pop manapun sebelumnya. Namun konsep NCT tak jarang bikin orang-orang bingung. Bahkan banyak yang mengatakan konsep NCT ini terlalu aneh. Namun sekarang NCT mampu membuktikan kualitasnya dengan ke popularitasan yang tak hanya di Korea Selatan namun juga dunia.

Apakah kamu adalah salah satu orang yang pernah bingung dengan konsep NCT? Itu hal yang wajar, para anggota NCT juga memakluminya, bahkan tidak sekali mereka menjelaskan konsep grupnya di beberapa acara. Untuk kamu yang masih binging dengan konsep NCT, berikut ini adalah beberapa penjelasan yang perlu kamu pahami tentang konsep NCT.

Konsep NCT

NCT resmi debut pada tahun 2016 hingga 2017. NCT beranggotakan 7 member yaitu diantaranya Taeyong, Taeil, Doyoung, Jaehyun, Haechan, Jeno, Jaemin, Jisung yang berasal dari Korea, Yuta yang berasal dari Jepang, Ten dari Thailand, Mark dari Chicago, Johnny dari Canada dan Winwin, Renjun, Chenle dari Tiongkok.

Kemudian pada tahun 2018, NCT bertambah menjadi 18 orang anggota dengan 3 anggota bertambah yaitu Lucas dan Kun yang berasal dari Tiongkok dan Jungwoo dari Korea. Selanjutnya, pada tahun 2019 NCT bertambah menjadi 21 anggota dengan menambah Hendery, Xiaojun dan Yangyang yang berasal dari Tiongkok.

Lalu pada September 2020, NCT menambah 2 orang anggota baru yaitu Shotaro dari Jepang dan Sungchan dari Korea, sehingga kini jumlah seluruh anggota NCT menjadi 23. Hingga saat ini NCT memiliki 4 sub-unit yaitu, NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan Way V.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa NCT akan menambah anggotanya dengan memiliki unit-unit baru di tahun-tahun mendatang mengingat NCT memiliki konsep grup dengan anggota tak terbatas. Calon anggota juga tidak hanya akan berasal dari Korea, namun juga banyak dari luar Korea.

Satu orang member dapat berada di satu unit atau bahkan lebih. Contohnya adalah Mark dan Haechan yang tergabung dalam, NCT 127, NCT Dream dan NCT U karena Mark dan Haechan dinilai sesuai dengan konsep yang dimiliki oleh ketiga unit tersebut. Berikut Penjelasan masing-masing sub-unit NCT yaitu NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan Way V.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

NCT U

Sub-unit pertama adalah NCT U. U dalam unit ini merupakan singkatan dari United atau kesatuan. Sub-grup ini tidak memiliki anggota tetap, anggota dapat selalu berganti setiap comeback sesuai dengan konsep atau lagu yang akan dipromosikan.

NCT U debut pada April 2016 dengan single 'The 7th Sense' dengan berisikan lima member yaitu Taeyong, Mark, Doyoung, Jaehyun dan Ten. Kemudian merilis 'Without You' dengan tiga member yaitu Jaehyun, Doyoung dan Taeil.

Pada Februari 2018, NCT U kemudian melakukan comeback dengan merilis single 'Boss' yang beranggotakan 7 member yaitu Taeyong, Mark, Jaehyun, Doyoung, Winwin serta dua member baru yaitu Jungwoo dan Lucas. Selain itu, NCT U juga comeback dengan 'Baby Don't Stop' yang berisikan Ten dan Taeyong.

Pada Oktober 2020 dalam album terbaru NCT 'RESONANCE Pt.1', NCT U comeback dengan berbagai lagu salah satunya merilis lagu yang cukup populer 'Make A Wish (Birthday Song)' dengan beranggotakan 7 member yaitu Taeyong, Doyoung, Jaehyun, Lucas, Xiaojun, Jaemin serta member baru yakni Shotaro.

3 dari 6 halaman

NCT 127

NCT 127 adalah sub-unit kedua yang debut dari NCT. NCT 127 adalah sub-unit beranggota tetap yang berbasis di kota Seoul, tambahan nama 127 sendiri memiliki arti titik koordinat garis bujur (longtitude) dari wilayah kota Seoul.

NCT 127 debut pada Juli 2016 dengan mini album dan title track berjudul 'Fire Truck' yang beranggotakan tujuh member yaitu Taeyong sebagai leader kemudian Mark, Haechan, Jaehyun, Taeil, Yuta dan Winwin.

Selanjutnya pada Desember 2016, NCT 127 comeback dengan merilis 'Limitless' dengan menambah dua member baru yaitu Doyoung dan Johnny. Kemudian diikuti Jungwoo yang bergabung pada September 2018. Sampai saat ini NCT 127 beranggotakan 9 orang dengan winwin yang sekarang berada pada sub-unit Way V.

4 dari 6 halaman

NCT DREAM

Selanjutnya sub-unit ketiga adalah NCT Dream yang banyak diisi oleh para anggota muda. pada awalnya unit yang satu ini dibentuk berdasarkan usia. Semua anggota NCT Dream berusia di bawah 20 tahun. Setelah mencapai usia tersebut, maka anggota dari NCT Dream ini dapat berubah atau 'graduate' ketika telah melewati usia 20 tahun

NCT Dream memulai debut mereka pada Agustus 2016 dengan single bertajuk 'Chewing Gum'. Member dari NCT DREAM terdiri dari Mark sebagai leader, Haechan, Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle, dan Jisung.

Pada Desember 2018, Mark lulus dari NCT DREAM. Namun, atas permintaan fans yang menolak konsep rotasi pada grup ini, akhirnya pada bulan April 2020 tak ada member yang berkurang dan bertambah, sistem pelulusan ini resmi dihapus dan Mark kembali ke grup membentuk formasi awal debut.

5 dari 6 halaman

WayV

Sub-unit yang keempat adalah WayV yang beranggota tetap yang berbasis di China. WayV memfokuskan diri untuk merilis berbagai macam lagu berbahasa Mandarin.

Member WayV diantaranya adalah Kun sebagai leader kemudian Ten, Winwin, Lucas, Hendery, Xiao Jun, dan Yang Yang. WayV berada di bawah label eksklusif Cina SM Entertainment, yaitu Label V.

WayV memulai debutnya pada 17 Januari 2019 dengan merilis single berjudul Regular dengan bahasa Mandarin. Lagu tersebut juga dinyanyikan NCT 127 dengan bahasa Inggris. Pada Januari 2019, WayV merilis 'The Vision', kemudian pada Mei 2019 mereka comeback dengan merilis mini album pertama yang bertajuk 'Take Off'.

 

 

6 dari 6 halaman

NCT 2018, NCT 2020, dan NCT 2021

Selain aktivitas terpisah dari masing-masing unit, NCT juga telah melakukan promosi bersama sebanyak tiga kali, yaitu NCT 2018, NCT 2020 dan NCT 2021 yang merupakan proyek besar NCT yang menggabungkan semua anggota dari semua unit. Masing-masing projeknya sesuai dengan jumlah anggotanya di tahun 2018, 2020 dan tahun 2021.

Pada tahun 2018, NCT mrilis album NCT 2018 'Empathy' dengan berjumlah 18 orang, kemudian pada tahun 2020 merilis album NCT 'Resonance Pt. 1' dan Pt.2 dengan anggota yang bertambah menjadi 23 orang dan pada tahun 2021 merilis  NCT 2021 'UNIVERSE' dengan jumlah member masih 23 orang.

Dengan banyaknya sub-unit, tak heran member NCT tidak hanya berasal dari Korea Selatan, tetapi juga bisa berasal dari berbagai daerah dan masing-masing dari mereka pasti memiliki bakat atau keahlian dan keunikannya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.