Sukses

Jangan Dilewatkan, 5 Produk Skincare Ini Bisa Bikin Kulit Awet Muda

Liputan6.com, Jakarta - Kulit yang tampak awet muda pasti menjadi impian semua wanita. Maka dari itu, sejak usia muda kita sudah harus sadar akan pentingnya merawat wajah jika ingin meminimalisasi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

Tak perlu khawatir, menjaga kulit wajah tetap awet muda tidak susah kok. Mungkin Anda tidak sadar bahwa produk-produk skincare yang mungkin ada di meja riasmu menjadi salah satu dalam daftar produk perawatan kulit paling manjur untuk mendapatkan kulit tampak awet muda di usia tua.

Tak hanya untuk meremajakan kulit, Anda dapat merasakan berbagai manfaat lain dari penggunaan skincare. Selain skincare, Anda perlu memperhatikan langkah-langkah penggunaan skincare yang tepat

Lantas rangkaian produk-produk skincare apa saja yang wajib rutin Anda gunakan dari sekarang? Yuk, intip sederet langkah-langkah dan produk perawatan kulit yang wajib dilakukan untuk membantu kulit wajah awet muda berikut ini!

1. Cleanser

Pembersih wajah atau yang biasa kita kenal dengan cleanser jadi step pertama yang tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian perawatan kulit. Pembersih wajah berfungsi untuk menghilangkan semua produk riasan yang Anda gunakan sepanjang sehari penuh serta mengangkat segala bakteri, kotoran, dan polusi yang menempel pada kulit wajah. Kulit wajah yang bersih membantu efektifitas kerja produk skincare yang Anda gunakan. Pilihlah pembersih wajah yang lembut dengan PH rendah yang berfungsi menjaga keseimbangan kulit serta menghindari kulit mengalami dehidrasi dan kerusakan. Jangan gunakan pembersih wajah dengan PH tinggi karena bersifat keras sehingga dapat membuat kulit rentan terhadap iritasi dan infeksi. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah cara jitu untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit wajah. Tak perlu melakukannya setiap hari, Anda cukup melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu saja. Sel-sel kulit mati yang tidak diangkat akan membuat wajah terlihat kusam, warna kulit wajah tidak rata, dan bahkan pecah-pecah. Ada dua kategori utama eksfoliasi yaitu fisik dan kimiawi (chemical peeling). Sebaiknya hindari eksfoliasi fisik yang keras seperti scrub karena membuat kulit wajah rentan kendur. Eksfoliasi kimiawi lebih cocok diterapkan untuk segala usia karena memiliki kandungan yang aman bagi kulit seperti AHA. 

3 dari 6 halaman

3. Serum

Penggunaan serum sangat bagus untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit wajah. Serum juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan polusi dari lingkungan yang dapat menyebabkan penuaan. Jangan digosok-gosok, cara terbaik menggunakan serum adalah dengan cara ditepuk-tepuk. Cara ini membantu penyerapan serum ke dalam kulit lebih maksimal. 

4 dari 6 halaman

4. Pelembab

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan lebih mudah kering dan timbul garis-garis halus. Hal ini dapat diatasi dengan rutin menggunakan pelembab. Pelembab membantu mengontrol produksi sebum yang dapat menyebabkan kulit kering. Sebelum mengaplikasikan pelembab, pastikan kulit wajah anda sudah bersih dengan serangkaian step skincare sebelumnya agar bakteri tidak terjebak dalam kulit wajah. 

5 dari 6 halaman

5. Sunscreen

Menggunakan sunscreen adalah step penting yang tidak boleh dilewatkan, terutama bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Sunscreen membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dan flek serta memperbaiki tekstur kulit. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari. 

6 dari 6 halaman

Tips Tambahan: Hindari Hal-Hal berikut!

Salah satu alasan munculnya kerutan karena terjadi kerusakan pada kulit wajah Anda. Hindari cara-cara yang menyebabkan gesekan pada wajah. Melansir dari Healthline, penelitian menemukan bahwa gesekan yang terjadi saat menekan wajah ke bantal ketika tidur dapat mendorong terjadinya keriput pada kulit wajah. Selain itu, hindari menggosok-gosok wajah dengan kuat saat mengaplikasikan produk skincare.

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.