Sukses

Wajib Coba, Pancake Gurih Ini Cocok untuk Diet Anda

Jika biasanya pancake dikemas dengan cita rasa manis, pancake jamur bayam ini memiliki rasa gurih yang nikmat untuk sarapan.

Liputan6.com, Jakarta - Mari mencoba sesuatu yang baru untuk sarapan pada libur akhir pekan. Alih-alih mengonsumsi menu sarapan tinggi karbohidrat, cobalah memulai hari Anda dengan porsi sayuran yang lebih banyak. Tentu saja hal ini baik untuk program diet Anda.

Pancake jamur bayam adalah salah satu menu yang wajib untuk dicoba. Jika biasanya pancake dikemas dengan cita rasa manis, pancake jamur bayam ini memiliki rasa gurih yang nikmat untuk sarapan.

Menambahkan sayuran ke dalam pancake ternyata bisa membuat panekuk ini terasa lebih nikmat dan menyehatkan. Cobalah sendiri untuk memasaknya di dapur Anda.

Hanya dalam waktu kurang dari 30 menit, pancake ini bisa dihidangkan untuk keluarga. Penasaran dengan cara membuat jamur bayam ini? Berikut resep dietnya seperti mengutip dari laman BBC, Sabtu (19/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan-bahan

Bahan Pancake

1. 125 gr tepung terigu (jika ada boleh menggunakan tepung gandum soba atau gandum kuda)

2. 1 butir telur berukuran sedang

3. 150 ml susu

4. minyak zaitun

Bahan Topping

1. 1 sendok makan minyak zaitun

2. 1 bawang bombay berukuran kecil, cincang

3. segenggam jamur kancing, iris

4. 2 genggam baby spinach (jika tak ada, bisa menggunakan bayam biasa)

5. 2 sendok makan krim asam (opsional)

6. beberapa tangkai peterseli dan daun bawang, potong-potong

7. garam dan lada hitam

3 dari 4 halaman

Cara Memasak

1. Ayak tepung dan masukkan ke dalam mangkuk, lalu tambahkan sedikit garam. Masukkan susu lalu kocok hingga tercampur rata. Sisihkan.

2. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang bombay hingga layu. Lalu masukkan jamur, masak hingga matang. Jangan lupa tambahkan garam dan lada secukupnya. Masukkan bayam, masak dan aduk terus selama 2 menit atau hingga bayam layu. Sisihkan.

3. Siapkan wajan untuk memasak pancake. Panaskan minyak zaitun lalu tuangkan sesendok penuh adonan pancake lalu ratakan hingga membentuk permukaan yang tipis di wajan. Masak selama 1 menit hingga bagian bawah pancake berwarna cokelat keemasan. Lalu balik dan masak sisi lainnya.

4. Oleskan sedikit krim asam (jika digunakan) ke permukaan pancake yang masih berada dalam wajan. Lalu taburkan tumisan jamur dan bayam ke atas pancake. Jangan lupa berikan pula taburan daun bawang dan peterseli. Angkat dan pindahkan pancake ke piring dengan hati-hati. Anda bisa sedikit melipatnya ke bagian atas saat memindahkan pancake ke piring agar isiannya tak terjatuh.

5. Masak sisa adonan hingga habis.

4 dari 4 halaman

Infografis Mengetahui 6 Jenis Diet yang Populer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.