Sukses

5 Masalah Kesehatan Ini Mengintai Anda Jika Terlalu Sering Pakai Celana Jeans

Memakai jeans secara teratur dan dalam waktu yang lama dapat memengaruhi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Celana jeans telah menjadi tren fashion selama bertahun-tahun dan nampaknya tak akan pernah berakhir. Dan meskipun Anda mungkin merasa terlalu lelah di penghujung hari untuk melepaskan jeans Anda, jangan pernah membiarkan tubuh Anda terus mengenakannya sepanjang hari. 

Faktanya, mengenakan skinny jeans terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang Anda kira.

Dilansir dari Brightside, memakai jeans secara teratur dan dalam waktu yang lama dapat memengaruhi kesehatan. Mungkin banyak orang yang menyepelekan hal ini, tapi kini ada baiknya Anda mengetahui apa yang akan terjadi pada tubuh jika Anda terlalu sering mengenakan celana jeans. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dapat Menyebabkan Kaki Sakit

Meski skinny jeans Anda modis, lebih baik memadukannya dan mengenakan celana yang lebih longgar dan melepasnya segera setelah Anda tiba di rumah. 

Menghabiskan terlalu banyak waktu mengenakan jeans ketat, terutama jika Anda bergerak atau jongkok sepanjang hari, dapat melukai otot dan saraf di kaki Anda. 

Kombinasi skinny jeans dan ikat pinggang yang ketat juga dapat menyebabkan mati rasa, nyeri, dan kesemutan di bagian depan paha Anda. Hal ini merupakan suatu kondisi yang juga dikenal sebagai Skinny Pant Syndrome.

3 dari 6 halaman

2. Dapat Memperlambat Sirkulasi Darah

Jeans favorit Anda mungkin menjadi pakaian yang Anda kenakan untuk segala acara, tetapi jika Anda pernah merasakan kaki yang terasa pegal, lebih baik pilih celana yang lebih nyaman. 

Mengenakan pakaian yang terlalu ketat di sekitar pinggang dapat menurunkan sirkulasi darah dan mempersulit pembuluh darah untuk memompa darah kembali ke jantung dan organ lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Dapat Menyebabkan Masalah pada Perut

Anda mungkin memperhatikan bahwa jeans Anda dapat meninggalkan tonjolan yang dalam dan sensitif di sekitar pinggang Anda jika Anda memakainya terlalu lama. Pakaian ketat yang menekan ke perut sebenarnya dapat menyebabkan refluks asam, salah satu masalah usus paling umum yang diderita banyak orang. 

Dan bahkan jika Anda benar-benar sehat dan tidak terbiasa dengan sakit maag yang menyakitkan, Anda masih memiliki peluang untuk mengalami refluks jika Anda mengenakan pakaian ketat secara teratur selama periode 2 minggu.

5 dari 6 halaman

4. Mempengaruhi Postur Tubuh Anda

Meskipun mengenakan jeans ketat mungkin membuat Anda merasa nyaman, dalam jangka panjang justru bisa membuat postur tubuh Anda bungkuk. Skinny jeans mengganggu keseimbangan yang sehat antara punggung bawah dan pinggul, dan karena dapat menyebabkan fleksi punggung bawah yang berlebihan, jeans dapat meningkatkan tekanan pada cakram tulang belakang Anda.

6 dari 6 halaman

5. Tidak Baik untuk Kesehatan Reproduksi

Memakai celana jeans ketat setiap hari sebenarnya dapat meningkatkan risiko Anda mengalami infeksi dan iritasi tertentu. Salah satunya adalah vulvodynia, suatu kondisi yang ditandai dengan nyeri kronis di area pribadi Anda. 

Para peneliti telah menemukan bahwa wanita yang memakai celana jeans ketat 4 kali atau lebih dalam seminggu lebih dari dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan vulvodynia dibandingkan mereka yang tidak pernah memakai celana ketat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.