Sukses

Jangan Diabaikan, Tanda-Tanda Kanker Payudara pada Pria yang Berbahaya Bila Terlambat Didiagnosis

Pria juga bisa menderita kanker payudara. Berikut ini tanda-tandanya yang harus Anda ketahui

Liputan6.com, Jakarta Menurut Cancer Research UK, sekitar satu dari 100 (sekitar 1%) kasus kanker payudara di Inggris terjadi pada pria. Badan amal kesehatan itu menambahkan bahwa ada beberapa kesamaan antara kanker payudara pria dan kanker payudara wanita, tetapi ada juga beberapa perbedaan yang harus Anda waspadai.

Dr Alexandra Haas, ahli onkologi radiasi di fasilitas pengobatan kanker terkemuka Pusat Terapi Proton Praha, mengatakan: “Banyak orang berpikir kanker payudara adalah penyakit yang hanya menyerang wanita, tetapi ratusan pria menerima diagnosis yang menghancurkan setiap tahun."

“Sayangnya, banyak pria mengabaikan gejalanya dan karena itu didiagnosis dan diobati lebih lambat daripada pasien wanita.”

Faktor risiko kanker payudara pria

Faktor risiko kanker payudara pria meliputi:

  • Paparan radiasi pengion: terutama pada dinding dada
  • Cryptorchidism - suatu kondisi di mana satu atau kedua testis gagal bergerak dari perut, di mana mereka berkembang sebelum lahir, ke dalam skrotum
  • Cedera testis
  • Peningkatan kadar estradiol (hormon estrogen)
  • Sindrom Klinefelter (ketika anak laki-laki dan laki-laki dilahirkan dengan kromosom X ekstra)
  • Sirosis
  • Kanker prostat
  • Sejarah keluarga
  • Trauma dada
  • Usia
  • Kelompok ras tertentu
  • Mutasi gen BRCA2 2

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya mengetahui tanda peringatan dini

“Seperti kebanyakan jenis kanker, deteksi dini dapat menjadi penyelamat dan penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda peringatan yang terkait dengan penyakit ini,” tambah Dr Haas.

“Pria harus waspada terhadap perubahan ukuran atau bentuk dada, benjolan kecil tanpa rasa sakit di dada dan ketiak, serta tanda-tanda pembengkakan di area tersebut."

"Red alert lainnya termasuk puting yang terbalik secara tiba-tiba, ruam, pendarahan atau keluarnya cairan dari puting dan borok kulit di daerah yang terkena."

Jika Anda melihat salah satu dari perubahan ini pada tubuh Anda, sangat penting untuk mencari bantuan dari dokter Anda sesegera mungkin.

Gejala kanker payudara pria

Menurut NHS, tanda-tanda peringatan dini yang potensial dari penyakit ini mungkin termasuk:

  • Benjolan di payudara – biasanya keras, tidak nyeri dan tidak bergerak di dalam payudara
  • Putingnya berputar ke dalam
  • Cairan mengalir dari puting susu (nipple discharge), yang mungkin berlumuran darah
  • Luka atau ruam di sekitar puting yang tidak kunjung hilang
  • Puting susu atau kulit di sekitarnya menjadi keras, merah atau bengkak
  • Benjolan kecil di ketiak (kelenjar bengkak)

 

3 dari 4 halaman

Bagaimana sirosis hati terkait dengan kanker payudara pria?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine, risiko kanker payudara pada pria dengan sirosis hati dianalisis.

Penelitian ini melibatkan 11.642 pria Denmark yang dirawat di rumah sakit dengan sirosis (penyakit hati) dan ditindaklanjuti selama 4,3 tahun melalui catatan keterkaitan untuk kemungkinan terjadinya kanker payudara.

“Sirosis, mungkin melalui tingkat estrogen endogen yang tinggi, meningkatkan risiko kanker payudara pada pria,” catat penelitian tersebut.

Ia menambahkan: “Sirosis hati dikaitkan dengan peningkatan kadar estrogen, yang mungkin terkait dengan kanker payudara."

“Karena tingkat latar belakang estrogen lebih rendah pada pria daripada wanita, hubungan yang dimediasi estrogen antara sirosis hati dan kanker payudara akan lebih mudah dideteksi pada pria.”

 

4 dari 4 halaman

Mendiagnosis kanker payudara pria

"Sangat tidak mungkin Anda taiba-tiba saja menderita kanker, tetapi yang terbaik adalah memeriksakan gejala Anda," kata NHS.

Dokter umum Anda akan memeriksa payudara Anda dan dapat merujuk Anda untuk tes dan pemindaian kanker payudara jika diperlukan.

“Jika Anda tidak memiliki gejala tetapi memiliki riwayat keluarga yang jelas terkena kanker payudara, dokter umum Anda mungkin merujuk Anda ke spesialis genetik untuk mendiskusikan risiko Anda terkena kanker payudara."

“Ada beberapa gen yang diturunkan yang meningkatkan risiko kanker, dan tes darah dapat dilakukan untuk memeriksanya,” pungkas NHS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.