Sukses

Dragon Ball hingga Doraemon, 4 Anime Ini Bikin Anak 2000-an Nostalgia

Liputan6.com, Jakarta Pada saat menduduki sekolah dasar, kita masih jarang mengenal internet yang secepat dan secanggih sekarang. Salah satu hiburan Gen Z yakni menonton TV di pagi hari sampai ditegur orang tua kalian untuk mandi kan?

Dulu biasanya kita menghabiskan waktu untuk menonton film kartun. Ada banyak kartun yang berasal Jepang yang sangatlah populer di kalangan generasi Z. Siapa yang akan lupa jika setiap minggu pagi beberapa series kartun jepang ini sangat dinanti-nanti episode terbarunya di televisi nasional.

Ya asiknya menonton kartun ini sangatlah melekat dibenak anak tahun 2000-an yang mungkin sekarang sudah menempuh kariernya di dunia pekerjaan. Anime Jepang ini didukung dengan visual yang indah namun ringan jalan ceritanya, membuat anak mendukung imajinasi dalam berpikir.

Mungkin ada yang dari kalian masih mengambil intisari cerita-cerita dari kartun tersebut dan dijadikan pelajaran hidup. Ada beberapa Anime yang bikin kaum gen Z nostalgia, berikut ulasannya:

1. Dragon Ball

Anime garapan studio Toei Animation ini pertama kali rilis pada tahun 1986. Kalangan tahun 90-an dan 2000an tidak akan lupa dengan anime ini. Anime ini ditayangkan setiap minggu pagi jam 08.30 di salah satu siaran televisi nasional.

Ceritanya ringan tentang anak yang mencari 7 bola naga dan mengumpulkannya untuk mengabulkan sebuah keinginan. Selain itu kartun Dragon Ball bergenre fights, petualangan, dan fiksi.

Kalian pasti langsung inget apabila lirik ini dibaca "Orang pun datang dan akan kembali, kehidupan kan jadi satu. Di kehidupan yang kedua akan menjadi lebih indah, Siapakah yang dapat….

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Doraemon

Doraemon menjadi salah satu anime yang masih memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia hingga saat ini. Siapa sangka anime yang masih tayang sampai sekarang ini setiap pagi jam 7, masih banyak penggemarnya.

Di Indonesia sendiri, manga dan anime Doraemon sudah sangat dikenal dan memiliki basis penggemar yang cukup kuat. Pencipta asli dari serial Doraemon adalah Fujiko F. Fujio.

Anime ini pernah dibuat movienya berjudul “Stand By Me” yang saat itu booming di tanah air. Doraemon mengisahkan robot kucing biru yang menemani Nobita si anak pemalas dari Jepang, demi meraih cita-citanya dan menikah suatu saat nanti dengan temannya yaitu Shizuka.

Creator dari Doraemon yaitu Fujiko meninggal dunia pada 1996 saat Doraemon sedang berada dalam puncak ketenarannya. Beberapa penggemar bahkan menyatakan bahwa serial Doraemon terbaik yang pernah dibuat adalah sejak 1990 hingga kematian Fujiko Fujio pada September 1996. Sejak era 2000-an, kisah-kisah mengenai Doraemon dan Nobita memang tetap dibuat oleh seniman lain dan diangkat menjadi beberapa film layar lebar.

3 dari 4 halaman

3. Naruto

Naruto adalah anime terlaris sepanjang masa. Anak gen Z pasti sudah tahu anime ini sejak ia duduk sekolah dasar bahkan taman kanak-kanak. Anime ini beberapa hari lalu merayakan ulang tahun ke 20nya lohh. Dilansir Comicbook, tanggal 10 lalu merupakan hari jadi Naruto.

10 Oktober telah tiba, dan tentu saja, itu berarti para penggemar terus memperhatikan Naruto Uzumaki. Ulang tahun anak laki-laki itu adalah hari ini, dan netizen merayakan hari itu bersama-sama secara online,” tulis laman Comicbook pada Jumat (14/10/2022)

Naruto sendiri merupakan serial manga karya Masashi Kishimoto, yang terbit pada tahun 1997. Di Jepang penayangannya oleh TV Tokyo dan masuk ke Indonesia pada tahun 2007 di beberapa televisi nasional Indonesia.

Naruto berceritakan tentang dunia Ninja yang kejam, Naruto sebagai bocah laki-laki ingin adanya perdamaian. Selain itu unsur intrik permasalahan keluarga, teman sebaya, serta perjuangannya yang membuat Anime ini sangat emosional.

4 dari 4 halaman

4. Pokemon

Pokemon, disingkat dari judul Jepang yang berarti Pocket Monsters. Serial pokemon masih berlanjut sampai sekarang. Penayangan awal pokemon pada tahun 1997. Anime ini digarap oleh TV Tokyo.

Serial kartun ini mengisahkan Satoshi yang hidupnya berdampingan dengan beberapa monster, namun monster di dunia Pokemon tidak digambarkan seram, layaknya peliharaan monster tersebut ditangkap dan dipelihara di sebuah bola.

Pokemon pernah sangat viral pada tahun 2016 dengan meluncurkan sebuah game bernama Pokemon Go, game berbasiskan Augmenter Reality membawa pengguna serasa di dunia pokemon, dan dapat menangkap serta memelihara pokemon. Kalian para Gen Z pasti pernah kan memainkan game ini bukan bahkan sampai mencari ke penjuru tempat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS