Sukses

MenPAN RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Banjir Ucapan Duka dari Berbagai Kalangan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini, Jumat 1 Juli 2022. Tjahjo Kumolo meninggal dunia sekitar pukul 11.00 WIB.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia Menteri PANRB Tjahjo Kumolo," tulis akun Twitter Kementerian PANRB.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD yang menggantikan Tjahjo Kumolo selama sakit juga sudah mendengar kabar duka itu.

"Saya sedang di atas helikopter bersama Jaksa Agung Bpk Burhanuddin (dari Bandung menuju Jakarta) ketika mendapat kabar melalui WhatsApp bhw Pak Tjahjo Kumolo wafat. Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya bersaksi bhw Almarhum orang yang baik. Semoga Allah memberikan surga-Nya," cuit Mahfud pada Jumat, 1 Juli 2022 siang

MenPAN RB Tjahjo Kumolo dikabarkan sempat menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo Jakarta Pusat. Mengutip Antara, Tjahjo menjalani perawatan intensif karena mengalami infeksi yang menyerang hingga paru-paru.

Kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo tentu saja menorehkan duka tak hanya bagi keluarga tapi juga kerabat sesama politisi. Tak heran jika ucapan duka atas meninggalnya Tjahjo Kumolo tersebut disampaikan sejumlah tokoh.

Tak hanya itu masyarakat Tanah Air pun turun memberikan ucapan duka dan berbelasungkawa. Ucapan duka cita juga mengalir dari warganet di Twitter. Mereka mengucapkan duka cita atas meninggalnya politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Ucapan Duka dari Berbagai Kalangan

3 dari 3 halaman

Profil Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo lahir di Surakarta, 1 Desember 1957. Pria ini merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro tahun 1985. Sejak muda, dia aktif dalam berbagai organisasi. Dia pernah menjadi Ketua Biro Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Dati I Jawa Tengah.

Kemudian, dia menjadi Ketua DPD KNPI Dati I Jawa Tengah periode 1985-1988 dan Sekretaris Jenderal KNPI Dati I Jawa Tengah untuk periode 1987-1990.

Karir politik Tjahjo dimulai saat ia menjadi Anggota Komisi II, III dan Anggota BKSAP DPR RI (1987,1992) dan Ketua Umum DPP KNPI pada 1990-1993. Kemudian, dia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI (1999-2002) dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI setahun kemudian.

Pada 2004, menteri Jokowi ini terpilih menjadi Anggota Komisi XI dan Anggota BKSAP DPR RI (2004-2008). Dia menjadi Ketua Fraksi PDIP DPR RI (2004-2009).

Di Kabinet Indonesia Kerja, Tjahjo Kumolo menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Kemudian dipercaya menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) periode 2019-2024.