Sukses

Menurut Studi, Ini Deretan Warna Paling Menarik untuk Pakaian yang Bisa Anda Pakai

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengatakan kecantikan ada di mata yang melihatnya, tetapi itu tidak menghentikan para peneliti untuk mencoba menjawab pertanyaan tentang apa yang membuat orang menarik bagi orang lain. 

Tentu, ada banyak cara untuk menarik pasangan yang diinginkan, tetapi salah satu yang paling jelas adalah melalui apa yang Anda kenakan dan ternyata, warna pakaian Anda mungkin memainkan peran penting. 

Dilansir dari Bestlifeonline, sebuah studi baru-baru ini mengamati fenomena preferensi warna dan menemukan bahwa ada satu rona spesifik yang mungkin menempatkan Anda selangkah di atas yang lain jika Anda ingin menarik perhatian seseorang. 

Gagasan tentang daya tarik selalu berubah dan dapat didasarkan pada sejumlah faktor yang berbeda. Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menemukan bahwa warna mata tertentu lebih menarik daripada yang lain, biru untuk pria dan coklat untuk wanita. 

Pada tahun 2021, para peneliti menemukan bahwa bahkan nama Anda dapat membuat Anda lebih diinginkan, dengan Anna menjadi nama paling umum di antara model terkenal, dan David atau Dave menjadi yang paling umum di antara model pria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Warna paling menarik dan tidak

Tentu saja, daya tarik juga berubah selama pandemi. Sebuah studi dari Januari 2022 menemukan bahwa mengenakan masker wajah medis biru dapat membuat Anda terlihat lebih diinginkan orang lain. Tapi ternyata, warna masker wajah Anda bukan satu-satunya warna yang perlu dipertimbangkan.

Jika Anda ingin meningkatkan daya tarik Anda melalui sesuatu yang sederhana seperti mengganti pakaian, Anda beruntung. Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Color Research & Application berusaha menentukan apa yang dipandang sebagai warna paling menarik yang bisa dikenakan seseorang. 

Para peneliti untuk penelitian ini memilih 14 warna Pantone untuk dievaluasi berdasarkan warna yang paling sering disebutkan dalam penelitian sebelumnya, dan mengumpulkan 146 responden untuk mengisi kuesioner online tentang daya tarik dan ketidaktertarikan dalam hal warna.

Menurut penelitian, warna yang paling menarik dalam hal fashion adalah hitam. Warna paling menarik kedua adalah pink, disusul dengan warna kuning. Di sisi lain, dua warna yang paling tidak menarik yang dapat dikenakan seseorang adalah abu-abu, diikuti oleh coklat sebagai "warna yang paling tidak menarik," kata para peneliti. Warna hitam telah meningkat popularitasnya untuk pakaian dalam beberapa tahun terakhir.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Warna hitam

Hitam biasanya tidak menduduki puncak daftar preferensi warna dalam studi warna sebelumnya, karena warna hitam sering dikaitkan dengan asosiasi negatif, catat studi tersebut. Tetapi para peneliti menjelaskan bahwa mereka bertujuan untuk menunjukkan tren preferensi warna baru di era digital untuk studi baru mereka. Dan jelas bahwa popularitas warna hitam telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, baik di kalangan desainer maupun konsumen.

Studi tersebut mengutip analisis terbaru dari pengecer Edited yang melihat lebih dari 183.000 gaun yang dijual online di AS dan menemukan bahwa 38,5 persen berwarna hitam dalam beberapa hal. 

Analisis ini juga mengungkapkan bahwa dari 2014 hingga 2017, jumlah pakaian hitam yang dijual kepada wanita meningkat secara signifikan di beberapa merek mode cepat, termasuk di Boohoo sebesar 269 persen, Zara sebesar 145 persen, dan H&M sebesar 114 persen. 

"Jelas, orang yang berpakaian serba hitam mencerminkan sistem mode modern di mana memakai warna hitam telah menjadi mode," kata para peneliti dalam penelitian mereka.

Para ahli mengatakan warna ini dapat membantu orang tampak memiliki sifat yang lebih diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "peserta cenderung lebih menyukai warna khas," seperti hitam, merah muda, dan kuning. Tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa mengenakan pakaian hitam dapat membantu Anda menarik perhatian orang lain.

4 dari 4 halaman

Warna hitam untuk kencan pertama

Para ahli mengatakan warna ini sering membuat orang tampak seolah-olah memiliki sifat atau kualitas yang biasanya dianggap diinginkan.

"Hitam diasosiasikan dengan kekuasaan dan otoritas. Mengenakan warna hitam mungkin secara tidak sadar memberi kesan kepada orang lain bahwa Anda adalah seseorang yang kuat dan berkuasa," Ashley Grader, pakar kecantikan yang mengelola situs direktori sekolah kecantikan, menjelaskan. 

"Dan orang-orang yang berada di posisi kekuasaan dan otoritas sering dianggap lebih menarik daripada mereka yang tidak."

Amber Lee, pakar hubungan lebih dari 20 tahun dan CEO Select Date Society, mengungkapkan bahwa dia cenderung merekomendasikan klien perjodohannya untuk mengenakan warna hitam pada kencan pertama. 

"Kami sering menyarankan agar wanita mengenakan gaun hitam dan pria memilih kemeja hitam atau blazer hitam," katanya. "Anda tidak bisa salah dengan warna hitam, jadi memilih pakaian kencan yang bagus itu mudah. ​​Hitam itu elegan, canggih, dan berkelas."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS