Sukses

Tak Disadari, 5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Perlu Dihentikan

Ternyata, ada beberapa kesalahan perawatan rambut yang tanpa Anda sadari bisa terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Keramas dan mengeringkan rambut menjadi aktifitas yang tampak mudah dilakukan. Namun, sebenarnya ada banyak kesalahan yang dilakukan dan bisa merusak kesehatan rambut.

Rutinitas perawatan rambutmu adalah proses mencuci dengan sampo. Anda pasti berpikir Anda melakukan segalanya dengan benar, tapi rambutmu tetap tidak terlihat bagus.

Ternyata, ada beberapa kesalahan perawatan rambut yang tanpa Anda sadari bisa terjadi. Penasaran apa saja kesalahannya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Kamis (30/12/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Keramas dengan cara yang salah

Mencuci rambut sambil berdiri di kamar mandi memang nyaman, tapi keramas dengan posisi terbalik atau menunduk sebenarnya bisa memberikan lebih banyak manfaat. 

Jika Anda memiliki rambut panjang, mencucinya secara terbalik akan memudahkanmu mengoleskan sampo ke lapisan rambut yang tersembunyi.

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat, membilas rambut secara terbalik bisa membantu mencegah timbulnya jerawat, karena produk perawatan rambut dan minyak dari rambut tidak akan masuk ke leher dan punggung yang akan mengiritasi kulit.  

 

3 dari 6 halaman

2. Menggunakan sampo kering hanya pada rambut kotor

Menggunakan sampo kering menjadi cara yang bagus untuk menyegarkan rambut ketika Anda tidak punya waktu untuk mandi. 

Jika Anda memiliki rambut halus, menyemprotkan sampo kering ke akar rambut bisa memberi dorongan instan dan membuatnya tampak lebih penuh.

Namun jangan menggunakan secara berlebihan, karena terlalu sering menggunakan sampo kering bisa menyebabkan penumpukan produk di kulit kepala dan menyebabkan gatal.

4 dari 6 halaman

3. Menggunakan kondisioner rambut terlalu lama

Menggunakan kondisioner rambut menjadi langkah penting dalam rutinitas perawatan rambutmu, karena bisa melindungi kutikula rambutmu dan membuat helai rambut lebih halus dan lebih mudah untuk diurai. 

Menerapkan kondisioner rambut terlalu lama bisa membebani rambutmu dan membuatnya terlihat berminyak. Membiarkan kondisioner pada rambutmu tidak lebih dari 3 menit sudah cukup untuk mendapatkan semua manfaatnya.

5 dari 6 halaman

4. Rambut disanggul saat basah

Banyak dari kita akan menyanggul atau menguncir rambut setelah keramas untuk menjauhkan rambut dari wajah. Namun, kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini bisa merusak helai rambutmu dan membuatnya putus. 

Karena rambut paling rentan saat basah, terlalu banyak tekanan pada rambut bisa melemahkannya dan menyebabkan kerusakan.

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan sampo yang sama

Ketika Anda menemukan sampo yang memberikan keajaiban bagi rambutmu, Anda tergoda untuk menggunakannya setiap saat. 

Namun, rambutmu benar-benar terbiasa dengan produk yang sama dari waktu ke waktu, dan akhirnya, mereka berhenti bekerja.

Daripada menimbun sampo yang digunakan untuk membuat rambutmu terlihat indah, berinvestasilah dalam 2 atau 3 sampo dan kondisioner yang berbeda dan gantilah tergantung pada cuaca, kualitas air dan kondisi rambutmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.