Sukses

Cepat Bikin Rambut Panjang, 6 Makanan Ini Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Makanan yang baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi wanita, rambut adalah mahkota. Tak heran jika rambut panjang dan sehat ala princess sangat diidam-idamkan banyak wanita. Namun, proses menjaga rambut tidaklah semudah yang dikira, apalagi untuk memanjangkannya. Ada saja rintangan yang harus dialami. 

Entah itu rambut yang mudah rontok karena akar rambut yang kurang kuat. Belum lagi dengan rambut yang mudah bercabang dan kering karena paparan alat-alat styling. Pada akhirnya, rambutnya sering-sering dipotong dan impian untuk mempunyai rambut panjang tertunda.

Selain perawatan dari luar, rambut kamu perlu asupan yang sehat dari dalam agar rambutmu bisa tumbuh lebih cepat dan juga sehat. Yuk, intip sederet makanan yang dapat memelihara kesehatan ramput dan mempercepat pertumbuhannya.

 1. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan herring memiliki nutrisi asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, nutrisi ini membantu meningkatkan ketebalan rambut. Sangat cocok bagi wanita yang ingin memanjangkan sekaligus menebalkan rambut. Ikan berlemak juga mengandung vitamin B, vitamin D3, protein, dan selenium yang sangat bagus untuk memperkuat dan menyehatkan rambut. 

2. Alpukat

Selain lezat dan bergizi, alpukat menjadi salah satu sumber lemak sehat yang baik. Satu buah alpukat berukuran sedang (sekitar 200 gram) menyediakan 28% kebutuhan vitamin E harian Anda.  Vitamin E dapat melindungi area kulit, seperti kulit kepala. Maka dari itu, vitamin E sangat bagus untuk memperpanjang dan melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Telur

Telur salah satu sumber protein dan biotion, dua nutrisi yang bagus untuk kesehatan  rambut. Protein berperan penting untuk mendorong pertumbuhan rambut. Begitu pula dengan biotin untuk memproduksi keratin yang membantu memperkuat rambut.

3 dari 5 halaman

4. Buah Beri

Buah beri mengandung vitamin c dengan antioksidan yang kuat sehingga bermanfaat mendukung pertumbuhan rambut. Antioksidan dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, vitamin c dapat membantu menguatkan rambut agar tidak mudah rapuh dan patah.

4 dari 5 halaman

5. Bayam

Bayam banyak mengandung nutrisi-nutrisi penting yang bermanfaat bagi pertumbuhan rambut seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, dan folat. Nutrisi-nutrisi ini membuat akar rambut menjadi lebih kuat.

5 dari 5 halaman

6. Kacang

Selain enak, kacang memiliki nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut. Misalnya, satu ons almond menyediakan 48% kebutuhan vitamin E harian Anda. Selain itu, kacang mengandung vitamin B, asam lemak esensial, dan yang bagus untuk mengatasi kerontokan rambut.

Penulis: 

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.