Sukses

6 Tanda Orang yang Anda Kencani Belum Siap Berkomitmen Menurut Ahli

Berikut ini beberapa tanda orang yang Anda kencani belum siap untuk berkomitmen

Liputan6.com, Jakarta Memutuskan untuk memasuki hubungan yang serius bisa terasa seperti mencentang kotak dari daftar: Apakah Anda menyukainya? Apakah mereka menyukaimu? Apakah mereka tersedia secara emosional? Dan, yang paling penting, apakah mereka mau—dan mampu—berkomitmen?

Yang terakhir itu rumit, terutama karena setiap orang dan hubungan asmara bergerak dengan kecepatan yang berbeda. Namun, ada beberapa tanda bahaya utama bahwa Anda berkencan dengan orang yang memiliki fobia komitmen. Di sini, ahli akan membantu Anda memberi tahu tanda-tanda yang mudah dilewatkan bahwa orang yang Anda kencani belum siap untuk berkomitmen.

1. Dia bilang kamu terlalu baik untuknya

Kita semua pernah mendengar kalimat perpisahan klasik: "Bukan kamu, ini aku." Nah, Anda dapat menganggap baris ini sebagai pendahulunya.

"Orang-orang menggunakan kartu 'Saya tidak layak untukmu' ketika mereka ingin membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri," kata Tatyana Dyachenko, psikolog dan terapis seks di Peaches and Screams. "Itu adalah taktik yang mereka gunakan untuk [membangun] Anda, tetapi juga menanam benih yang mungkin mereka tinggalkan."

Terlebih lagi, garis juga bisa dipersenjatai di jalan. "Jika mereka melakukan sesuatu yang buruk, seperti selingkuh, mereka dapat berkata, 'Yah, aku memang memperingatkanmu,'" tambahnya. Kategorikan itu sebagai taktik manipulasi dan tanda potensi narsisis—dan pertimbangkan apakah Anda ingin memfokuskan upaya romantis Anda di tempat lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Dia tidak jelas tentang rencana masa depan.

Jika seseorang tidak melihat masa depan jangka panjang dengan Anda, mereka mungkin ragu untuk hal-hal sepele seperti memesan perjalanan ke Italia atau tiket konser tersebut selama beberapa bulan dari sekarang. Fenomena ini juga berlaku dengan rencana jangka pendek.

"[Itu] bisa terlihat seperti seseorang yang berkata, 'Ya, kedengarannya bagus,' tetapi tidak menindaklanjuti dengan 'mari kita rencanakan ini untuk Sabtu depan,'" kata Lauren Ogren, MFT, PsyD, psikoterapis berlisensi di Marin County, California. Spesifik berarti minat, dan minat berarti Anda adalah prioritas dan orang ini memberi ruang bagi Anda dalam hidup mereka.

Tanpa kekhususan itu, Anda mungkin hanya menjadi renungan, yang "tidak ada yang pantas mendapatkannya," kata Ogren.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 4 halaman

3. Dia tidak konsisten

Kita semua pernah memiliki pengalaman berkencan dengan seseorang yang membuat kita tetap waspada—mungkin terlalu berlebihan. "Suatu hari mereka akan menghabiskan tiga jam di telepon dengan Anda menjadi rentan dan terbuka, dan berikutnya, mereka tertutup, santai, dan tidak mau berbicara tentang diri mereka sendiri," kata Holly Schiff, PsyD, klinis berlisensi. psikolog di Greenwich, Connecticut.

Masalah ini juga dapat berupa membuat banyak rencana dalam satu minggu dan tidak ada sama sekali di minggu berikutnya. Orang itu bahkan bisa mengabaikannya dengan alasan "Saya sibuk". Sayangnya, apa pun alasannya, inkonsistensi tetap berarti mereka belum siap untuk berkomitmen pada hubungan yang serius. Jika mereka siap—atau cukup peduli dengan perasaan Anda—mereka akan mengomunikasikan dengan Anda apa yang dapat Anda harapkan dari mereka.

4. Anda merasa baik saat bersama, tetapi tidak saat berpisah.

Kita akan menjadi yang pertama mengakui bahwa situasi ini sulit. "Jika Anda khawatir tentang ke mana arah hubungan di antara kencan tetapi menikmati kencan itu sendiri, dia mungkin belum siap untuk berkomitmen," kata Paul DePompo, PsyD, ABPP, seorang psikolog klinis dan direktur Institut Terapi Perilaku Kognitif California Selatan.

Sekali lagi, hal ini terkadang dapat diabaikan dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa orang tersebut sedang sibuk. Namun, DePompo mencatat, "orang sibuk meluangkan waktu untuk apa yang mereka hargai ketika mereka termotivasi untuk melakukannya." Jika Anda tidak merasa seperti prioritas di antara tanggal pentingnya, kemungkinan besar Anda tidak akan menjadi prioritasnya.

 

4 dari 4 halaman

5. Dia mengatakan perlu menemukan dirinya sendiri

Jika seseorang mengatakan bahwa dia masih perlu menemukan dirinya sendiri, kemungkinan besar dirinya belum siap untuk menetap. "Terkadang, kita bisa bingung dengan gagasan bahwa calon pasangan kita ingin menemukan diri mereka sebagai mindset berkembang, yang dapat dilihat sebagai kualitas menarik dari seseorang yang ingin mengenal diri mereka lebih dalam," kata Ogren.

"Tapi sering kali, ini adalah sinyal bahwa orang ini tidak berada di tempat untuk membuat komitmen jangka panjang atau membuat rencana jangka panjang." Duduklah bersama dan lakukan percakapan jujur ​​tentang apa yang sebenarnya mereka maksud dengan frasa ini.

6. Dia  selalu mencari pesta berikutnya.

Jika kencan yang Anda jalani selalu pesta, jam koktail, dan acara kelompok, itu bisa menandakan bahwa pasangan Anda tidak berada dalam ruang untuk hubungan jangka panjang yang berkomitmen secara emosional. "Kita dapat melihat ini melalui menghindari situasi tipe intim seperti perjalanan jauh sendirian, memasak makan malam bersama, atau melakukan aktivitas 'hanya kalian berdua' yang mungkin biasa tetapi memungkinkan koneksi," kata Ogren.

Tanda ini bisa mudah dilewatkan karena Anda mungkin menganggap kekasih Anda hanya senang memperkenalkan Anda ke grup sosial mereka, kata Ogren. "Namun, untuk memiliki hubungan yang kuat dan sehat, kita juga perlu mengenal orang lain ini, dan ingin mereka mengenal kita, pada tingkat yang lebih intim," catatnya. Itu berarti memiliki percakapan dan pengalaman mendalam dalam suasana satu lawan satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.