Sukses

5 Tanda Pasangan Anda Mungkin Sedang Mempertimbangkan untuk Bercerai

Liputan6.com, Jakarta Prospek perceraian mungkin menakutkan tetapi prospek untuk bercerai tanpa persiapan bahkan lebih menakutkan. Inilah mengapa seorang ahli menyarankan untuk tidak mengabaikan tanda-tanda yang menunjukkan hal tersebut.

Gillian Coote, Managing Partner di Coote Family Lawyers, selalu menghadapi situasi yang menantang ini. Dia telah membantu pria dan wanita menavigasi proses perceraian dan perpisahan yang menakutkan, penuh tekanan dan menyakitkan selama lebih dari 30 tahun.

Sepanjang karirnya, Coote telah menjadi ahli dalam memperhatikan tanda-tanda kecil namun bermakna bahwa satu pihak sedang mempertimbangkan perceraian.

“Sulit untuk menghadapi pikiran bahwa pasangan Anda menginginkan perpisahan,” katanya kepada Body+Soul. “Rasanya lebih mudah untuk menghindari diskusi sepenuhnya, dan berpura-pura itu tidak terjadi. Tetapi terlepas dari kesulitannya, menghadapi pasangan Anda mungkin merupakan pilihan terbaik. ”

Komunikasi adalah kuncinya. Jika Anda benar-benar ingin menyelamatkan hubungan, beri tahu pasangan Anda segera.

“Jika Anda ingin menyelamatkan hubungan Anda, semakin cepat Anda meningkatkannya, semakin baik. Ini mungkin membangun kembali koneksi dan mengarah pada diskusi tentang langkah-langkah positif berikutnya, seperti konseling hubungan.”

Tidak yakin di mana Anda berdiri dalam hubungan Anda? Berikut adalah lima tanda pasangan Anda mungkin mempertimbangkan untuk bercerai:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tanda pasangan ingin berpisah:

1. Mereka tidak berkomunikasi secara terbuka seperti dulu

Komunikasi adalah segalanya dalam sebuah hubungan. “Ketika pasangan tidak lagi mencari dukungan dari Anda, mereka menghindari komunikasi dan interaksi.”

Ini bisa berarti tidak meminta nasihat Anda, berbagi perasaan mereka atau bertanya tentang perasaan Anda.

2. Mereka sulit untuk terhubung secara emosional

Coote berkata, “Ketika seorang pasangan menjadi terlepas, mereka kehilangan minat untuk terhubung secara emosional dan tidak mau menginvestasikan waktu dan energi untuk menjaga hubungan tetap hidup. Mereka bisa terasa sangat jauh.

"Ketika ada jarak fisik dan emosional, suatu hubungan dapat memburuk dengan sangat cepat," kata Coote.

3. Anda perhatikan mereka memiliki rekening bank baru

Perceraian juga akan menandakan pemisahan keuangan. Coote mengatakan untuk melihat pengaturan bank yang diperbarui, akun baru, dan kata sandi yang diubah.

Anda bahkan mungkin memperhatikan bahwa uang telah hilang: “Banyak yang berpikir membuka rekening bank rahasia atau mentransfer sejumlah besar uang ke investasi baru adalah cara yang baik untuk mengamankan aset sebelum pemisahan.”

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 5 halaman

Tanda lainnya

4. Mereka tidak ingin membicarakan keuangan atau investasi

“Biasanya merahasiakan tentang keuangan” adalah tanda peringatan besar, Coote menjelaskan, terutama jika pasangan Anda tiba-tiba tidak tertarik untuk merencanakan masa depan.

Mungkin mereka tidak ingin membahas investasi baru itu atau sudah lama tidak tertarik menabung untuk perjalanan keliling dunia itu.

5. Anda tidak tahu siapa yang selalu mereka telepon atau kirimi email

Apakah pasangan Anda menghabiskan waktu yang tidak biasa jauh dari rumah? Apakah Anda tidak tahu siapa yang selalu mereka panggil? Atau mungkin karena ponsel mereka tidak pernah lepas dari pandangan mereka? Ini bisa menjadi tanda sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dalam hubungan Anda.

 

4 dari 5 halaman

Apa yang harus dilakukan?

Apakah tanda-tanda ini terdengar familiar? Tetap tenang dan ikuti saran Coote:

1. Jangan panik

"Jika Anda berpikir pasangan Anda sedang mempertimbangkan untuk berpisah, tetapi Anda belum berbicara, Anda mungkin tergoda untuk menyembunyikan pendapatan dan aset." Sebagai catatan, ini bukan ide yang baik, karena "meskipun penyelesaian properti dirancang untuk menjadi final, jika salah satu pihak gagal mengungkapkan aset pada saat penyelesaian disepakati, semuanya dapat dibatalkan di jalurnya."

2. Carilah nasihat hukum sejak dini

“Ada hak dan tanggung jawab hukum yang terkait dengan pemisahan dan ini penting untuk dipahami. Banyak orang merasa bersalah berbicara dengan pengacara, padahal seharusnya tidak.”

 

5 dari 5 halaman

Hal lainnya

3. Jangan libatkan anak-anak Anda

“Ketika keadaan goyah, biasanya orang tua tergoda untuk menyuarakan hal-hal negatif tentang satu sama lain di hadapan anak-anak mereka dalam upaya untuk membuat mereka berpihak. Semua ini dilakukan dengan melibatkan anak dalam situasi yang bukan tanggung jawab mereka, dan menciptakan lingkungan rumah yang negatif yang dapat memiliki efek jangka panjang pada kesejahteraan dan kesehatan mental mereka.”

4. Jangan posting ke media sosial

“Jika Anda mencurigai pasangan Anda ingin berpisah, wajar saja jika Anda mengalami berbagai emosi tetapi tetap menjaga emosi Anda tetap offline. Banyak orang beralih ke media sosial untuk melampiaskan dan mencari dukungan [tetapi ini] membuka pintu air untuk komentar negatif tentang mantan Anda dan dapat berdampak pada proses perpisahan.

“Apa yang Anda posting secara online dapat digunakan sebagai bukti di pengadilan.”

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS