Sukses

5 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bikin Kepala Geleng-Geleng, Nyeleneh Hingga Norak

Keberagaman warga Indonesia menciptakan kebiasaan unik hingga konyol yang sering terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan warga Indonesia memang 'Enggak kaleng-kaleng'. Banyak tindakan yang bisa bikin kepala geleng-geleng.

Mulai dari aksi aneh, nyeleneh, norak, hingga memalukan sering kali dilakukan warga +62, baik sengaja maupun tidak.

Bahkan, aksi unik dan kebiasaan orang Indonesia sendiri kerap kali dibagikan di laman media sosial yang kemudian membuatnya menjadi viral.

Unboxing Nasi Kotak 40 Harian

Beberapa waktu lalu, media sosial sempat dihebohkan dengan video anak kecil unboxing berkat 40 harian.

Video yang diunggah oleh @fajarkatili membuat netizen tertawa saat melihat aksi kocaknya. Bagaimana tidak? Dalam unggahan tersebut sang anak mengeluarkan kata-kata lucu yang mengelitik.

Saat membuka berkat 40 harian dari keluarga yang baru saja kehilangan keluarganya, dirinya berharap menemukan uang Rp1.000-an di dalam kotak tersebut. Tingkah konyol ini benar-benar bikin netizen tertawa.

Umumnya, orang mengharapkan makanan enak, tapi anak kecil satu ini malah menginginkan secarik uang seribu. Dia juga mengucapkan terima kasih dalam video tersebut.

Sayangnya, kalimat tersebut tak elok untuk diucapkan kepada seseorang yang sedang berduka.

Hanya Berdiam Selama 2 Jam

Selain itu, ada pula salah satu warga Indonesia yang mengunggah video berdiam diri berjam-jam di kanal Youtube Didit Deelon.

Dirinya sempat viral karena aksi kocak dan bikin netizen gregetan. Dalam video berdurasi dua jam itu dia hanya diam di depan kamera tanpa melakukan apapun.

Sebenarnya, masih banyak lagi aksi warga Indonesia yang terekam dan tersebar hingga viral di media sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Emak-Emak Bungkus Makanan

Kebiasaan bungkus makanan sering kali ditemukan dalam perayaan saat kumpul bersama. Contoh saja, dalam acara arisan atau saat Lebaran.

Biasanya, dalam acara tersebut telah tersedia berbagai macam makanan yang mungkin jarang ditemui di hari biasanya.

Terkadang pula ada makanan yang memang lebih enak dengan kualitas tinggi yang disajikan.

Hal ini bisa saja terjadi, karena sang pemilik acara akan memberikan suguhan terbaik ke para tamunya. Namun, ada saja aksi lucu emak-emak, yaitu ngebungkus makanan.

Membawa pulang makanan di sebuah acara, boleh saja. Akan tetapi, lebih baik jika ada adabnya. Terutama, jika pemilik acara memang sudah mengizinkan.

Kebiasaan membungkus makanan yang dilakukan ibu-ibu, biasanya bikin kita geleng kepala saat melihatnya.

Mereka tak tanggung-tanggung mengambil plastik untuk membawa pulangnya. Bahkan, ada yang sampai menenteng makanan hingga tangan dipenuhi dengan plastik, seperti baru pulang dari pasar.

Kebanyakan emak membuat alasan mereka melakukan hal seperti itu. Ia ingin anaknya di rumah bisa menyantap makanan yang sama dengan dirinya saat di luar rumah.

Selain itu, ada pula yang menganggap makanan itu akan mubadzir jika tidak dibawa pulang.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan Ngorok Saat Tidur

Ngorok atau mendengkur merupakan salah satu ganguan tidur yang banyak dialami. Penderitanya bisa jadi tidak terganggu. Namun, orang sekitar bisa terganggu apalagi suara yang ditimbulkan cukup keras.

Pernahkah kamu menginap di rumah temanmu dan mendapati dirinya mendengkur? Pasti sangat mengganggu telinga dan membuatmu sulit tidur.

Terkadang kamu malah jahil dan mengabadikan momen tersebut sampai diunggah ke media sosial. Di pagi harinya, temanmu akan merasa malu atas unggahanmu.

Tahukah kamu ternyata kebiasaan mendengkur ini disebabkan oleh beberapa faktor, loh!

Dilansir mayoclinic, mendengkur disebabkan oleh sejumlah faktor yang berkaitan dengan anatomi mulut dan sinus. Hal ini dapat disebabkan karena kebiasaan mengkonsumsi alkohol, berat badan, alergi, dan pilek.

Saat seseorang terlelap, otot-otot di langit mulut, lidah dan tenggorokan berada dalam kondisi rileks, sehingga menghalangi jalan nafas dan menimbulkan getaran.

Semakin kecil saluran udara, maka semakin kuat pula aliran udaranya. Hal ini yang menyebabkan suara dengkuran semakin keras.

4 dari 4 halaman

Makan Dengan Suara Ngecap

Mengunyah makanan yang menimbulkan suara dikenal dengan istilah mengecap. Tak jarang orang yang meanggap perilaku ini tak sopan. Namun, banyak pula yang berusaha memaklumi dan membiarkannya begitu saja.

Di Indonesia sendiri ngecap dianggap tak sopan dan menganggu. Bahkan, mereka sampai membenci hingga kehilangan selera makannya.

Meski begitu, kebiasaan ini bisa kamu jumpai di tengah perkumpulan pada saat makan, seperti bersama keluarga besar atau teman-teman.

Lain hal dengan warga Jepang yang terbiasa dengan kebiasaan mengecap, malah makan dengan bersuara mengecap dianggap menikmati santapan itu loh.

Contoh saja, tren ASMR yang dijadikan konten oleh beberapa Youtuber. Istilah ini terkenal sejak tahun 2010 yang diperkenalkan oleh Jennifer Allen.

ASMR didefinisikan sebagai isyarat audio yang bikin rileks dengan meliputi suara bisikan, retih dan lainnya.

Saat ini ASMR sering kali ditemui bersamaan dengan konten mukbang.  Konten ini menjadi salah satu dengan viewers terbanyak di Youtube.

Banyak netizen yang sengaja mencari konten mukbang ASMR demi memuaskan hasrat dirinya. Konsekuensinya adalah kamu akan tergiur dan lapar, setelah menonton konten ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.