Sukses

Profil Bilqis Prasista, Ternyata Anak dari Legenda Bulu Tangkis Joko Suprianto

Liputan6.com, Jakarta -

Tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista, berhasil membuat kejutan dalam pertandingan Piala Uber 2022. Saat tanding melawan Jepang di penyisihan grup A, Bilqis berhasil kalahkan wakil Jepang, Akane Yamaguchi.

Tak main-main, Akane merupakan tunggal putri nomor satu dunia. Pada laga yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Rabu (11/5/2022), Bilqis Prasista berhasil mengungguli Akane dengan skor 21-19, 21-19. Kemenangan ini sekaligus jadi poin pertama bagi Indonesia saat bertemu Jepang di Piala Uber 2022.

Tentu saja kemenangan ini menjadi sorotan khususnya bagi pecinta bulu tangkis di Tanah Air. Pasalnya Bilqis sendiri saat ini merupakan pemain berperingkat 333 dunia. Dengan kemenangannya, Indonesia berhasil mendapatkan poin pertama dalam babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022 yang digelar di Bangkok.

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak," ujar Balqis dikutip dari keterangan resmi PBSI.

Bilqis pun membocorkan strategi yang diterapkan saat pertandingan ini adalah membuat Akane terus berlari, sembari ia juga tetap bertahan dan semangat. Di samping itu, ia juga menyatakan bermain tanpa beban, karena ia merasa tidak ada yang tidak mungkin.

"Orang tua juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa," tuturnya.

Kini sosok Bilqis pun sedang menjadi sorotan. Namanya bahkan menjadi trending nomor satu di Twitter. Profil Bilqis Prasista pun mulai banyak membuat orang penasaran.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Profil Bilqis Prasista

Dirangkum Citizen6 Liputan6.com dari berbagai sumber, diketahui bahwa Bilqis rupanya merupakan anak dari pasangan pebulu tangkis legendaris Indonesia. Gadis 19 tahun ini diketahui lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003 dan merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Joko Suprianto sendiri merupakan seorang mantan pemain pelatnas di era 90an. Salah satu prestasi tertingginya yaitu menjadi juara dunia 1993 pada cabang tunggal putra. Sementara sang ibu sendiri, Zelin Resiana, juga aktif di awal 90-an dan bergabung ke dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis pun rupanya memiliki saudara kembar bernama Bilqis Pratista. Bilqis dan saudara kembarnya sama-sama bermain bulu tangkis dan bergabung dengan klub PB Djarum pada 2018. 

Namun, saat ini baru Bilqis Prasista yang berhasil menembus pelatnas PBSI. Bilqis bergabung dengan PBSI pada 2020 silam. Dia pun berhasil menyita perhatian tim pelatih PBSI usai menjuarai beberapa kompetisi bergengsi. 

3 dari 3 halaman

Kerap menjuarai beberapa kompetisi bergengsi

Kejuaraan tersebut meliputi, Juara Jakarta Junior International Series 2019 (U17), Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner up Denmark Junior.

Prestasi Bilqis yang juga membuatnya semakin dikenal pecinta bulu tangkis yakni saat menjadi bagian tim Indonesia yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022. Terbaru, Bilqis juga dikabarkan menjadi bagian dari tim Indonesia yang berjuang pada Thomas dan Uber Cup 2022 di Thailand dan selalu berhasil menyumbang angka untuk Indonesia.

Sementara itu, penampilan Bilqis di Piala Uber 2022 memang cukup mencuri perhatian. Dia selalu menang setiap kali dipercaya tampil oleh tim pelatih. Di laga perdana melawan Prancis, Bilqis Prasista sukses menumbangkan Yaelle Hoyaux. Saat itu, Bilqis meraih kemenangan 17-21, 21-14, 21-18.

Sementar di laga kedua, Jerman, Bilqis juga meraih kemenangan, melawan Florentine Schoffski. Dalam laga ini, Bilqis meraih kemenangan dengan skor akhir 21-12, 12-21, 21-7.