Sukses

Usai Kalahkan Singapore 2-1, Timnas Putri Indonesia Masuk 100 Besar Ranking FIFA

Usai Kalahkan Singapore 2-1, Timnas Putri Indonesia Masuk 100 Besar Ranking FIFA. Mereka masuk peringkat FIFA 97.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Putri Indonesia resmi masuk 100 besar ranking FIFA, Per 13 Oktober 2022. Garuda Pertiwi sekarang berada di peringkat 97 dengan mengoleksi 1213,69 poin. Sebelumnya, Garuda Pertiwi menempati posisi ke-101. Dalam artian, mereka naik empat peringkat.

Naik peringkat ini diperoleh dari kemenangan, pada FIFA matchday saat berjumpa Singapore. Laga ini berlangsung di Stadion Jalan Besar, Singapore. Dalam laga tersebut tim besutan Rudy Eka Priyambada menang tipis 2-1.

Dua gol Indonesia dalam pertandingan tersebut, dilesatkan dari aksi Marsela Alwi dan Helsya Maeisyaroh. Sementara itu, tuan rumah Singapore hanya mampu memperkecil kedudukan dari gol Nur Fahanah.

Dengan hasil kemenangan ini membuat pelatih wanita, Rudy Eka Priyambaha mengungkap terimakasih kepada semua pihak terutama Ketum PSSI beserta jajarannya selalu mendukung Garuda Pertiwi. 

“Terima kasih atas dukungan yang terus diberikan Ketua Umum, Mochamad Iriawan beserta jajaran PSSI yang sudah memberikan kesempatan kepada Timnas Wanita Indonesia agar bisa bertanding di FIFA Matchday," ujar Rudy Eka Priyambada, dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (13/10). 

Dia menambahkan dukungan yang diberikan kepada timnas wanita Indonesia sangat berarti sebagai motivasi anak asuhnya dan berharap sepakbola khusus putri bisa berkembang dengan baik. 

"Dukungan yang diberikan sangat berarti, bukan hanya untuk Timnas Wanita Indonesia, namun juga demi perkembangan sepak bola Indonesia ke depannya," katanya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Pelatih

Rudy Eka pun berharap posisi Timnas Wanita Indonesia di ranking FIFA akan terus naik.

"Naik peringkat ini tentu harus kami syukuri. Namun kami sebagai tim harus menjaga fokus untuk mencapai target peringkat yang lebih tinggi lagi ke depannya” imbuhnya.

Meski demikian, pada tahun ini, berbagai agenda kompeti telah diikuti Timnas Wanita Indonesia. Selain beruji coba internasional (FIFA matchday) dengan Singapura, Skuad Garuda Pertiwi juga mengikuti Piala Wanita Asia 2022, AFF Women Championship 2022, dan AFF U-18 Girl’s Championship.

 

3 dari 4 halaman

Apresiasi Ketum PSSI usai Laga

Timnas Wanita sukses meraih kemenangan tipis 2-1 atas Singapura saat melakoni laga FIFA Match Day di Stadion Jalan Besar, Singapura, Senin (10/10).

 

Hasil kemenangan ini membuat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengucapkan selamat serta apreasi atas kerja keras sehingga mampu mengalahkan Singapore.

"Kita ketahui saat ini masih berduka cita seusai insiden Kanjuruhan, namun malam kemarin penampilan skuad Garuda Pertiwi sangat luar biasa dan heroik. Selamat atas kemenangan ini, semoga hasil ini bisa mendongkrak poin Indonesia terutama ranking sepak bola wanita bisa naik," ujar Mochamad Iriawan, dilansir dari laman resmi PSSI. 

4 dari 4 halaman

Persiapan Sebelum Laga FIFA Matchday

Pelatih kepala tim Rudy Eka Priyambada memanggil 20 pemain untuk melakoni laga FIFA Match Day nanti dan sudah melakukan pemusatan latihan di Pancoran Soccer Field yang sudah dimulai hari Rabu, (5/10) hingga Jumat, (7/10).

“Selamat bertanding melawan Singapura di FIFA Match Day, semoga nanti bisa meraih hasil maksimal dan menaikkan ranking sepak bola wanita kita menjadi lebih baik lagi,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI. 

Sementara itu, Rudy Eka Priyambada juga mengungkapkan bahwa persiapan yang dilakukan oleh anak asuhnya sangat sempit, hanya dua hari sebelum kontra Singapore di FIFA matchday

“Kita sudah melakukan persiapan pemusatan latihan selama kurang lebih dua hari untuk pertandingan FIFA Match Day. Pemain sudah lebih banyak berkembang dan kompak. Memang tidak banyak saya memberikan materi latihan, karena mereka sudah ada yang berlatih bersama klub,” kata Rudy Eka Priyambada, dilansir dari laman resmi PSSI. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.