Sukses

Tanpa Obat, 4 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta - Kolesterol tinggi seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda, dan tetap menjadi bahaya tersembunyi yang mempengaruhi jutaan nyawa.

Kolesterol termasuk kolesterol baik yang disebut high-density lipoprotein (HDL), kolesterol jahat yang disebut low-density lipoprotein (LDL) dan trigliserida yang merupakan zat lemak yang mirip dengan kolesterol jahat.

Tes darah bisa mengidentifikasi apakah kadar kolesterol Anda terlalu tinggi. Konsultasikan dengan dokter Anda karena kolesterol tinggi yang tidak diobati bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes.

Untuk itu, ada baiknya untuk melakukan beberapa perubahan gaya hidup yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterolmu secara alami untuk tubuh yang lebih sehat.

Berikut beberapa cara menurunkan kolesterol secara alami seperti melansir dari Bright Side, Jumat (19/8/2022).

1. Makan makanan yang sehat

Jelas mudah diucapkan dan sulit dilakukan. Tapi kerja keras itu sepadan, dan dalam kasus kolesterol tinggi sangat penting.

Ada banyak makanan alami yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterolmu. Selain itu, kurangi semua makanan olahan, terutama yang mengandung banyak garam dan gula.

Serat larut yang ditemukan dalam oatmeal, kacang merah, apel dan kubis bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

Protein whey dari produk susu juga bisa menurunkan LDL dan kolesterol total. Makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon, walnut dan biji rami juga bagus untuk kesehatan jaringan jantung dan pembuluh darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Menurunkan berat badan

Ini penting jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas. Membawa beban ekstra, terutama di sekitar perut, meningkatkan rasio lemak visceral Anda yang bahkan bisa mempengaruhi hati Anda.

Jika Anda kelebihan berat badan, kadar kolesterol Anda akan lebih tinggi yang bisa berdampak negative pada arteri dan pembuluh darahmu.

Berat badan ekstra bisa hilang dengan tidak melakukan diet ketat, tapi melakukan diet sehat yang terdiri dari makanan rumahan dari bahan makanan alami.

Makan banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan berolahraga secara teratur untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Pastikan juga untuk minum banyak air.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

3. Berhenti merokok

Merokok meningkatkan tekanan pada jantung dan detak jantungmu, menambah efek buruk dari penumpukan kolesterol di dalam dan di dinding arteri.

Para penelitian telah menemukan bahwa berhenti merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL dengan meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi paru-paru.

Kabar baiknya adalah bahwa setahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung berkurang setengahnya bagi sebagian besar mantan perokok.

Anda bisa mulai dengan mengurangi jumlah rokok yang Anda hisap dan mencari bantuan dari teman dan keluarga untuk mendukungmu. Anda juga bisa mencari profesional kesehatan untuk mendapatkan bimbingan.

4 dari 4 halaman

4. Tingkatkan aktivitas dan olahraga

Kini banyak individu malas gerak, apalagi jika pekerjaan Anda membutuhkan waktu lama untuk duduk. Apa pun alasannya, Anda harus menemukan cara untuk mengurangi waktu dudukmu dan meningkatkan aktivitas fisik Anda secara keseluruhan sepanjang hari.

Olahraga juga sangat penting untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dan Anda bisa memilih aktivitas favorit Anda seperti berjalan, berenang, bersepeda dan menari.

Namun, penting agar Anda tidak menghabiskan sebagian besar harimu dengan duduk di kursi atau sofa. Tetap berdiri dan perbanyak bergerak.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS