Sukses

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Rutin Jalankan 5 Olahraga Ini

Daya tahan tubuh merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap individu bila ingin mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan performa terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Endurance atau daya tahan tubuh merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap individu bila ingin mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan performa terbaik. Daya tahan tubuh yang baik membantu kita untuk fokus lebih lama dan tubuh tidak mudah lelah.

Cara menjaga endurance adalah dengan berolahraga dan latihan fisik secara rutin. Bukan hanya melatih fokus dan menjaga stamina, olahraga juga membantu kamu membakar lemak dan kalori pada tubuh.

Ada banyak pilihan olahraga yang bagus untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh, berikut daftarnya dan segera jadwalkan untuk membantu menjaga endurance tubuh:

1. Bersepeda

Olahraga satu ini sangat bermanfaat bagi tubuh, selain bagus untuk melatih massa otot kaki. Bersepeda juga baik untuk kesehatan jantung dan paru paru, karena kalian akan otomatis mengatur bagaimana pola pernafasan agar tidak mudah lelah.

Waktu terbaik untuk bersepeda adalah di pagi hari, selain mendapatkan kualitas udara yang lebih segar karena terhindar dari polusi, sinar matahari di waktu pagi juga bagus untuk kesehatan kulit.

2. Jogging

Olahraga yang hanya bermodalkan sepatu dan niat ini juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Karena dapat melatih massa otot kaki, lengan, dan latihan mengatur pola pernafasan, dengan rutin jogging 10-30 menit dalam sehari.

Perlu diingat, sebelum memulai olahraga ini jangan terlalu memaksa kemampuan fisik tubuh. Awali dengan waktu dan jarak dengan interval yang pendek. Bila sudah rutin dan terbiasa, meningkatkan waktu dan jarak untuk jogging.

Semisal, untuk estimasi waktu jogging pertama hanya 10 menit, dengan jarak hanya 2 km. Lalu pada minggu berikutnya, ditingkatkan menjadi 20 menit. Jika kamu merasa kelelahan jangan malu untuk berjalan kaki guna memulihkan tenaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Yoga

Tidak hanya meningkatkan endurance seseorang, olahraga yoga juga dapat melatih ketenangan diri seseorang, karena sangat dibutuhkan keseimbangan tubuh pada setiap gerakannya. Gerakan tersebut juga membutuhkan kekuatan fisik yang kuat, karena terdapat beberapa gerakan yang menjadikan berat badan sebagai fokus utama latihannya. Makanya sangat dianjurkan menggunakan matras saat melakukan olahraga ini.

4. Skipping

Bermodalkan lompat tali dan waktu, olahraga skipping akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu olahraga ini juga mampu melatih kepadatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung, membakar kalori, dan masih banyak lagi.

5. Berenang

Rutin olahraga renang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Di samping meningkatkan endurance, rutin berenang dapat melatih semua massa otot mulai dari leher, punggung, lengan, hingga kaki. Olahraga renang juga baik untuk membakar lemak dan kalori, melatih keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh.

Itulah beberapa pilihan olahraga yang dapat meningkatkan endurance atau daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik akan memberikan banyak manfaat, seperti membantu sistem imun, tidak mudah lelah, lebih berenergi dalam beraktivitas, dan masih banyak lagi.

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini