Sukses

Rekomendasi Drama Korea dengan Karakter Wanita Tangguh dan Pemberani

Seiring perkembangan waktu, banyak pembuat drama mulai mengangkat cerita dengan karakter wanita yang mendominasi.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan cerita drama Korea seringnya membawakan karakter wanita sebagai sosok yang selalu membutuhkan perlindungan. Gambarannya selalu menjadi karakter rentan dan didampingi oleh karakter pria yang berperan untuk menyelamatkannya dari masalah.

Damsel in distress merupakan sebutan dari konsep ini. Damsel in distress biasanya merupakan seorang wanita tak berdaya dan selalu diselamatkan oleh pria, yang berperan menjadi pahlawan tanpa cela.

Dalam konsep ini, ketika karakter wanita ini terlibat ke dalam masalah, mereka tidak akan mengambil tindakan apapun untuk menyelamatkan dirinya sendiri. Karakter ini akan menunggu sosok pahlawan untuk datang menyelamatkan mereka.

Contoh karakter wanita ini sudah sering ditemukan di dalam plot film atau drama. Film Snow White dan Sleeping Beauty, misalnya, karakter mereka berperan menjadi putri yang tidak bisa menyelamatkan diri sendiri.

Penggunaan konsep ini juga cenderung menjadi pilihan utama dalam menggambarkan karakter wanita di dalam drama. Namun, tanpa disadari penggunaan konsep damsel in distress yang terlalu sering, dapat mengakibatkan dampak negatif terhadap wanita secara umum.

Angela Carter dan Jane Yolen adalah penulis dan aktivis feminis, yang mengungkapkan alasan mengapa konsep tersebut bisa merugikan wanita ataupun pria. Hal ini disebabkan konsep yang lama-kelamaan membentuk stereotipe terhadap semua gender dan kelas masyarakat.

Mereka menjabarkan, stereotipe ini membuat dipandang sebagai sosok yang tidak mampu melindungi diri sendiri. Hal ini karena konsep mempromosikan gagasan wanita yang selalu butuh diselamatkan.

Selain itu, pria juga mendapatkan dampak dari citra pahlawan tanpa cela yang dibawakan konsep tersebut. Karena konsep ini, mereka selalu dipandang sebagai sosok yang harus tampil sempurna dan tidak memiliki kelemahan.

Seiring perkembangan waktu, banyak pembuat cerita mulai meninggalkan konsep tersebut dan mengangkat cerita, dengan karakter wanita yang mendominasi. Beberapa drakor di bawah ini adalah salah satunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hotel Del Luna (2020)

Di 2020, drama Korea yang satu ini sempat populer karena diperankan oleh IU, penyanyi sekaligus aktris drama. "Hotel Del Luna" mengangkat genre horor komedi, dengan beberapa adegan romantis di antara Jang Man-Wol dan Ko Chan Sung.

Jang Man-Wol, karakter yang diperankan IU, adalah pemilik Hotel Del Luna yang dibangun khusus untuk orang yang melakukan pemberhentian sebelum pergi ke Surga. Karakternya mengekspresikan suasana hati yang meledak-ledak dan selalu fashionable saat berpakaian.

Dirinya bertemu dengan Ko Chan Sung, orang yang dulu sempat bekerja di sebuah hotel dan mulai bekerja di Hotel Del Luna karena hutang ayahnya di masa lalu.

Chan Sung bekerja di sana sebagai manajer hotel dan tangan kanan Man-Wol. Ia menjadi satu-satunya manusia yang bekerja di sana.

Man-Wol merupakan karakter yang telah hidup cukup lama dan sedang menebus dosa yang dilakukannya di masa lalu, dengan mengelola hotel. Masa lalunya yang penuh pengkhianatan membentuk Man-Wol sebagai sosok yang dingin dan pemberani.

3 dari 5 halaman

2. The King: Eternal Monarch (2020)

"The King: Eternal Monarch" mengisahkan Lee Gon, seorang putra mahkota Kekaisaran Korea, yang menemukan sebuah portal di dalam hutan bambu dan membawanya masuk ke dimensi dunia lain dan bertemu dengan Jong Tae Eul.

Jong Tae Eul yang diperankan oleh Kim Go Eun, merupakan seorang polisi yang menemukan Lee Gon menunggangi kuda di tengah kemacetan.

Pelatihannya sebagai seorang polisi, membuat Tae Eul bersikap skeptis dengan ucapan Lee Gon yang mengakui dirinya sebagai seorang pangeran.

Meskipun sebagian besar jalan cerita berfokus terhadap masalah yang dialami Lee Gon, karakter Tae Eul ditampilkan sebagai wanita yang bekerja di luar pekerjaan wanita pada umumnya, yaitu polisi.

Tae Eul menjadi sosok yang mampu menjaga diri sendiri dan tidak takut melangkah, untuk mencari tahu misteri keberadaan dimensi dunia lain bersama Lee Gon. Di sisi dunia tersebut, Tae Eul bertemu dengan dirinya sendiri yang merupakan seorang kriminal. Ia pun sempat terancam karena sosok tersebut berusaha untuk menyamar dan mencuri identitasnya.

4 dari 5 halaman

3. My Name (2021)

Drama "My Name" menceritakan perjalan Yoon Ji-Woo dalam rencananya melakukan balas dendam atas kematian ayahnya. Untuk itu dirinya pun bergabung bersama organisasi Dongsheong, yang dipimpin oleh bos Narkoba, Choi Moo Jin.

Ji-Woo digambarkan sering dirundung oleh teman-teman di sekolahnya, karena ayahnya yang diduga terlibat narkoba. Namun, setelah ayahnya meninggal, ia pun bergabung dengan komplotan geng bawahan Moo Jin.

Selama berada di dalam geng tersebut, Ji-Woo dilatih bertarung untuk membela dirinya. Menjadi satu-satunya wanita di dalam geng, membuat Ji-Woo seringkali mendapat perlakuan yang tidak mengenakkan dan diremehkan.

Kemenangannya di dalam pertarungan geng, memberikan Ji-Woo musuh sadis yang menginginkannya menderita. Dirinya mulai dikirim sebagai mata-mata kepolisian dan bertemu Jeon Pil Do, sosok yang tidak disangka membuatnya meragukan keinginannya untuk membalas dendam.

Ketika Ji-Woo menyadari Moo Jin mengkhianatinya dan tahu bahwa sosok tersebut yang membunuh ayahnya, Ji-Woo mulai mengambil langkah gegabah dan hampir terbunuh. Sosok Pil Do membantu Ji-Woo untuk kembali sadar dan membujuknya untuk meninggalkan niat balas dendamnya tersebut.

5 dari 5 halaman

4. Sell Your Haunted House (2021)

Dibintangi oleh Jang Nara dan Jung Yong Hwa, drama "Sell Your Haunted House" keluar di 2021. Drama yang disutradarai oleh Park Jin Suk ini mengangkat genre horor dengan beberapa bumbu komedi, yang membuat drama ini segar dan tidak membosankan.

Mengisahkan tentang seorang agen real estat, Jang Nara berperan sebagai Hong Ji Ah, pemilik agen sekaligus seorang pengusir setan.

Ji Ah tampil sebagai karakter yang sempurna, dengan kecantikan dan kecerdasannya dalam mengelola bisnis pengusiran setan dan real estat.

Dirinya bertemu dengan Oh In Bum, karakter yang dimainkan oleh Jung Yong Hwa. In Bum adalah seorang penipu yang menjual barang elektronik untuk mengusir setan.

Meskipun begitu, In Bum tidak memercayai adanya hantu. Pertemuannya dengan Ji Ah pun semakin lama mengubah kepercayaannya tersebut. Keduanya mulai bekerja sama dalam membasmi hantu di rumah orang yang meminta bantuan.

Karakter Ji Ah di sini telah melewati masalah kehidupan yang membuatnya tumbuh dewasa lebih cepat. Kejadian masa lalunya memengaruhi Ji Ah untuk menjadi sosok yang mampu menjaga diri sendiri, serta tidak jarang menangani masalah yang disebabkan sifat ceroboh In Bum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini