Sukses

Studi: Anak-Anak Habiskan Lebih dari Sepertiga Hari Melihat Layar dan Hanya 40 Menit di Luar Ruangan

Kebiasaan melihat layar terlalu banyak berpengaruh terhadap rabun jauh yang diderita sejak dini

Liputan6.com, Jakarta Rata-rata anak menghabiskan lebih dari empat setengah jam per hari pada perangkat listrik - dan hanya 40 menit di luar. Demikian menurut sebuah survei. Artinya, berdasarkan 12 jam sehari, anak-anak menghabiskan lebih dari sepertiga waktunya untuk melihat layar, dan hanya 6% di luar.

Penelitian terhadap 1.500 orang tua, dari anak-anak berusia enam hingga 16 tahun, menemukan bahwa 63% terkadang merasa sulit untuk membawa anak mereka keluar rumah, dengan lebih dari dua dari sepuluh (22%) merasa "sedih" ketika anak mereka menginginkan bermain gawai yang konstan.

Dan lebih dari dua pertiga (68%) percaya bahwa anak-anak mereka “kecanduan layar”, dengan tujuh dari 10 ingin anak-anak mereka lebih sering keluar.

Namun jajak pendapat, yang dilakukan oleh perusahaan perawatan penglihatan HOYA Lens UK dan Irlandia, menemukan 59% orang tua tidak menyadari bahwa waktu yang dihabiskan di luar ruangan sebenarnya dapat menunda timbulnya miopi (rabun jauh) pada anak muda.

Profesor Kathryn J Saunders, kepala divisi optometri di Universitas Ulster, mengatakan: “Berjuang untuk mendamaikan manfaat perangkat digital untuk pembelajaran, melawan kekhawatiran anak-anak menjadi 'kecanduan layar', adalah masalah yang saya duga mempengaruhi sebagian besar orang tua."

“Kami tahu dari studi penelitian di seluruh dunia tentang lingkungan di mana anak-anak kecil tumbuh."

“Perilaku yang mereka lakukan adalah mempromosikan rabun jauh (miopia) dan mendorong rabun jauh terjadi pada usia yang lebih dini dibandingkan generasi sebelumnya, baik di sini di Inggris, maupun di negara lain tempat penelitian telah dilakukan."

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan antara rabun jauh dan sedikitnya waktu bermain di luar

“Para peneliti juga telah membuktikan hubungan yang jelas antara rabun jauh dan menghabiskan lebih sedikit waktu di luar rumah di masa kanak-kanak."

“Membawa anak-anak keluar lebih teratur, atau untuk waktu yang lebih lama, pada siang hari adalah cara terbaik bagi orang tua untuk mempromosikan “diet visual yang sehat”.

“Tidak hanya anak-anak akan berada di luar, lingkungan yang telah terbukti menunda timbulnya rabun jauh, tetapi ini juga akan menjauhkan mereka dari berada di depan layar adiktif yang sangat dikhawatirkan orang tua.”

Jajak pendapat tersebut juga mengungkapkan tujuh dari sepuluh orang tua percaya bahwa peningkatan penggunaan teknologi ini akan tetap ada, dengan rata-rata anak berusia enam hingga 16 tahun menghabiskan lebih dari dua jam sehari lebih banyak di dalam daripada yang mereka lakukan sebelum pandemi.

Hampir dua pertiga (63%) khawatir tentang berapa lama anak mereka menghabiskan waktu terkurung di dalam ruangan, dengan tiga perempat (75%) mengakui bahwa mereka sadar untuk melindungi penglihatan anak mereka.

 

3 dari 4 halaman

Banyak orang tua sulit membatasi waktu layar

Survei yang dilakukan oleh OnePoll selanjutnya mengungkapkan 90% orang tua mencoba membatasi screentime, tetapi setengahnya (49%) merasa sulit untuk melakukannya.

Meskipun demikian, tujuh dari 10 percaya ada banyak manfaat teknologi bagi anak-anak mereka - termasuk pendidikan, tetap berhubungan dengan teman dan keluarga, dan untuk kreativitas mereka.

Temuan ini muncul setelah penelitian terpisah menemukan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan dan di depan layar karena pembatasan Covid mungkin juga berdampak pada penglihatan anak-anak.

Studi ini dilakukan terhadap lebih dari 120.000 anak di China dan menunjukkan bahwa kurungan di rumah selama pandemi COVID-19 tampaknya dikaitkan dengan peningkatan prevalensi rabun jauh (miopia) untuk anak-anak berusia enam hingga delapan tahun.

Andrew Sanders, direktur layanan profesional di HOYA Lens UK dan Irlandia, yang telah menciptakan lensa MiYOSMART untuk membantu mengurangi perkembangan miopia, mengatakan: “Survei kami dengan jelas menunjukkan bahwa mayoritas orang tua tidak menyadari bahwa waktu yang dihabiskan di luar ruangan dapat menunda timbulnya miopia (rabun jauh) pada anak-anak."

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya informasi terkait rabun jauh

“Dengan perkiraan lima miliar orang, atau setengah dari populasi global, berpotensi terkena rabun jauh pada tahun 2050, sangat penting bagi orang tua untuk didukung dengan informasi yang mereka butuhkan untuk memahami manfaat penting membantu anak-anak mereka mencapai diet visual yang sehat."

“Untuk membantu orang tua memahami seperti apa pola makan visual yang sehat, dan bagaimana menemukan potensi masalah penglihatan pada anak-anak mereka, kami telah mengumpulkan pusat informasi di situs web kami."

“Orang tua juga dapat menghubungi dokter mata lokal untuk memberikan saran tentang berapa banyak waktu layar yang direkomendasikan, serta manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan dan solusi.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.