Sukses

Berulang Tahun Hari Ini, Berikut 4 Fakta Tentang Taeil NCT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu member boy grup Korea Selatan NCT, Taeil, sedang berulang tahun hari ini, Selasa (14/6/2022). Pemilik nama lengkap Moon Tae-il tersebut lahir pada tahun 1994 dan sedang merayakan ulang tahun ke-28 pada hari ini.

Tak sedikit penggemar yang lantas memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk Taeil. Melalui Twitter, tagar #OurStarlightTAEILDay pun menjadi trending. Ratusan ribu ucapan selamat ulang tahun diberikan oleh penggemar untuk sang idola. 

Taeil NCT, memiliki nama lengkap Moon Taeil ini merupakan member NCT 127. Pada tahun 2015, Taeil diperkenalkan oleh SM Entertainment sebagai bagian SM Rookies. Meski cita-cita masa kecilnya sebagai pengacara tak tercapai, karier Taeil kini sebagai member NCT 127 semakin cemerlang.

Berikut ini adalah deretan fakta tentang Taeil NCT terkait perjalanan kariernya hingga kini. 

Pertama Kali Bergabung dengan NCT 

Pada 2013, Taeil mencuri perhatian pencari bakat SM Entertainment di Youth Singing Contest. Saat itu, Taeil telah diterima di jurusan musik Hanyang University. Meski awalnya sempat memutuskan untuk menjadi seorang mahasiswa namun akhirnya dia berubah pikiran dan memutuskan menjadi penyanyi.

Taeil berpartisipasi dalam berbagai proyek SM Entertainment selama menjadi trainee dan anggota SMROOKIES. Pada Desember 2013, ia berpartisipasi dalam penampilan pembuka konser SMTOWN WEEK bersama anggota NCT yang sekarang.

Lalu pada Oktober 2014, ia menyanyikan lagu Kim Mingyo The Last Game untuk variety show EXO, EXO 90:2014. Kemudian pada 15 Agustus 2015, ia berpartisipasi dengan SMROOKIE BOYS dalam konser reguler SMROOKIES SHOW.

Taeil akhirnya secara resmi diumumkan sebagai anggota SM Rookies pada 13 Oktober 2015. Tak hanya berkarya bersama NCT, pada tahun 2016, Taeil merilis lagu berjudul Because of You, bagian dari soundtrack serial THE MERCHANT: GAEKJU 2015. Sebagai penyanyi, ia pun mengidolakan musisi lain seperti grup SHINee dan Kim Bum Soo.

Pada 3 April 2016, Taeil dikonfirmasi sebagai anggota sub-unit pertama NCT, NCT U. Lalu pada 9 April 2016, ia resmi debut dengan single digital NCT U, Without You. Pada 1 Juli 2016, Taeil dikonfirmasi sebagai anggota sub-unit kedua NCT, NCT 127.

Pada 6 Juli 2016, ia secara resmi melakukan debut keduanya melalui lagu Fire Truck dalam mini album NCT#127. Ia bersama co-member NCT Doyoung berkolaborasi dengan rekan satu label lainnya merilis single digital Sound of Your Heart untuk proyek SM STATION Musim 1 pada 20 Desember 2016.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Masuk Guinness World Record

Taeil NCT pernah tercatat dalam rekor dunia Guinness World Record sebagai pemecah rekor dengan waktu tercepat dalam memperoleh satu juta pengikut Instagram dalam waktu 1 jam 45 menit. 

Hal tersebut diumumkan oleh Guinnes World Records melalui lama utamanya, "Taeil NCT memecahkan rekor pengikut Instagram. Taeil meraih satu juta pengikut dalam 1 jam 45 menit setelah unggahan pertamanya di Instagram." Unggahan pertama Taeil berupa foto selfie dengan caption "On air" dan emoticon lampu itu telah berhasil memesona NCTZen. 

Memiliki Program Memasak

Selain senang bernyanyi, Taeil rupanya juga punya hobi memasak. Sejalan dengan hobinya, Taeil memiliki program acara sendiri berjudul Master MOON Chef. Program tersebut tayang di Youtube Channel NCT Daily.

Episode pertama acara ini tayang pada 30 Juli 2020 menampilkan Taeil yang ditemani Yuta dan Jungwoo memasak menu yang diberi nama Taeil Spam Dong. Tak hanya itu, Taeil juga pamer pisau yang terdapat ukiran nama "Taeil" di atasnya. Acara masak tersebut sangat disukai oleh NTCZen dan masih bertahan hingga kini. 

Piawai Main Alat Musik

Taeil merupakan member NCT yang memiliki suara lembut dan manis. Tak hanya itu, dia juga memiliki power suara yang kuat dan dengan mudah mencapai nada-nada tinggi. Bahkan sebelum debut dengan NCT pun ia sudah pernah mengisi soundtrack drama.

Rupanya, tak hanya menyanyi, ia juga jago memainkan piano dan gitar. Hal ini membuat penggemar semakin mengidolakannya lantaran kelihaiannya tersebut.

3 dari 3 halaman

Member NCT 127 Taeil Positif COVID-19, Dipastikan Tak Ikut Konser di Nagoya

Member boyband Korea Selatan NCT 127 Taeil jadi salah satu seleb yang tak luput dari infeksi COVID-19. SM Entertainment yang menaungi NCT 127 mengumumkan pada 18 Mei, Taeil positif COVID-19. Sang bintang dikabarkan tengah melakukan isolasi mandiri di Jepang, sesuai ketentuan yang berlaku di negara tersebut.

Oleh karena terdiagnosis positif COVID-19, Taeil NCT dipastikan tidak akan ikut serta dalam konser yang bakal digelar di Nagoya, Jepang.

"Kami informasikan pada kalian mengenai kabar Taeil yang tidak akan ikut serta dalam konser tur dunia kedua NCT 127 Valentin Dome Nagoya 'Neo City: Japan - The Link' yang akan dilaksanakan pada 22 Mei mendatang," demikian pengumuman resmi dari SM Entertainment.

Lebih lanjut, SM menjelaskan bahwa Taeil menjalani tes PCR ketika akan berangkat ke Jepang. Pada saat itu hasil tesnya menunjukkan negatif COVID-19. Taeil pun terbang ke Jepang pada 15 Mei 2022.

Setibanya di Jepang, Taeil melakukan karantina mandiri selama tiga hari, mengikuti peraturan COVID-19 di negara tersebut. Taeil pun melakukan tes PCR kedua pada 18 Mei 2022 guna memperpendek masa karantinya. Namun hasil tes COVID-19 menunjukkan positif. 

Diketahui, Taeil sudah mendapat vaksinasi COVID-19 hingga dosis booster. SM Entertainment juga menyatakan bahwa Taeil tidak menunjukkan gejala COVID-19 tertentu. Namun, sebagai upaya mematuhi aturan setempat, Taeil menjalani isolasi mandiri.