Sukses

QUIZ: Tebak Kepribadianmu Berdasarkan Musik Favoritmu!

Liputan6.com, Jakarta Musik adalah bahasa yang universal. Mendengarkan musik bisa menjadi cara untuk membuatmu semangat. Tak hanya itu, musik juga bisa membantumu untuk melepas penat. Apakah kamu memiliki jenis musik favorit?

Para ahli sudah banyak meneliti hubungan antara musik dengan psikologi pendengarnya. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa genre musik yang paling sering didengarkan seseorang berkaitan erat dengan kepribadiannya.

Dikutip dari Merdeka.com, salah satu studi terbaru berkaitan dengan hal itu adalah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris. North adalah seorang ahli ilmu psikologi musik. Selama tiga tahun terakhir seperti dilaporkan situs PsychCentral, North telah melakukan survei terhadap lebih dari 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda. Selera musik tersebut kemudian dihubungkan dengan beberapa aspek kepribadian yang dimiliki oleh para responden.

Penasaran? Jawab kuisnya dan temukan jawabannya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Kuis Kepribadian dari Musik

Apa musik favoritmu?

a.       Pop

b.       Indie

c.       Jazz

d.       Klasik

e.       Rock

 

 

Cari tahu kepribadianmu dari jawaban di bawah ini:

3 dari 7 halaman

Musik Pop

Mereka yang menyukai musik pop umumnya dikenal sebagai pribadi yang ramah, menyenangkan dan jujur. Ia juga seorang pekerja keras dan memiliki harga diri tinggi. Berteman dengan mereka penyuka musik pop akan membuat kita merasa nyaman dan tenang.

4 dari 7 halaman

Musik Indie

Musik-musik dari aliran indie biasanya berciri non-mainstream. Pencinta musik garapan band-band yang berkarya di luar label perusahaan musik ternama seperti ini biasanya memiliki kreativitas tinggi (dan berbeda). Sayangnya mereka juga dianggap memiliki self respect yang relatif rendah, tidak terlalu pekerja keras, dan kurang sensitif.

 

5 dari 7 halaman

Musik Jazz

Kamu termasuk penggemar musik jazz? Rajin menonton event-event musik jazz paling akbar di Indonesia? Berarti kamu termasuk satu golongan dengan orang-orang kreatif yang tahu cara menghargai diri sendiri. Para penyuka musik jazz biasanya juga outgoing dan santai. Mereka juga tipe yang disukai oleh orang lain.

6 dari 7 halaman

Musik Klasik

Diam-diam hobi mendengarkan melodi-melodi klasik gubahan maestro lama macam Beethoven, Bach, dan Mozart? Itu bukan berarti kamu punya selera tua, kok. Menurut hasil penelitian ini, para penggemar musik klasik itu termasuk orang yang punya harga diri tinggi dan kreatif, tetapi memang sedikit introvert atau tertutup kepada lingkungan sekitarnya.

 

7 dari 7 halaman

Musik Rock

Biasanya musik rock diidentikkan dengan kekerasan, depresi, drugs, dan hal-hal negatif lainnya. Tetapi tahukah kamu, ternyata hasil survei North menunjukkan kalau para pecinta genre musik ini justru memiliki kepribadian yang cukup sensitif. Mereka umumnya punya jiwa kreatif dan selow, tetapi memiliki rasa bangga yang rendah terhadap diri sendiri, kurang suka bekerja keras, dan sedikit sulit bersosialisasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS