Sukses

7 Tips Agar Barang di Rumah Anda Lebih Awet dan Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui sweater favorit Anda menyusut setelah dicuci atau satu-satunya pisau cukur Anda berkarat tidak lama setelah membelinya bisa terasa sangat mengecewakan.

Untungnya, beberapa orang telah menemukan cara untuk menjaga barang-barang rumah tangga lebih awet dan mereka dengan murah hati berbagi tip sederhana namun berharga dengan semua orang di Internet.

Nah, berikut ini kumpulan tips yang sangat berguna yang dapat membantu Anda membuat barang sehari-hari bertahan lebih lama dari yang diharapkan dilansir dari Brightside, Rabu (25/5/2022).

1. Tambahkan garam ke lilin Anda untuk memperpanjang waktu pembakaran 

Meski terdengar aneh, menambahkan sedikit garam ke lilin hangat setelah meniup lilin dapat memperlambat proses pembakaran. Oleskan sejumput garam secara merata, gunakan tusuk gigi atau sumpit untuk mengaduknya, dan lilin favorit Anda akan menyala lebih lama saat Anda menggunakannya lagi.

2. Remas gulungan tisu toilet agar lebih awet digunakan

Menekan kertas toilet atau gulungan tisu akan membuatnya berbentuk oval, sehingga lebih sulit untuk diputar. Dengan gulungan normal berbentuk lingkaran, banyak tisu mudah ditarik sekaligus, dan orang-orang biasanya tidak menggulung kembali sisa kertas.

Berpura-puralah bahwa itu adalah gulungan kertas terakhir Anda dapat membuat Anda lebih sadar tentang seberapa banyak tisu yang Anda gunakan.

3. Perpanjang umur simpan spons Anda dengan tidak menyeka permukaan yang bersentuhan dengan daging mentah

Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa spons yang digunakan untuk membersihkan permukaan yang bersentuhan dengan daging mentah harus dibuang. Ini tidak berarti bahwa Anda harus membeli spons baru setiap kali Anda membersihkan kotoran seperti itu. Sebagai gantinya, gunakan semprotan antibakteri dan handuk kertas untuk menyeka talenan.

Ini akan membuat Anda aman dari kuman mematikan dan membantu memperpanjang umur simpan spons dapur Anda. Alih-alih membiarkan spons Anda di dasar wastafel, beli salah satu tempat spons yang menggantung di atas permukaan sehingga spons bisa kering sepanjang waktu. Kelembaban “menggerogoti” spons, jadi menjaganya tetap kering adalah kunci untuk membuatnya bertahan lebih lama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

4. Membumbui wajan anti lengket dapat membuatnya bertahan selama bertahun-tahun

Sebagian besar resep lezat membutuhkan minyak, tetapi menggunakan minyak juga dapat memberikan efek positif pada panci dan wajan anti lengket Anda. Minyak akan membantu mengisi celah kecil atau pori-pori di wajan, membuat permukaan benar-benar halus dan rata. Berikut cara melakukannya:

  • Cuci panci dengan air sabun hangat.
  • Bersihkan secara menyeluruh dengan handuk kertas atau kain dapur.
  • Tambahkan satu sendok makan minyak dan gosok bagian bawah dan tepi wajan.
  • Panaskan selama sekitar 60 detik.
  • Angkat panci dari api dan biarkan dingin.
  • Bersihkan minyak berlebih.
  • Sekarang panci Anda siap untuk terkena suhu tinggi tanpa rusak.

5. Goyangkan handuk Anda setelah dicuci agar tetap mengembang

Setelah selesai mencuci handuk, kibaskan sebelum melipat dan menyimpannya. Ini meningkatkan daya serap, menjaga seratnya tetap halus, memberi kesan mewah, dan membuatnya bertahan lebih lama dari yang direncanakan.

Hindari mencuci terlalu banyak handuk sekaligus. Sebaliknya, urutkan ke dalam kelompok berdasarkan warna, ukuran, dan seberapa kotornya. Ini akan menciptakan lebih banyak ruang dan memungkinkan handuk Anda untuk membilas dengan benar, tanpa ada kuman atau kotoran yang tertinggal di kain, yang akan memperpanjang umur handuk Anda.

3 dari 3 halaman

Tips selanjutnya

6. Agar tepung tetap segar selama berbulan-bulan, simpan di dalam freezer

Tepung bukanlah salah satu bahan makanan yang memiliki umur simpan yang lama, tetapi untuk membuat tepung Anda tetap super segar, tidak cukup hanya menyimpannya di dapur yang sejuk dan kering.

Cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan menempatkan tepung dalam kantong atau wadah kedap udara dan menyimpannya di lemari es atau freezer.

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah membeli sekantong tepung baru adalah memasukkannya ke dalam freezer dan menyimpannya di sana selama 2 hari. Suhu dingin akan membunuh kuman yang mungkin sudah ada di tepung saat Anda membelinya.

7. Jangan menyimpan pisau cukur Anda di kamar mandi jika tak ingin berkarat

Menurut para ahli, lingkungan yang lembab dan hangat adalah tempat terburuk untuk menyimpan pisau cukur Anda. Tidak hanya dapat membuat pisau cukur berkarat, tetapi juga dapat menyebabkan ruam dan masalah kulit.

Jadi untuk membuat pisau cukur Anda bertahan lebih lama, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan pisau cukur Anda setelah digunakan dan simpan di tempat yang kering di luar kamar mandi.