Sukses

Sering Lupa? 5 Cara Alami Ini Bantu Pertajam Daya Ingat Anda

Deretan cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan daya ingat lebih tajam lagi.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kamu sering lupa menaruh barang di mana? Atau kamu kesulitan mengingat hal-hal kecil yang sudah lewat beberapa waktu lalu? Jika hal itu sering terjadi, kamu masuk dalam kategori si pelupa.

Penyebab seseorang bisa mempunyai sifat pelupa pun beragam seperti pertambahan usia, kesibukan sehari-hari, stres, dan masih banyak lagi. 

Jangan salah, sifat pelupa tak hanya terjadi pada lansia atau kakek dan nenek kita saja, lho. Mempunyai ingatan yang buruk dapat juga terjadi pada anak-anak, anak muda hingga orang dewasa.

Nutrisi yang kita konsumsi dan gaya hidup sehari-hari ikut menentukan kinerja otak. Mudah lupa akan sesuatu kadang terasa menyebalkan, bukan? Apalagi jika sudah menganggu kegiatan sehari-hari. 

Tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk menstimulasi otak untuk meningkatkan memori. Yuk, intip deretan cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan daya ingat lebih tajam lagi.

1. Meditasi

Latihan menenangkan diri lewat meditasi memiliki beragam manfaat positif bagi kesehatan, salah satunya untuk menajamkan ingatan. 

Dilansir dari Healthline, Jumat (26/8/2022), studi di New York menemukan bahwa teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan memori  pada orang-orang dari segala usia, dari orang berusia 20-an hingga orang dewasa yang lebih tua. 

Kamu dapat melakukan meditasi di pagi hari ataupun sore hari. Ini adalah waktu-waktu yang bagus untuk bermeditasi. Kuncinya, lakukanlah meditasi di tempat yang tenang untuk manfaat yang maksimal.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mengonsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan kaya akan kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang sangat untuk meningkatkan memori, terutama pada orang tua. Kandungan DHA dan EPA sangat penting untuk kesehatan dan fungsi otak manusia.

3 dari 5 halaman

3. Tidur yang Cukup

Tidur memang memainkan peran penting dalam kinerja memori. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7-9 jam per hari.

4 dari 5 halaman

4. Olahraga

Tak hanya penting untuk kesehatan fisik saja, olahraga sangat bermanfaat meningkatkan daya ingat bagi manusia dari segala usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak penelitian yang menunjukkan olahraga dapat meningkatkan perkembangan neuron yang dapat meningkatkan kesehatan otak.

5 dari 5 halaman

5. Mengonsumsi Kakao

Kakao dapat dijumpai dalam cokelat. Tak hanya lezat, kakao juga bergizi dan bermanfaat bagi otak. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pililah cokelat hitam dengan kandungan kakao 70%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.