Sukses

5 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Buat Alis Anda Lebih Tebal

Anda dapat mencoba berbagai pengobatan rumahan jika Anda ingin mendapatkan alis yang lebih tebal.

Liputan6.com, Jakarta - Alis Anda adalah ciri khas wajah Anda. Beberapa faktor dapat menyebabkan penipisan alis, termasuk alopecia areata, infeksi jamur seperti tinea, trikotilomania (gangguan mencabut rambut), dan kekurangan nutrisi seperti hipotiroidisme kwashiorkor dan dermatitis atopik. 

Kabar baiknya adalah bahwa beberapa pengobatan alami dapat mempercepat pertumbuhan rambut di alis dan meningkatkan ketebalannya. Industri kosmetik memasarkan pensil, gel, dan produk lain yang dirancang untuk mempercantik tampilan alis. Lantas apakah mungkin untuk menumbuhkan alis yang lebih tebal tanpa bergantung pada riasan? 

Anda dapat mencoba berbagai pengobatan rumahan jika Anda ingin mendapatkan alis yang lebih tebal, terlepas dari apakah Anda mengalami kerontokan rambut atau hanya memiliki alis tipis secara alami. Dilansir dari Boldsky, Kamis (28/7/2022), berikut ulasannya.

1. Minyak kelapa 

Dalam beberapa tahun terakhir, minyak kelapa telah menjadi populer sebagai minyak goreng dan suplemen makanan. Selain itu, bila dioleskan, dikatakan bermanfaat bagi rambut dan kulit. 

Meskipun minyak kelapa telah dipelajari secara ekstensif untuk masalah kesehatan umum, seperti penurunan berat badan dan demensia, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaannya untuk menebalkan rambut. Namun demikian, minyak kelapa tetap menjadi topik hangat di industri kesehatan alami. 

Cara menggunakan: Ambil sedikit minyak di tangan Anda dan pijat ke area alis. Biarkan minyak semalaman dan bersihkan di pagi hari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan alami selanjutnya

2. Minyak jarak atau castor oil

Minyak jarak tidak hanya melumasi dan menenangkan, tetapi juga membantu melindungi rambut alis dari mikroorganisme. Jenis eksim tertentu juga dapat mengganggu pertumbuhan alis dengan menyebabkan gatal dan iritasi, yang mengakibatkan kerontokan rambut. 

Jika Anda ingin memiliki alis yang tebal, oleskan minyak jarak ke alis dua kali sehari karena dapat menutrisi akar rambut alis.

Cara menggunakan: Pijatkan minyak jarak ke alis Anda sebelum tidur. 

3. Minyak zaitun 

Aplikasi bahan-bahan yang berasal dari pohon zaitun telah terbukti merangsang pertumbuhan rambut dalam penelitian. Namun, mengenai pertumbuhan rambut alis, ada sedikit data yang mendukung penggunaan minyak zaitun secara topikal. Bagaimanapun, itu mungkin melapisi rambut untuk memberi mereka tampilan yang lebih lebar dan tebal.

Cara menggunakan: Campurkan 4-5 tetes minyak zaitun dan tiga tetes madu, dan pijat campuran ini pada alis Anda sebelum tidur.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Bahan alami selanjutnya

4. Jus Bawang 

Selain belerang dan selenium, jus bawang mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Ini membantu memperkuat folikel rambut. Karena bawang memiliki bau yang menyengat, disarankan agar menggunakan perasan lemon untuk menghilangkan semua jejak aroma tersebut. Setiap hari, oleskan jus bawang ke alis Anda.  

Cara menggunakan: Buat pasta dengan memotong bawang, memasukkannya ke dalam blender. Dapatkan jus dengan menyaringnya. Oleskan jus ke alis Anda. Biarkan selama satu jam dan bersihkan dengan bola kapas yang direndam dalam perasan lemon.

5. Tea tree oil

Seperti minyak kelapa, minyak pohon teh dipercaya dapat merangsang pertumbuhan dan ketebalan alis dengan menciptakan penghalang pelembab untuk kesehatan sel dan folikel. 

Banyak produk yang dijual bebas mengandung minyak pohon teh, tetapi Anda juga dapat membeli ekstrak minyak pohon teh untuk dioleskan langsung ke alis Anda. Meskipun minyak pohon teh telah dipuji sebagai pengobatan alternatif untuk alis yang lebih tebal, tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim ini. 

Cara menggunakan: Oleskan setiap hari ke alis Anda dan biarkan semalaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.