Sukses

7 Cara Berhenti Mencintai Seseorang yang Tidak Mencintaimu Balik

Liputan6.com, Jakarta Jatuh cinta dengan seseorang yang tidak dapat Anda miliki dapat secara serius memengaruhi harga diri dan kepercayaan diri Anda. Anda merasa tidak bahagia, tidak puas dengan diri sendiri, dan bahkan Depresi. Jelas, Anda harus menyingkirkan perasaan ini sesegera mungkin.

Mungkin Anda butuh bantuan atas apa yang harus dilakukan untuk melupakan cinta tak berbalas Anda dan mulai menjalani hidup baru? Berikut ini beberapa tips yang akan membantu Anda melupakan rasa sakit Anda setelah patah hati. Dihimpun dari Brightside, ini dia.

1. Terima kenyataan bahwa dia tidak membutuhkanmu

Jika suatu hari Anda berpikir bahwa orang yang Anda cintai membalas cinta Anda tetapi di hari lain dia menghilang selama seminggu, itu berarti pasti tidak ada cinta di sana. Cobalah untuk melihat cinta Anda dari perspektif yang berbeda.

Apakah itu terlihat seperti romansa klasik? Jika Anda dapat mengakui bahwa kekasih Anda tidak membalas cinta Anda, Anda berada di jalan yang benar.

Lain kali Anda ingin bertemu orang ini atau meneleponnya, pikirkan saja bagaimana perasaan ia biasanya tentang Anda. Ketika Anda menunjukkan betapa Anda peduli padanya, yang dia rasakan terhadap Anda hanyalah sikap merendahkan.

Apakah Anda ingin menjadi budak yang merangkak di sekitar kaki tuan Anda? Lebih baik melakukan sesuatu yang lebih menyenangkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

2 dari 5 halaman

2. Alihkan perhatian Anda

Keluar dari akal pikiran. Ini harus menjadi moto Anda jika Anda ingin melupakan cinta tak berbalas Anda. Tinggal sejauh mungkin dari kekasih Anda.

Jika bisa, pilihan terbaik bagi Anda adalah melakukan perjalanan jauh di mana Anda tidak akan dapat terhubung ke internet (berhenti memeriksa semua akun media sosialnya).

Jika Anda tidak dapat menghindari bertemu orang ini sepenuhnya, cobalah untuk menjauhkan pikiran Anda darinya. Meskipun orang yang Anda cintai berada di ruangan yang sama dengan Anda, bukan berarti Anda harus selalu memikirkannya.

Putar aliran pikiran Anda ke arah lain. Pikirkan impian dan keinginan pribadi Anda, bukan kebahagiaan dalam hubungan Anda.

3. Berolahragalah

Ada banyak cara untuk mengembalikan keseimbangan emosional Anda. Yang paling efektif adalah latihan fisik. Mereka dapat membantu Anda menyingkirkan negativitas Anda. Mulailah jogging setiap pagi atau pergi ke kelas kebugaran. Pergi ke gym atau ke kolam renang. Pelajari cara menunggang kuda — Anda pasti akan mendapatkan banyak emosi positif dari komunikasi dengan hewan.

Jika Anda ingin menggabungkan olahraga dan seni, mulailah menari. Putar lagu favorit Anda, dan menarilah selama Anda bisa bergerak. Pergi ke studio tari, dan pelajari cara menari tango atau rumba. Anda akan bersenang-senang dan menjadi bugar pada saat yang bersamaan.

 

3 dari 5 halaman

4. Temukan seseorang dengan masalah yang sama

Anda bukan satu-satunya orang yang memiliki masalah hubungan. Banyak orang telah mengalami sakitnya cinta tak berbalas, dan mereka berhasil melewatinya. Beri tahu orang-orang terdekat tentang perasaan Anda. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka bertahan dan apa yang mereka lakukan untuk melepaskan rasa sakit. Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah mendengar kata-kata sederhana seperti, "Seberapa baik saya memahami Anda."

Tapi jangan membuat kesalahan umum dengan mulai mendapatkan kesenangan dari memikirkan topik ini. Jika tidak, Anda akan terus-menerus memikirkan satu orang dan tidak akan melupakannya sama sekali. Anda hanya perlu beberapa pembicaraan yang baik untuk merasa lebih baik.

Jika Anda tidak ingin berbicara dengan siapa pun tentang masalah pribadi Anda, beralihlah ke seni. Tema cinta tak berbalas sangat populer, dan mudah untuk menemukan banyak buku dan film yang akan membantu Anda melupakan seseorang.

 

4 dari 5 halaman

5. Tinggalkan mimpi ini di belakangmu

Jangan memanjakan diri Anda dengan mimpi-mimpi tanpa harapan. Tidak ada yang lebih menghancurkan daripada menunggu seseorang untuk mencintaimu kembali.

Jika seseorang tidak membalas cinta Anda, dia dapat menemukan seribu alasan untuk tidak menghabiskan waktu bersama Anda. Bayangkan saja diri Anda dalam situasi berikut: jika Anda tidak ingin pergi ke pesta atau kencan, bagaimana biasanya Anda bertindak? 

6. Jangan marah

Kegagalan cinta adalah bagian dari kehidupan. Jika ada sesuatu yang bertentangan dengan rencana Anda, Anda tidak boleh mulai membenci diri sendiri atau semua perwakilan lawan jenis. Percayalah bahwa Anda akan melihat akhir bahagia Anda sendiri. Dan jangan berharap nasib buruk pada orang yang Anda cintai — mereka tidak harus berkorban untuk kebahagiaan Anda.

Tempatkan diri Anda pada posisi orang ini: apakah Anda siap menjalani seluruh hidup Anda dengan seseorang yang hanya membuat Anda kasihan? Lebih baik memikirkan semua kenangan indah yang Anda miliki bersama dan melanjutkan dengan senyum di wajah Anda.

 

5 dari 5 halaman

7. Jaga dirimu

Ketika Anda tenggelam dalam pikiran gelap Anda, Anda biasanya mulai mengabaikan diri sendiri. Bahkan jika Anda tidak merasakan apa-apa selain rasa sakit, bahkan jika Anda tidak dapat melakukan apa-apa, jagalah penampilan dan kesehatan Anda.

Mandi air hangat dengan garam. Buatlah secangkir teh herbal yang lezat, dan minumlah dengan senang hati. Pergi berbelanja, dan membeli baju baru. Ubah gaya rambut Anda.

Jangan berpikir untuk mulai merokok atau minum. Jangan membuat keputusan atau tindakan gegabah, terutama jika itu berbahaya bagi kesehatan atau kehidupan Anda. Anda mungkin ingin menyibukkan diri dengan penghancuran diri dan berharap orang yang Anda cintai akan melihat dan memahami rasa sakit Anda — tetapi mereka tidak mau. Dan Anda hanya akan mendapatkan saraf yang rusak.