Sukses

Menguras Air Mata, 8 K-drama yang Bisa Bikin Anda Menangis Tersedu-sedu

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu memiliki hari di mana ia ingin menangis. Alasannya pun sangat beragam, bahkan rasa bahagia terkadang juga membutuhkan sebuah tangisan dan air mata.

Selain menghilangkan stres, menangis dapat berfungsi sebagai ventilasi emosi yang terpendam serta membantu menyalurkan pikiran Anda. Saat Anda ingin menangis tapi terasa sulit, mungkin menonton beberapa drama Korea dengan kisah tragis dan plot twist memilukan bisa menjadi solusi.

Melansir dari Kbizoom, Jumat (20/5/2022), berikut daftar K-drama yang menampilkan kesedihan, kesepian, tragedi dan rasa bersalah yang intens.

1. Come And Hug Me (Jang Ki Yong-Jin Ki Joo)

Come And Hug Memenggambarkan romansa memilukan antara seorang pria. Diketahui bahwa ayahnya membuhuh orang tua dari wanita yang ia cintai. Koneksi mereka menjadi sangat rumit sehingga membuat mereka berdua berpisah.

Tetapi siapa sangka takdir berkata lain. Mereka akhirnya bertemu lagi dengan perasaan rindu yang terhalang oleh ketidakberdayaan. Setiap episode Come And Hug Me akan membuat Anda bergelimang air mata.

2. Angel’s Last Mission: Love (Shin Hye Sun-L)

Malaikat yang baik dan penuh harapan bertemu dengan seorang balerina yang buta tanpa emosi. Dalam serial Angel’s Last Mission: Love, mereka berdua akhirnya jatuh cinta tetapi dengan romansa yang indah namun menyedihkan. Sebab manusia dan malaikat tidak seharusnya saling mencintai. 

Pastikan nonton serial ini hingga episode akhir, karena Anda akan melihat akhir cerita yang tidak akan mengecewakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

3. Queen for Seven Days (Park Min Young-Yeon Woo Jin)

Queen dor Seven Days menjadi sebuah karya paling sedih dan langka bagi karir aktris cantik Park Min Young.

Queen for Seven Days menceritakan kisah seorang wanita bangsawan yang terjebak dalam konspirasi, diturunkan dari posisinya dan diusir dari istana setelah 7 hari penobatan dirinya sebagai seorang ratu.

Kisah cinta karakter Park Min Young dan Yeon Woo Jin memang indah, namun mengalami pasang surut yang memisahkan mereka dari kebahagiaan.

4. Hymn Of Death (Lee Jong Suk-Shin Hye Sun)

Dengan hanya 6 episode, Hymn Of Death adalah kisah cinta menyertakan air mata yang begitu menghancurkan hati. 

Menceritakan sebuah kisah cinta antara dramawan patriotik dengan penyanyi sopran wanita. Kisah mereka berakhir dengan tragis bagaikan kisah Romeo and Juliete, mereka berdua memilih untuk mati bersama pada akhir cerita.

Mereka mengakhiri hidup bersama karena tidak sanggup harus hidup berpisah.

3 dari 6 halaman

5. The Red Sleeve (Junho-lee Se Young)

Didaptasi dari novel dengan judul yang sama. The Red Sleeve menceritakan kisah cinta antara raja besar Lee San dan seorang pelayan istana yang cerdas dan berkemauan keras.

Cinta mereka melewati banyak kesulitan. Meskipun akhirnya mereka menikah, pelayan istana itu harus siap menerima status barunya menjadi seorang selir kerajaan yang hidupnya terbatas. Bahkan untuk menhadiri upacara kemarian anaknya saja, ia tidak bisa.

Sang raja pun menyesali keegoisan cintanya, hingga membawa kemalangan bagi orang yang paling ia cintai.

6. Snowdrop (Jung Hae In-Jisoo)

Romansa antara mahasiswa muda dengan mata-mata asal Korea Utara sangat puitis dan suram. Melalui berbagai manipulasi, tipu daya dan ancaman mereka belajar untuk saling mencintai dan membenci secara mendalam. 

Pada akhirnya, Soo Ho pria mata-mata tersebut mati terbunuh sebelum bisa mengungkapkan rasa cintanya. Ia meninggalkan Young Ro sendirian dengan banyak penderitaan dan pertanyaan.

4 dari 6 halaman

7. Mr. Sunshine (Lee Byung Hun-Kim Tae Ri)

Latar belakang drama ini menggambarkan sebelum kolonialisme Jepang pada awal tahun 1800-an sampai akhir 1900-an di Hanseong (sekarang Seoul).

Mr. Sunshine mengisahkan tentang kisah cinta masa perang yang membuat Anda menangis, yaitu seorang anak laki-laki dari Jeseon yang menderita dan tidak bahagia dari masa kecil. Ia harus mengembara ke Amerika setelah inseden Shinmiyangyo tahun 1871. 

Sekembalinya ke rumah, ia bertemu dengan putri bangsawan yang mandiri dan kuat. Di tengah gejolak era politik, keduanya berbagi cinta yang halus dan mendalam.

Sayangnya, kisah mereka berakhir dengan sedih karena harus berpisah.

8. Youth Of May (Lee Do Hyun-Go Min Si)

Latar belakang drama terjadi pada Mei 1980 di Gwangju. Saat itu adalah masa di mana mahasiswa memberontak melawan pemerintah yang korup. Banyak nyawa yang hilang selama pemberontakan tersebut.

Di balik itu semua, ada kisah cinta yang tumbuh antara seorang siswa sekolah kedokteran yang menawan dan brilian dengan seorang perawat wanita yang sangat mandiri.

Singkat cerita, kedua sejoli ini terperangkap dalam politik yang kejam. Hingga Hwang Hee Tae (mahasiswa kedokteran) harus kehilangan nyawa wanita yang ia cintai, Kim Myung Hee.

Intensitas dan gairah romansa inilah yang benar-benar membangun cerita hingga membuat drama ini sangat menguras air mata.

5 dari 6 halaman

5 Manfaat Menangis yang Tak Banyak Orang Ketahui

Menangis mungkin bukan hobi favorit kita, tetapi jika kita membiarkannya keluar dari waktu ke waktu, kita sebenarnya bisa mendapatkan lebih banyak manfaat daripada hanya dengan menahan untuk menangis. 

Dengan meneteskan air mata, kita tidak akan menunjukkan sisi yang lebih lemah, kita sebenarnya membantu mata dan seluruh tubuh kita dengan berbagai cara. Bahkan, dalam beberapa situasi, menangis bisa membantu kita tertidur lebih cepat.

Ya, mungkin banyak yang belum tahu bahwa menangis bisa memberikan beberapa manfaat bagi tubuh. Dilansir dari Brightside.

1. Dapat memperbaiki penglihatan Anda

Saat kita tidak sempat minum cukup air di hari yang sibuk, biasanya kita merasa haus dan mungkin sedikit dehidrasi.

Nah, mata kita tidak berbeda karena mereka juga perlu tetap terhidrasi dan mendapatkan air. Jadi, ketika kita menangis, kita sebenarnya membantu mata kita terhidrasi kembali dan ini dapat meningkatkan fokus kita dan memperbaiki penglihatan.

Selain itu, setiap hari mata kita terpapar banyak debu, dan kotoran yang semuanya dapat dengan mudah mengiritasi mata kita. Padahal, hal itu berpotensi membahayakan dan bahkan memperburuk penglihatan kita. Menangis akan membantu membersihkannya dan menghilangkan iritasi, tetapi bagian terbaiknya adalah air mata mengandung lisozim. Ini adalah bahan kimia anti-bakteri yang membantu mata melawan infeksi.

2. Menangis bisa membersihkan hidung

Saluran air mata kita terhubung dengan bagian dalam hidung kita. Inilah sebabnya mengapa hidung kita menjadi berair ketika kita menangis. Tapi inilah manfaat yang akan Anda dapatkan. Ini mengeluarkan iritasi dan bakteri dari hidung kita, seperti halnya dengan mata kita.

6 dari 6 halaman

Manfaat menangis selanjutnya

 

3. Menangis dapat membantu Anda pulih secara emosional 

Menangis tidak hanya terjadi saat kita merasa sedih. Beberapa orang bahkan menangis ketika mereka stres, takut, atau sangat bahagia.

Para peneliti percaya bahwa menangis dengan cara yang berbeda ini dapat membantu kita memulihkan keseimbangan emosional kita. Ketika kita menangis karena sangat takut atau bahagia, itu adalah cara bagi tubuh untuk pulih dari emosi yang kuat.

Air mata emosional adalah yang memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan. Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi hal ini, diyakini bahwa mereka mengandung hormon stres dan racun lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa menangis mengeluarkan hal-hal ini dari tubuh kita.

4. Menangis membantu Anda tertidur lebih cepat

Kita cenderung merasa lebih baik secara umum setelah menangis, dan ada alasan untuk itu. Karena menangis mengeluarkan hormon dan racun dalam tubuh kita, itu juga menurunkan tingkat stres.

Ini membantu kita mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan menurunkan kemungkinan penambahan berat badan. Selain itu, karena kita akan merasa kurang stres, tekanan darah kita juga bisa turun dan membantu kita tertidur lebih cepat.

5. Menangis membantu Anda menghilangkan rasa sakit

Selain untuk menenangkan diri, menangis membantu melepaskan endorfin dan oksitosin. Ini adalah bahan kimia yang sama yang membuat orang merasa baik, yang dapat membantu seseorang menanggung rasa sakit emosional dan fisik. Itulah mengapa meneteskan sedikit air mata sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi rasa sakit.