Sukses

Bukan Jadi Tanda Kelemahan, 5 Alasan Mengapa Menangis Baik untuk Dilakukan

Menangis, di sisi lain, membiarkan emosi negatif ini keluar dan membantu kita mengatasi rasa sakit, hanya untuk melupakannya nanti.

Liputan6.com, Jakarta Menangis adalah salah satu mekanisme alami tubuh. Ini membantu kita menurunkan dan memproses stres emosional kita dan juga baik untuk kesehatan dan kesejahteraan jiwa.

Ketika orang menyangkal emosi mereka, mereka sering percaya bahwa mereka menghilang karena mereka tidak dapat "melihat" atau "merasakan" emosi tersebut. Namun, ini tidak terjadi. 

Ketika orang menekan emosi mereka dan menyangkal menangis, mungkin karena tabu bahwa menangis adalah tanda kelemahan, mereka sebenarnya menekan kenegatifan di dalam, yang selanjutnya menyebabkan banyak masalah kesehatan fisik dan mental.

Menangis, di sisi lain, membiarkan emosi negatif ini keluar dan membantu kita mengatasi rasa sakit, hanya untuk melupakannya nanti. Dilansir dari boldsky, berikut adalah lima alasan jika menangis justru baik dilakukan.

1. Untuk Meluapkan Kehilangan Dan Kesedihan 

Sangatlah menyedihkan ketika kita kehilangan seseorang atau sesuatu yang berharga bagi kita. Ini adalah jenis perasaan yang menelan kita sepenuhnya dan membuat kita tidak dapat melakukan apa-apa. Untuk membuat segalanya lebih sederhana bagi orang lain di sekitar kita, kita sering menekan emosi kita, yang bukanlah pilihan yang paling sehat. Menangis membantu melepaskan rasa sakit karena kehilangan dan kesedihan dan memberi kita kekuatan untuk melanjutkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Untuk Menghilangkan Stres

Air mata adalah terapi. Tindakan menangis dipercaya dapat mengeluarkan hormon stres atau racun dari dalam tubuh. Saat kita menangis, sistem saraf parasimpatis, yang mengatur istirahat dan pencernaan, diaktifkan. Tubuh dan pikiran seseorang sama-sama mendapat manfaat dari menangis sebagai cara menghilangkan stres.

3. Untuk Menjernihkan Pikiran Kita

Kita dapat menggunakan air mata kita sebagai semacam “deterjen” internal untuk membersihkan segala kotoran dan menyegarkan jiwa kita. Orang lain yang mampu mengekspresikan emosi mereka secara terbuka dan sering memiliki keuntungan lebih dari mereka yang memendam perasaan mereka dan membiarkan setan batin mereka menguasai mereka. Dengan melepaskan emosi yang terpendam, kita dapat lebih memahami penyebab tekanan emosional kita.

3 dari 3 halaman

4. Untuk Membantu Kita Menjadi Lebih Kuat

Kita dapat menekan emosi dan sensasi kita di lain waktu, tetapi ketika kita menangis, kita mengeluarkannya dengan cara yang sehat. Artinya kita lebih terbiasa menghadapi hal-hal yang menjatuhkan kita daripada mengabaikannya. Jika kita memilih untuk mengabaikan perasaan kita, perasaan itu akan tetap ada dalam pikiran sadar dan akhirnya menimbulkan masalah bagi kita. Namun, jika kita memilih untuk menghadapi ketakutan dan emosi kita, kita akan menjadi lebih kuat dan lebih kuat.

 

5. Untuk Manfaat Kesehatan Kita 

Kebanyakan pria dan wanita di 35 negara merasa lebih baik setelah menangis dan dengan manfaat kesehatan yang lebih baik, kata sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal NCBI. Air mata memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh kita. Ini membantu kita menghilangkan rasa sakit, meningkatkan suasana hati kita, membantu tidur dan melawan bakteri yang tak terhitung jumlahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.