Sukses

Ternyata Seperti Ini Bentuk Bibir Wanita Paling Menarik Menurut Sains

Liputan6.com, Jakarta - Baik milik Angelina Jolie atau Kylie Jenner, banyak wanita yang memimpikan bibir indah milik keduanya. Bibir yang besar sempurna dianggap ideal, dan banyak wanita yang lantas mengunjungi ahli bedah plastik dengan permintaan agar memiliki bentuk bibir seperti itu.

Lantas sebenarnya seperti apa bentuk bibir yang paling menarik secara keseluruhan? Bibir besar? Bibir tipis? Busur cupid yang sempurna, atau bibir atas yang membulat? Jawabannya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Facial Plastic Surgery, mungkin akan mengejutkan Anda.

Para peneliti dari University of California, Irvine menemukan bahwa bentuk bibir yang paling menarik lebih berkaitan dengan simetri daripada ukuran atau bentuk tertentu, dengan bibir yang paling menarik adalah yang memiliki rasio bibir atas dan bawah 1:2.

Tim peneliti meminta orang-orang di kelompok fokus berbasis internet dan konvensional untuk melihat 100 foto yang menunjukkan wanita dengan dimensi bibir yang berbeda dengan tujuan untuk mengetahui ukuran dan bentuk bibir mana yang dianggap paling menarik pada wanita kulit putih.

"Dalam survei daya tarik hasilnya menyatakan, "peningkatan 53,5% di total luas permukaan bibir dengan dimensi linier sama dengan 9,6% dari wajah bagian bawah dan rasio bibir atas ke bawah 1:2 ditemukan untuk menjadi yang paling menarik."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Taylor Swift dianggap memiliki bentuk bibir paling menarik

Temuan itu cukup menarik karena tren, terutama di kantor ahli bedah plastik, adalah untuk bibir atas yang tampak lebih besar, seperti bibir Kylie Jenner.

“Kami menganjurkan pelestarian rasio alami atau mencapai rasio satu banding dua dalam prosedur pembesaran bibir sambil menghindari tampilan bibir atas yang terlalu penuh yang sering terlihat di kalangan selebritas,” para penulis menyimpulkan.

Namun, dalam sebuah studi tahun 2017 dengan lebih dari 1011 tanggapan dari 35 negara yang berbeda, rasio 1:  dari bibir atas dan bawah ditemukan sebagai yang paling menarik, dengan lebih dari 60% peserta memilih ini sebagai bentuk bibir yang ideal.

Tim peneliti itu menemukan bahwa sementara jenis kelamin, negara tempat tinggal, dan profesi secara signifikan memengaruhi preferensi rasio bibir atas ke bawah individu rasio bibir 1,0: 1,0 tampaknya dapat dianggap paling menyenangkan bagi wanita."

Ahli bedah plastik, Julian De Silva, mengatakan kepada Business Insider bahwa bentuk yang paling dicari adalah bibir atas dan bawah yang penuh dan simetris dengan busur cupid yang tegas.

Menurutnya, penyanyi Taylor Swift memiliki bentuk bibir paling menarik. Dia mengatakan bahwa bibir Swift hampir persis dengan bentuk yang dianggap ideal oleh kebanyakan orang dalam hal standar kecantikan ini.

"Bibir Taylor sempurna. Dia memiliki garis menggairahkan yang indah dan busur cupid berbentuk indah yang diinginkan banyak wanita," kata De Silva dilansir dari Yourtango.

De Silva juga mengatakan pasien paling sering meminta efek cemberut alami seperti ikan trout, dengan bibir atas yang sedikit lebih penuh yang tidak memiliki busur cupid yang jelas, seperti Julia Roberts.

Jadi, sementara bentuk bibir yang paling menarik adalah berdasarkan rasio versus ukuran sebenarnya dari bibir atas dan bawah Anda dengan busur cupid yang jelas, tampaknya orang juga menyukai kepenuhan alami bibir tanpa definisi yang sama.