Sukses

Agar Anak Tak Bosan, Coba 8 Ide Menu Unik Ini Buat Dijadikan Bekal

Liputan6.com, Jakarta - Kita tidak pernah tahu komposisi pada makanan yang dibeli oleh anak di sekolah. Salah satu langkah cermat supaya anak terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan adalah membawakannya bekal. Namun menyiapkan bekal agar disukai anak juga bukan hal yang mudah, namun terkadang para ibu bingung menu apa yang ingin dibawakan untuk anak sekolah.

Bila bekal sekolah zaman dulu identik dengan mi atau nasi goreng, maka lain halnya dengan menu bekal sekolah zaman sekarang. Ditata dalam lunch box sederhana, menu bekal sekolah tampak begitu menggugah selera. Berikut ini ada beberapa ide menu untuk bekal anak :

1. Garden of Bento

Menu unik yang pertama ada  “Garden of Bento.” Seperti namanya, menu ini mengambil inspirasinya dari taman bunga. Anda bisa menyiapkan tuna salad yang telah diberi perasan lemon dan potongan timun lalu memasukkannya ke dalam wadah silikon berbentuk bunga dengan cracker gandum di sekelilingnya.

Lalu untuk bagian “taman” lainnya, dan membentuk buah anggur menjadi seperti kelopak bunga dan menambahkan tusuk gigi imut berbentuk lebah madu. Kemudian juga menjadikan buncis sebagai “rumput” dan menghiasnya dengan tusuk gigi berbentuk kumbang kepik. Kita bisa meniru ide bekal anak sekolah ini maupun mengadaptasinya dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Inspirasi Menu Bekal Anak

2. Daging Teriyaki dan Nasi Kepal

Ibu memiliki stok daging di kulkas? Jadikan menu bekal untuk anak dengan mudah daging tersebut. Daging yang dipunya, bisa diiris tipis-tipis lalu ditumis bawang bombai dan masak bersamaan dengan daging dan saus teriyaki instan. Daging teriyaki ini sangat bermanfaat lho, karena memiliki kandungan protein, energi, karbohidrat dan lainnya.

Daging teriyaki juga cocok ditemani bersama nasi kepal rumput laut. Pembuatannya sangat mudah, hanya dengan cara mencampurkan nasi dengan rumput laut yang berukuran kecil hingga merata kemudian langsung dikepal-kepal. Gimana nih, mudah bukan?

3. Siomay Dimsum

Menu selanjutnya jika si kecil bosan dengan makan nasi, maka menu yang satu ini dapat dijadikan solusinya yaitu siomay dimsum. Makanan ini memang terkenal memiliki cita rasa yang begitu nikmat, gurih dan empuk. Pasti anak-anak akan sangat menyukai dengan makanan seperti ini.

Siomay Dimsum ini memang memiliki harga yang relatif ya, bisa mahal bisa murah. Tergantung campuran daging dan brand toko yang menjualnya. Daging yang lebih banyak ketimbang tepungnya tentunya akan memiliki rasa dan harga yang lebih mahal.

Membuat Siomay Dimsum dirumah memang susah-susah gampang, tentunya kita harus benar-benar tahu step by step nya. Namun Ibu jangan khawatir, Anda bisa lihat dari berbagai resep di internet cara membuat dimsum yang mudah.

3 dari 4 halaman

Inspirasi Menu Bekal Anak

4. Meatball dan apel “monster”

Penulis buku "Everyday Bento", Wendy Copley sempat membuat menu bento bekal anak yang lucu. Copley membuat meatball (bola daging) lucu berbentuk kepala monster yang diberi mata buatan. Dia juga melengkapinya dengan buah apel yang dipotong bergerigi di bawahnya dengan sebuah paring knife.

Tak lupa, apel itu pun diberi mata bulat dari icing sugar. Kita bisa menempelkan mata monster dengan cream cheese, selai kacang, atau madu. Untuk pengganti nasi, tambahkan saja beberapa cracker asin yang renyah sebagai sumber karbohidrat. Sayuran dan buah lain juga bisa ditambahkan sesuai selera.

5. Sushi

Ide menu bekal makan siang yang satu ini bisa disajikan jika anak menyukai menu makanan Jepang. Memasak menu ini pun mudah, yaitu Ibu bisa menumis isian sushi, kemudian menggulungnya bersama nasi dan rumput laut yang bisa dibeli di supermarket. Lalu menambahkan hiasan mata agar anak lebih tertarik untuk memakannya.

 

4 dari 4 halaman

Inspirasi Menu Bekal Anak

6. Spinach Salmon Pancake

Menu lain yang tak kalah lezat dan pasti disukai anak misalnya adalah pancake. Bukan pancake biasa, melainkan Spinach Salmon Pancake. Kandungan susu dan telur dalam adonan pancake, serta irisan salmon asap untuk isinya, sangat padat protein.

Tepung terigu dalam adonan pancake adalah sumber karbohidrat, salmon asap sebagai sumber protein dan bayam untuk isi pancake jadi sumber sayuran. Menu ini bolehlah sesekali jadi pilihan agar bekal anak lebih bervariasi. Jika si Kecil kurang suka dengan salmon, boleh diganti dengan daging asap atau sosis.

7. Ayam Goreng Mentega

Ayam memang sangat kaya akan protein hewani, dan itu sangat bagus bagi tubuh yang selalu memerlukan protein setiap hari. Ayam sendiri dapat diolah menjadi berbagai varian yang sangat menggugah selera ya guys.

Termasuk mengolahnya menjadi Ayam goreng Mentega yang sangat dikenal. Kesan pertama melihat Ayam Goreng Mentega ini pasti membuat siapapun menjadi ngiler, ayam goreng yang dicocol dengan saus inggris ini sangat cocok bagi anak yang bosan dengan menu ayam goreng yang itu-itu saja.

8. Spaghetti

Menu pengganti nasi selanjutnya ada spaghetti. Cara membuatnya sangat mudah yaitu Ibu hanya perlu merebus spaghetti instan hingga matang dan menumis saus Bolognese bersama bawang Bombay kemudian sajikan bersama spaghetti dan parutan keju di atasnya. Mudah bukan? Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.