Sukses

Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Menyaksikan Hujan Meteor Geminid 2021

Bagi Anda yang ingin menyaksikan hujan meteor geminid, berikut ini deretan hal yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Selasa (14/12/2021) hingga Rabu (15/12/2021), akan terjadi fenomena hujan meteor Geminid. 

Mengutip informasi dari situs resmi LAPAN, Senin (13/12/2021), Geminid merupakan hujan meteor utama yang titik radiannya (titik asal kemunculan meteor) berada di dekat bintang Alfa Geminorum (Castor) konstelasi Gemini.

"Hujan meteor Geminid dapat disaksikan sejak pukul 20.30 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Barat Laut," tulis LAPAN dalam situsnya.

Fenomena langit ini merupakan salah satu yang paling terkenal di antara hujan meteor tahunan karena cahayanya cukup terang. Bagi Anda yang ingin menyaksikan hujan meteor geminid, berikut ini deretan hal yang perlu diketahui.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asal Meteor Geminid

Dilansir dari Planetary, Senin (13/12/2021), meteor Geminid berasal dari 3200 Phaethon, asteroid sebesar 5 kilometer dengan orbit yang sangat dekat dengan Matahari.

Orbit dekat inilah yang diperkirakan menyebabkannya menumpahkan puing-puing, yang kemudian menabrak atmosfer atas bumi dengan kecepatan 130.000 kilometer per jam.

3 dari 5 halaman

Waktu Terbaik Menyaksikannya

Waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor Geminid ialah sejak pukul 20.30 waktu setempat hingga keesokan harinya saat akhir fajar bahari (25 menit sebelum terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Barat Laut.

Intensitas hujan meteor ini untuk Indonesia berkisar 86 meteor/jam (Sabang) hingga 107 meteor/jam (P. Rote).

4 dari 5 halaman

150 Meteor

Hujan Meteor Geminid biasanya merupakan salah satu hujan meteor terbaik tahun ini, yang mampu menghasilkan 150 meteor atau lebih per jam di lokasi yang gelap. Meteor ini akan bercahaya cerah dan berwarna-warni.

Geminid merupakan hujan meteor utama yang titik radiannya (titik asal kemunculan meteor) berada di dekat bintang Alfa Geminorum (Castor) konstelasi Gemini. Saat terjadi fenomena ini bulan akan 78% lebih terang dan muncul di sebagian besar malam, yang dapat menghambat penglihatan.

5 dari 5 halaman

Terjadi Selama 1 Jam

Waktu puncak terjadinya fenomena ini adalah sekitar pukul 02.00 pagi di seluruh dunia. Waktu observasi meteor bisa berlangsung hingga satu jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.