Sukses

Alasan Kopi Americano Sering Muncul di Drama Korea, Orang Korsel Emoh Gemuk

Drama Korea sering memperlihatkan aktor dan aktrisnya minum kopi Americano.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, melansir Journal of Nutrition College pada Rabu (12/10). Penggemarnya pun berasal dari semua kalangan usia. Ini terlihat dari menjamurnya kedai kopi (coffee shop) di mana-mana. 

Seiring dengan adanya gerai kopi moderen yang bermunculan, kopi pun mulai memiliki banyak varian, seperti espresso, cappucino, dan cafe latte.

Salah satu varian kopi yang paling populer saat ini adalah Americano. Jenis satu ini merupakan rasa kopi yang terbuat dari espreso atau kopi pekat asli ditambah air saja.

Bahkan, kopi Americano ini kerap kali muncul dalam tayangan drama Korea atau menjadi kegemaran idol K-Pop. 

Tentunya banyak yang penasaran mengapa orang Korea Selatan lebih memilih Americano daripada kopi lain? Jang Hansol, YouTuber yang kerap membahas budaya Korea Selatan, mengungkapkan alasan orang Korea suka sekali minum Americano.

Setelah berdiskusi bersama teman-temannya --- yang merupakan orang Korea Selatan sekaligus penggemar kopi Americano --- kehidupan di Korsel yang sibuk bekerja dan pagi hari sudah harus kembali bekerja membuat mereka membutuhkan kafein.

Hasol juga menyebutkan bahwa sebelumnya orang Korea gemar minum mix coffee atau three in one yang mengandung gula dan susu.

Mix coffee yang kandungannya setara dengan semangkuk nasi, membuat masyarakat Korea beralih ke varian K. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Orang Korea Suka Americano

Maka dari itu, orang Korea Selatan memilih meminum Americano yang mengandung kafein dan rendah kalori. Kopi ini juga cocok untuk yang sedang menjalani program diet. 

Penjelasan di atas dibagikan Hansol melalui video YouTube miliknya Korea Reomit, beberapa tahun lalu.

Menurut beberapa pendapat dari pecinta kopi Americano, berikut alasan orang Korea Selatan banyak yang suka es Americano. 

Pertama, karena gulanya lebih sedikit dibandingkan dengan jenis minuman kopi lain, jadi, hal ini tidak membuat berat badan naik. Mereka hanya membutuhkan kafein dari kopi agar mereka bisa terjaga.

Kedua, karena harganya murah dan Americano yang cocok ditambah es, rasa kopinya tidak terlalu kuat, cocok diminum orang yang sebenarnya tidak suka kopi.

Ketiga, karena harganya murah. Beberapa orang Korea Selatan memang hanya butuh tempat nongkrong saja, saat mereka pergi ke kafe, mereka hanya memesan varian kopi yang paling murah, yaitu Americano. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan

Melansir Authoritycoffe, kopi jenis Americano ini memiliki banyak manfaat. Bahkan, menjadi salah satu minuman paling sehat di dunia, karena hanya terbuat dari dua bahan saja, yaitu kopi dan air. 

Satu cangkir Americano mengandung sekitar sembilan sampai 15 kalori dan nol gula. Hal ini menjadikan kopi jenis ini menjadi minuman yang sangat baik untuk diet.

Berikut manfaat mengonsumsi kopi Americano. 

Membantu Melancarkan Pencernaan

Jika Anda minum kopi Amerikano setelah makan besar, tubuh Anda akan dapat memecah makanan lebih cepat dan membakar kalori tambahan.

Pada akhirnya, sistem pencernaan Anda tidak akan bekerja terlalu keras dan tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan.

Penurunan Berat Badan

Kopi Americano juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kopi ini mampu membakar lemak dan mengurangi nafsu makan karena rasanya yang pahit.

 

 

4 dari 4 halaman

Membuat Bahagia

Mengurangi risiko diabetes

Kopi Americano bisa membantu mengurangi risiko diabetes. Selain itu, kandungan dalam kopi, membantu dalam mencegah diabetes.

Namun, ini hanya berlaku untuk kopi berkafein, karena kopi yang menambahkan lebih banyak gula justru dapat meningkatkan risiko diabetes.

Detoksifikasi alami

Kandungan dalam kopi mampu merangsang organ hati, yang merupakan organ pembersih tubuh kita. Obat-obatan, makanan, dan zat lain yang masuk ke tubuh kita dipecah oleh hati. Hati berfungsi lebih baik saat kita mengonsumsi kopi.

Membuat Anda bahagia

Kafein dalam amerikano memiliki banyak manfaat. Kafein adalah zat psikoaktif legal yang dapat meningkatkan mood dan membuat Anda langsung gembira saat mengonsumsinya.

Hal ini terjadi karena otak memproduksi lebih banyak neurotransmiter, yaitu senyawa kimia di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengirimkan pesan antara neuron atau dari neuron ke berbagai jaringan tubuh.

Dengan meningkatnya jumlah neurotransmiter, membuat otak berfungsi lebih baik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.