Sukses

4 Jenis Obat Ini Meningkatkan Tekanan Darah Anda, Hati-Hati Saat Mengonsumsinya

Bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, berhat-hatilah saat mengonsumsi obat-obatan berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Sebelum Anda minum obat-obatan baru, baik yang diresepkan atau yang dijual bebas (OTC), penting untuk mempertimbangkan potensi risiko dan manfaatnya. Jika efek sampingnya dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada nilainya, itu adalah alasan yang baik untuk berbicara dengan dokter Anda tentang kemungkinan alternatif.

Secara khusus, para ahli memperingatkan bahwa beberapa jenis obat dapat meningkatkan tekanan darah Anda, atau menyebabkan obat tekanan darah Anda gagal — efek samping yang berpotensi serius, terutama bagi orang-orang yang sudah memiliki risiko koroner yang tinggi.

Lalu, obat-obat apa saja yang dapat meningkatkan tekanan darah? Dihimpun dari Bestlifeonline, ini dia.

 

1. Obat penghilang rasa sakit

Banyak resep dan obat nyeri yang dijual bebas dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dapat menyebabkan tubuh Anda menahan air. Ketika ini terjadi, kelebihan cairan dapat menyebabkan tekanan darah Anda meningkat, memaksa jantung Anda bekerja lebih keras.

Menurut Mayo Clinic, obat nyeri dan NSAID yang menimbulkan reaksi ini termasuk Indomethacin (Indocin, Tyvorbex), Piroxicam (Feldene), dan obat OTC seperti aspirin, Aleve, dan ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lainnya).

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau yakin Anda berisiko tinggi terkena hipertensi, tanyakan kepada dokter Anda tentang alternatif lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Obat flu dekongestan

Obat dekongestan bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah di hidung dan sinus Anda, sehingga meminimalkan pembengkakan dan mengurangi cairan. Namun, Mayo Clinic menunjukkan bahwa proses ini menghambat aliran darah melalui pembuluh tersebut, yang pada akhirnya meningkatkan tekanan darah. "Dekongestan juga dapat membuat beberapa obat tekanan darah menjadi kurang efektif," para ahli memperingatkan.

Mereka menambahkan bahwa jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi, Anda harus menghindari penggunaan Pseudoephedrine (Sudafed 12-hour) dan Phenylephrine (Neo-Synephrine), dua jenis dekongestan yang diketahui menyebabkan hipertensi.

Berita bagusnya, ada pilihan yang lebih aman di pasar bagi mereka yang berisiko lebih tinggi mengalami masalah.

"Alternatif untuk dekongestan oral tersedia," kata Harvard Health Publishing.

“Dalam ranah obat, antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl), chlorpheniramine (Chlor-Trimeton), cetirizine (Zyrtec), dan loratadine (Claritin) dapat membantu mengatasi hidung tersumbat yang aman bagi jantung,” saran para ahli mereka.

 

3 dari 4 halaman

3. Antidepresan

Menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Cardiovascular Medicine, "individu yang menderita gangguan depresi menunjukkan insiden hipertensi yang lebih besar dibandingkan dengan populasi umum, meskipun ada laporan tentang hubungan antara depresi dan hipotensi. Fenomena ini mungkin bergantung, setidaknya di bagian, pada penggunaan obat antidepresan, yang dapat mempengaruhi tekanan darah," tulis penulis penelitian.

Sementara berbagai antidepresan diketahui memicu hipertensi, Mayo Clinic secara khusus mengatakan bahwa inhibitor monoamine oksidase, antidepresan trisiklik, dan fluoxetine (Prozac, Sarafem) dapat memberikan efek samping yang lebih tinggi.

"Inhibitor reuptake serotonin selektif [SSRI] dicirikan oleh efek terbatas pada aktivitas sistem otonom dan dampak yang lebih rendah pada tekanan darah. Dengan demikian, mereka mewakili kelas [obat antidepresan] yang paling aman - terutama di antara pasien lanjut usia dan kardiovaskular," kata penelitian tersebut.

 

4 dari 4 halaman

4. Obat kontrol kelahiran hormonal

Sementara banyak wanita dapat dengan aman menggunakan kontrasepsi hormonal tanpa mempengaruhi tekanan darah mereka, hampir semua bentuk kontrasepsi hormonal mampu menyebabkan masalah seperti itu dengan mempersempit pembuluh darah.

"Hampir semua pil KB, patch dan cincin vagina datang dengan peringatan bahwa tekanan darah tinggi mungkin menjadi efek samping. Risiko tekanan darah tinggi lebih besar jika Anda lebih tua dari usia 35 tahun, kelebihan berat badan atau perokok," Mayo Klinik memperingatkan.

Bentuk kontrasepsi rendah estrogen mungkin termasuk jenis yang paling aman untuk individu dengan tekanan darah tinggi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apakah metode pengendalian kelahiran Anda dapat menyebabkan masalah, dan jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal, mintalah pemeriksaan hipertensi setiap enam sampai 12 bulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.