Sukses

Studi: Vaksin Saja Tidak Bisa Mencegah Infeksi Omicron

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa vaksin Covid tidak menawarkan pertahanan terhadap infeksi oleh varian Omicron.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini para ahli di dunia masih terus melakukan penelitian terhadap virus Covid-19 jenis baru yaitu Omicron. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa vaksin Covid yang digunakan di sebagian besar dunia hampir tidak menawarkan pertahanan terhadap infeksi oleh varian Omicron yang sangat menular.

Dilansir dari New York Times, semua vaksin tampaknya belum memberikan tingkat perlindungan yang signifikan terhadap penyakit serius dari Omicron, yang merupakan tujuan paling penting. 

Tetapi suntikan Pfizer dan Moderna, ketika diperkuat oleh booster, tampaknya memiliki keberhasilan awal dalam menghentikan infeksi, hanya saja vaksin ini tidak tersedia di sebagian besar dunia.

Penelitian awal menunjukkan, vaksin lainnya termasuk yang dari AstraZeneca, Johnson & Johnson dan vaksin yang diproduksi di China dan Rusia tidak banyak membantu menghentikan penyebaran varian Omicron

Dan karena sebagian besar negara telah membangun program inokulasi mereka seputar vaksin ini, kesenjangan tersebut dapat berdampak besar pada pandemi yang belum berakhir ini.

Lonjakan infeksi global di dunia di mana miliaran orang tetap tidak divaksinasi tidak hanya mengancam kesehatan individu yang rentan tetapi juga meningkatkan peluang munculnya lebih banyak varian. 

Kesenjangan dalam kemampuan negara-negara untuk menghadapi pandemi hampir pasti akan semakin dalam. Dan berita tentang kemanjuran vaksin yang terbatas terhadap infeksi Omicron dapat menekan permintaan untuk vaksinasi di seluruh negara berkembang, di mana banyak orang sudah ragu-ragu atau disibukkan dengan masalah kesehatan lainnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Ada Vaksin yang Sepenuhnya Mencegah Infeksi Omicron

Sebagian besar bukti sejauh ini didasarkan pada eksperimen laboratorium, yang tidak menangkap berbagai respons imun tubuh, dan bukan dari melacak efeknya pada populasi dunia nyata. Namun, hasilnya mengejutkan.

Suntikan Pfizer dan Moderna menggunakan teknologi mRNA baru, yang secara konsisten menawarkan perlindungan terbaik terhadap infeksi pada setiap varian. Semua vaksin lain didasarkan pada metode lama untuk memicu respons imun.

Vaksin buatan China Sinopharm dan Sinovac, yang merupakan hampir setengah dari semua dosis yang dikirim secara global menawarkan perlindungan hampir nol dari infeksi Omicron. 

Sebagian besar orang di China telah menerima suntikan ini, yang juga banyak digunakan di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah seperti Meksiko dan Brasil.

Sebuah studi efektivitas awal di Inggris menemukan bahwa vaksin Oxford-AstraZeneca tidak menunjukkan kemampuan untuk menghentikan infeksi Omicron enam bulan setelah vaksinasi. 

Sembilan puluh persen orang yang divaksinasi di India menerima suntikan ini, dengan merek dagang Covishield; itu juga telah digunakan secara luas di sebagian besar sub-Sahara Afrika, di mana Covax, program vaksin global Covid, telah mendistribusikan 67 juta dosisnya ke 44 negara.

3 dari 4 halaman

Omicron bisa menyebabkan gangguan global

Para peneliti memperkirakan bahwa vaksin Sputnik Rusia, yang juga digunakan di Afrika dan Amerika Latin, akan menunjukkan tingkat perlindungan yang sama suramnya terhadap Omicron.

Permintaan vaksin Johnson & Johnson telah melonjak di Afrika, karena rejimen pengiriman sekali pakainya memudahkan pengiriman di rangkaian sumber daya rendah. Tapi itu juga telah menunjukkan kemampuan yang dapat diabaikan untuk memblokir infeksi Omicron.

Antibodi adalah garis pertahanan pertama yang diinduksi oleh vaksin. Tetapi suntikan juga merangsang pertumbuhan sel T, dan studi pendahuluan menunjukkan bahwa sel T ini masih mengenali varian Omicron, yang penting dalam mencegah penyakit parah.

Yang pertama Anda hilangkan adalah perlindungan terhadap infeksi ringan tanpa gejala, apa yang Anda pertahankan jauh lebih baik adalah perlindungan terhadap penyakit parah dan kematian,” kata John Moore, ahli virologi di Weill Cornell Medicine di New York. Dia menyebutnya "lapisan perak" bahwa Omicron sejauh ini tampak kurang mematikan daripada varian Delta.

Tetapi perlindungan ini tidak akan cukup untuk mencegah Omicron menyebabkan gangguan global, kata J. Stephen Morrison, direktur Pusat Kebijakan Kesehatan Global di Pusat Studi Internasional dan Strategis.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.