Sukses

8 Makanan dan Minuman Ini Ampuh Mengatasi Asam Lambung

Berikut ini deretan makanan dan minuman yang dapat membantu meringankan gejala asam lambung yang Anda derita,

Liputan6.com, Jakarta - Asam lambung menjadi salah satu masalah pencernaan yang dialami banyak individu. Asam lambung atau refluks asam terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. 

Ketika ini terjadi, Anda mungkin merasakan sensasi terbakar di dada yang bisa berpindah ke tenggorokan Anda. Jika Anda mengalami refluks asam lebih dari dua kali seminggu, Anda mungkin memiliki kondisi yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal atau GERD, suatu kondisi yang mempengaruhi sekitar 20% individu di Amerika Serikat.

Gejala asam lambung meliputi perasaan terbakar yang tidak nyaman di dada Anda yang mungkin naik ke tenggorokan Anda, rasa asam di belakang mulut Anda, Anda mungkin memuntahkan sebagian isi perut Anda ke dalam mulut Anda, Jika Anda memiliki penyakit refluks gastroesofageal Anda mungkin merasa sulit untuk menelan atau bernapas.

Sementara banyak makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam atau asam lambung, namun ada juga beberapa yang justru dapat membantu meringankan gejala asam lambung yang Anda derita, dilansir dari Medicinenet, Selasa (22/3/2022), berikut rangkumannya:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Oatmeal dan Gandum Utuh

Oat dan biji-bijian lainnya, seperti roti gandum dan beras merah, penuh dengan serat sehat yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Biji-bijian utuh juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat mengurangi risiko makan berlebihan.

3 dari 10 halaman

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Banyak orang juga menggunakannya untuk meredakan sakit perut dan gangguan pencernaan.

4 dari 10 halaman

3. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, dan jenis ikan tertentu, lebih rendah lemaknya daripada jenis daging lainnya dan dapat membantu mengurangi gejala asam lambung. Tahu juga merupakan sumber protein rendah lemak yang sangat baik.

5 dari 10 halaman

4. Sayuran

Sayuran, terutama yang hijau seperti brokoli, kacang hijau, asparagus, dan sayuran hijau lain, dapat membantu menurunkan asam lambung yang dapat membantu refluks asam. Mereka rendah faktor yang dapat memicu gejala asam lambung, termasuk lemak dan gula.

6 dari 10 halaman

5. Buah Non-citrus

Jeruk dan buah asam lainnya dapat memicu refluks asam. Buah-buahan non-citrus tertentu seperti pisang dan melon dapat membantu meringankan gejala asam lambung Anda.

Pisang melapisi lapisan kerongkongan Anda, yang dapat mengurangi iritasi. Melon kaya akan magnesium, mineral yang ditemukan di banyak antasida yang dijual bebas yang membantu menetralkan asam lambung.

7 dari 10 halaman

6. Teh Herbal

Teh hijau dan hitam mengandung kafein, seperti kopi, dapat memicu gejala refluks asam. Beberapa jenis teh herbal, di sisi lain, dapat membantu meringankan ketidaknyamanan akibat asam lambung. Teh ini termasuk chamomile, jahe, dan licorice.

8 dari 10 halaman

7. Susu Berbasis Tumbuhan

Susu sapi berlemak penuh dapat memicu refluks asam. Selain itu, banyak orang mengalami kesulitan mencernanya. Jenis susu non-susu tertentu dapat membantu meredakannya. 

Misalnya, susu almond bersifat basa, sehingga dapat menurunkan keasaman lambung dan meredakan gejala. Susu kedelai lebih rendah lemak daripada susu sapi, menjadikannya alternatif yang lebih baik.

9 dari 10 halaman

8. Air Kelapa

Air kelapa memiliki elektrolit yang dapat meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh Anda yang dapat membantu mengontrol refluks asam.

10 dari 10 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.