Sukses

Tanpa Obat, 7 Cara Ini Bisa Bantu Bersihkan Paru-Paru Secara Alami

Atasi permasalahan pada paru-paru, seperti kebanyakan lendir dengan beberapa cara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Tahu gak sih, kalau paru-paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Tepatnya sebagai organ sistem pernapasan yang berkaitan erat dengan urusan sirkulasi darah. Organ ini akan menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah kita.

Paru-paru yang luar biasa ini, sayangnya tidak bisa mempertahankan kinerja atau fungsi utama, apabila mengalami kerusakan. Ada beberapa faktor penyebab kerusakan paru-paru, meliputi polusi udara, asap rokok, dan iritan lainnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Merokok adalah penyebab kematian pertama dari setiap lima orang di Amerika Serikat. 

Hebatnya, paru-paru memiliki sifat self healing atau penyembuhan diri sendiri secara alami. Ya, paru-paru merupakan organ yang dapat membersihkan diri, dan ini berarti mereka dapat mulai menyembuhkan diri setelah paparan polutan berhenti.

Tapi bernarkah itu dapat terjadi? Jawabannya Ya. Adalah mungkin bagi seseorang untuk membersihkan paru-paru mereka dan meningkatkan kesehatan paru-paru. Cara terbaik yaitu dengan menghindari racun berbahaya, seperti asap rokok dan polusi udara. 

Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan perilaku gaya hidup tertentu, seperti olahraga  dan makan dengan baik. 

Beberapa metode ini juga dapat membantu Anda untuk membersihkan paru-paru secara alami, seperti menghimpun dari Medical News Today, Selasa (30/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terapi uap dan batuk terkontrol

1. Terapi uap panas

Orang dengan kondisi paru-paru mungkin melihat gejala mereka memburuk di udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lender di saluran udara dan membatasi aliran darah.

Permasalahan tersebut dapat terbantu dengan terapi uap. Uap akan menambah kehangatan dan kelembaban ke udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru.

Menghirup uap air dapat memberikan bantuan langsung dan membantu orang bernapas lebih mudah.

Beberapa bukti mencatat bahwa menghirup uap dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, melonggarkan lendir yang kental, dan memberikan manfaat setelah berada di lingkungan dengan polutan.

Terapi ini menjadi solusi sementara yang efektif, namun peneliti perlu melakukan penelitian lebih lanjut sebelum mereka memahami sepenuhnya manfaat terapi uap terhadap kesehatan paru-paru.

2. Batuk terkontrol

Batuk adalah cara tubuh secara alami mengeluarkan racun yang telah terperangkap dalam lendir. Batuk terkontrol dapat mengendurkan kelebihan lendiri di paru-paru.

Apabila Anda mengalami masalah paru-paru, mungkin dokter menyarankan melakukan latihan ini untuk membantu membersihkan paru-paru mereka.

Orang dapat membersihkan paru-paru mereka dari kelebihan lendir dengan cara:

- Duduk di kursi yang rileks, kemudian menjaga kedua kaki rata di lantai

- Melipat tangan di atas perut

- Perlahan menghirup melalui hidung

- Menghembuskan napas perlahan sambil mencondongkan tubuh ke depan

- Batuk dua atau tiga kali saat menghembuskan napas

3 dari 4 halaman

Olahraga dan teh hijau

3. Latihan atau olahraga teratur

Olahraga teratur tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang, tetapi juga dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatan paru-parunya.

Olaharaga akan memaksa otot untuk bekerja lebih keras. Ini dapat membantu meningkatkanlaju pernapasan tubuh, menghasilkan pasokan oksigen yang lebih besar ke otot. Selain itu, latihan juga meningkatkan sirkulasi, membantu tubuh lebih efisien dalam membuang kelebihan kotoran karbon dioksida yang di produksi tubuh saat olahraga.

Meskipun olahraga mungkin lebih sulit bagi orang dengan kondisi paru-paru kronis, maka dari itu diperlukan saran dokter atau tenaga profesional untuk mengatur rutinitas olahraga yang akan dilakukan.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap. 

Sebuah studi 2018 yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak meminumnya sama sekali.

4 dari 4 halaman

Makanan anti-inflamasi dan perkusi dada

5. Makanan anti-inflamasi

Peradangan pada saluran udara dapat membuat seseorang sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Maka makanan anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala-gejala tersebut. 

Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu melawan peradangan, meliputi:

- Kunyit

- Sayuran hijau

- Ceri

- Bluberi

- Zaitun

- Kacang kenari

- Kacang polong

- Dan jenis kacang-kacangan lainnya

6. Perkusi dada

Perkusi adalah metode lain untuk membantu menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru. Perkusi dada biasanya dilakukan oleh seorang profesional kesehatan atau terapis pernapasan. Merekan akan menggunakan tangan yang ditengkupkan untuk mengetuk dinding dada secara berirama untuk mengeluarkan lendir yang terperangkap dai paru-paru.

Meskipun ini bukanlah sebuah cara untuk membersihkan paru-paru, namun metode perkusi dapat melihat sejauh mana kerusakan atau tumpukan lendir yang menempel pada paru-paru Anda, sehingga dokter dapat melanjutkan perawatan sesuai permasalahannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.