Sukses

Jangan Abai, 4 Gejala Serangan Jantung Datang Diam-Diam

Liputan6.com, Jakarta - Serangan jantung disebut ‘diam’ ketika terjadi dengan gejala atau tanda ringan atau tanpa gejala yang bisa dengan mudah diabaikan atau disalahartikan sebagai penyakit lain.

Ini terjadi ketika jantungmu tidak menerima oksigen yang cukup. Mengingat pembentukan plak di arteri Anda atau kerusakan lain yang disebabkan karena tekanan darah tinggi, aliran darah bisa terputus sebagian atau seluruhnya, yang menyebabkan serangan jantung.

Karena serangan jantung diam-diam bisa tidak diketahui, akan ada lebih banyak kerusakan daripada yang bisa Anda bayangkan, itulah sebabnya penting untuk mengetahui tanda awal serangan jantung, untuk menerima perawatan yang diperlukan.

Berikut beberapa gejala serangan jantung yang datang diam-diam, seperti melansir dari Times of India, Rabu (18/4/2022).

1. Nyeri dada dan ketidaknyamanan

Anda mengalami nyeri dada karena beberapa alasan. Namun, nyeri dada dan ketidaknyamanan bisa menjadi tanda peringatan serangan jantung.

Menurut Pusat Pengadilan dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), sebagian besar serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan di bagian tengah atau kiri dada yang berlangsung selama lebih dari beberapa menit atau yang hilang dan muncul kembali.

Badan kesehatan menggambarkan perasaan itu sebagai tekanan yang tidak nyaman, perasan, kepenuhan, atau rasa sakit.

2. Masalah gastrointestinal termasuk mual dan mulas

Para ahli percaya masalah pencernaan seperti sakit perut, gangguan pencernaan, mulas dan mual bisa menjadi tanda awal serangan jantung.

Sakit perut bisa timbul di bagian tengah perut bagian atas dan biasanya terasa berat bukan tajam atau merusak. Rasa sakit seperti itu bertahan selama lebih dari beberapa menit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gejala selanjutnya

3. Pusing

Dari paparan berlebih, panas, stres hingga ketegangan mata, leher atau punggung, banyak faktor yang bisa menyebabkan pusing atau kepala terasa ringan.

Namun, perasaan pusing juga menjadi tanda peringatan dini serangan jantung, terutama pada wanita.

Gejala ini juga bisa muncul dengan keringat dingin, sesak dada atau sesak napas dan beberapa individu bahkan pingsan atau kehilangan kesadaran, yaitu ketika seseorang harus segera meminta bantuan medis.

4. Nyeri yang menjalar ke bagian tubuh lain termasuk lengan dan rahang

Tanda-tanda peringatan serangan jantung tidak hanya terbatas pada bagian tubuh tertentu saja, melainkan bisa menyebar dan memancar ke seluruh tubuh.

Tanda klasik serangan jantung adalah rasa sakit yang menyebar ke lengan, terutama di sisi kiri tubuh. Biasanya dimulai dari dada dan bergerak ke luar menuju lengan dan rahang. Area nyeri lainnya termasuk leher, punggung dan perut.

3 dari 4 halaman

Gejala serangan jantung yang umum dialami wanita

Menurut dokter, ada beberapa gejala serangan jantung yang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Wanita umumnya mengalami sesak napas, pusing, dan nyeri punggung bagian atas sebelum serangan jantung

Serangan jantung dapat muncul dengan sendirinya dalam berbagai cara, terutama sebagai ketidaknyamanan di dada yang bisa datang secara bergelombang. Tetapi para ahli medis menunjukkan bahwa wanita lebih mungkin mengalami gejala berbeda yang sering tidak disadari karena kurangnya kesadaran.

"Meskipun pria dan wanita dapat mengalami tekanan dada yang terasa seperti gajah duduk di dada, wanita dapat mengalami serangan jantung tanpa tekanan dada," ujar Nieca Goldberg, MD, direktur medis untuk Joan H. Tisch Center for Women's Health di NYU's Langone Medical Center, kepada American Heart Association (AHA).

"Sebaliknya, mereka mungkin mengalami sesak napas, tekanan atau nyeri di dada bagian bawah atau perut bagian atas, pusing, pusing atau pingsan, tekanan punggung atas, atau kelelahan yang ekstrem."

Menurut AHA, gejala awal umum lainnya dari serangan jantung pada wanita termasuk mual atau muntah dan nyeri rahang.

4 dari 4 halaman

Beberapa wanita salah mengira tanda-tanda serangan jantung sebagai penyakit lain

Meskipun beberapa wanita dapat merasakan serangan jantung datang, Goldberg mengatakan bahwa banyak yang sering menganggap gejalanya akibat flu atau proses penuaan. Dalam banyak kasus, beberapa tidak percaya bahwa mereka benar-benar mengalami keadaan darurat medis.

Dan sementara itu mungkin tampak lebih halus daripada nyeri dada atau tekanan, Goldberg mengatakan masih penting untuk menyadari apa yang dikatakan tubuh Anda kepada Anda. Dia menjelaskan sesuatu yang sederhana seperti merasa sesak napas, "seolah-olah Anda berlari maraton, tetapi Anda belum bergerak," dapat dengan mudah diabaikan dalam beberapa kasus.

Wanita lain yang mengalami serangan jantung menggambarkan tekanan punggung atas yang "terasa seperti diremas atau diikat dengan tali." Tetapi selain menyadari bahwa Anda mungkin mengalami serangan jantung, mencari perhatian medis sesegera mungkin juga sama pentingnya.

"Banyak wanita yang saya lihat meminum aspirin jika mereka mengira mereka mengalami serangan jantung dan tidak pernah menelepon 911," kata Goldberg. "Tetapi jika mereka berpikir untuk meminum aspirin untuk serangan jantung mereka, mereka juga harus menelepon 911."