Sukses

Waspada Gejala Diabetes Tipe 2, Seberapa Sering Anda Buang Air Kecil?

Salah satu gejala umum dari diabetes tipe 2 adalah sering buang air kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Diabetes adalah kondisi kronis yang menandakan peningkatan kadar gula darah yang berbahaya. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diabetes adalah penyebab kematian kesembilan pada tahun 2019, dengan perkiraan 1,5 juta kematian secara langsung disebabkan oleh diabetes.

Menurut organisasi kesehatan, ada berbagai jenis kondisi diabetes kronis termasuk diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Sementara diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan sel beta pankreas yang memproduksi insulin, dengan diabetes tipe 2, tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau tubuh menolak insulin.

Salah satu gejala umum dari diabetes tipe 2 adalah sering buang air kecil. Melansir dari Times of India, Jumat (2/9/2022), sesuai Mayo Clinic, dalam kasus pasien diabetes, kelebihan glukosa menumpuk darah, itulah sebabnya ginjal dipaksa untuk mendorong diri mereka sendiri untuk menyaring dan menyerap kelebihan glukosa.

Tapi ketika ginjal Anda tidak bisa mengimbangi, kelebihan glukosa kemudian dikeluarkan ke dalam urin Anda, membawa cairan dari jaringanmu, yang membuat Anda mengalami dehidrasi.

Ketika pasien minum lebih banyak air, itu mengarah pada kunjungan ke toilet yang konstan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa kali orang sehat buang air kecil?

Dalam rentang waktu 24 jam, orang yang sehat kemungkinan akan buang air kecil sekitar enam sampai delapan kali, mengingat mereka minum dua liter cairan sehari.

Kencing antara 4 dan 10 kali sehari juga dianggap sehat, mengingat tidak mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Yang mengatakan, jika Anda mengunjungi kamar mandi lebih sering dari itu, itu bisa berarti Anda minum terlalu banyak air, kopi atau teh.

3 dari 4 halaman

Berapa kali pasien diabetes harus buang air kecil

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggis (NHS), jumlah urin bisa berkisar dari 3 liter pada kasus ringan hingga 20 liter per hari pada kasus diabetes yang parah.

Selain itu, kemungkinan membuat seseorang measa haus sepanjang waktu dan bisa menyebabkan orang tersebut merasa "kering" di mulut, tidak peduli berapa banyak air yang mereka minum, kata badan kesehatan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sering buang air kecil tidak selalu berarti diabetes. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau masalah ginjal atau kandung kemih yang tidak terkait juga bisa buang air kecil lebih banyak.

"Banyak buang air kecil tidak secara otomatis berarti penyakit, jadi tidak perlu cemas jika Anda merasa sehat," kata dokter Preethi Daniel, Direktur Klinis di London Doctors Clinic mengatakan kepada Patient.info.

"Sebagian besar kondisi bisa dengan mudah diketahui hanya dengan berbicara dengan dokter umum Anda yang akan mengatur tes dan perawatan lebih lanjut," dia merekomendasikan.

4 dari 4 halaman

Waspadai tanda-tanda diabetes lainnya

Mengalami sering buang air kecil dan rasa haus yang meningkat sangat umum terjadi pada diabetes. Namun, ini juga bisa dikaitkan dengan penyakit lain.

Meskipun demikian, Anda bisa mewaspadai gejala lain yang menandakan kondisi kronis. Ini termasuk:

Mulut keringKelelahan dan kelelahan yang ekstremPenglihatan kaburPenurunan berat badan yang tidak disengaja/tidak bisa dijelaskanPerubahan pola tidur dan makanNafas berbau buah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.