Sukses

Menyamar Sebagai Sosialita, Wanita Ini Hidup Mewah 3 Minggu Tanpa Keluar Uang

Seorang mahasiswa seni asal China menghabiskan tiga minggu dengan hidup mewah tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Liputan6.com, Jakarta Seorang mahasiswa seni asal China baru-baru ini melakukan eksperimen menarik di mana dia menghabiskan tiga minggu menjalani kehidupan yang baik di Beijing tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, dengan berpura-pura menjadi sosialita kaya.

Dilansir Odditycentral, Zou Yaqi, seorang mahasiswa seni berusia 23 tahun di Universitas Beijing telah mendapatkan banyak perhatian untuk proyek kelulusannya yang unik yang membuatnya menyamar sebagai sosialita untuk menikmati perlakuan khusus dan membantunya bertahan hidup selama tiga minggu tanpa mengeluarkan uang. 

Untuk sebagian besar bulan Mei tahun ini, dia tidur di sofa mewah di lobi hotel bintang lima di ibukota China, menyeruput anggur di berbagai acara dan memunculkan wajahnya di berbagai acara prasmanan gratis. Dan dia melakukan itu semua hanya dengan berpura-pura menjadi sosialita kaya.

Menjelang tiga minggu hidup bebas biaya, Zou Yaqi menghabiskan beberapa bulan untuk membuat persiapan. Pada bulan Januari, dia mulai pergi ke berbagai tempat dan membuat daftar semua tempat yang bisa dia kunjungi untuk menikmati makanan, minuman, dan akomodasi gratis selama percobaan tiga minggunya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menikmati segala macam fasilitas secara gratis

Selanjutnya adalah waktunya untuk membuat penyamaran yang cukup bagus untuk membodohi orang agar mengizinkannya menikmati segala macam fasilitas secara gratis. 

Dia harus mengubah dirinya menjadi seorang mingyuan, seorang anggota sosialita berpengaruh di Tiongkok. Dia menghabiskan waktu berbulan-bulan mempelajari sejumlah contoh, mulai dari cara mereka berpakaian dan merias wajah, hingga tingkah laku mereka. Zou akhirnya melakukan penyamaran dengan menampilkan baju olahraga desainer velour, lipstik merah cerah, dan tas tangan mewah palsu.

Eksperimen Zou Yaqi dimulai pada tanggal 1 Mei dengan kunjungan ke ruang VIP bandara, di mana ia memperoleh akses dengan tiket masuk palsu, jenis yang kadang-kadang diberikan oleh bank, agen perjalanan, dan maskapai penerbangan China sebagai keuntungan bagi pelanggan tetap. Staf bahkan tidak pernah repot-repot untuk melihatnya lebih dekat, mengantarnya masuk hanya dengan melirik selembar kertas berwarna. 

Saya sangat gugup dan berpikir saya akan diusir pada detik berikutnya, tetapi tidak ada yang terjadi, ”kata Zou baru-baru ini kepada Sixth Tone.

3 dari 4 halaman

Hidup mewah berhari-hari tanpa keluar uang

Tiket masuk lounge hanya berlaku selama tiga jam, tetapi tidak ada yang tampak kesal karena tamu terlalu lama menginap, jadi dia menghabiskan tiga hari di sana, tidur di sofa dan menikmati makanan gratis yang disajikan sebagai bagian dari tiga prasmanan harian.

Pada hari pertama itu, Zou juga mengunjungi toko Gucci di bandara dan berhasil meyakinkan staf di sana untuk memberinya kantong kertas Gucci gratis, yang membuat kepribadian sosialitanya semakin dipercaya dan juga membantu menyelinap keluar makanan gratis. 

Ketika dia mengunjungi toko Louis Vuitton sambil memegang tas barunya, staf di sana diduga meninggalkan tamu lain dan menyapanya, menunjukkan barang-barang mahalnya dan bahkan mengundangnya ke acara LV.

Setelah "menaklukkan" bandara, Zou pindah ke Distrik Dongcheng, bagian elit dari pusat kota Beijing, di mana dia menggunakan citra mingyuan-nya untuk mendapatkan lebih banyak makanan dan akomodasi gratis. 

Di sebuah hotel kelas atas, dia membuat nama palsu dan nomor kamar agar dia bisa mendaftar di meja depan dan mendapatkan akses ke kamar mandi gratis, yang menampilkan pertunjukan, sauna, dan ruang mandi uap.

4 dari 4 halaman

Eksperimennya menjadi viral

Dia juga mengambil bagian dalam pelelangan untuk perhiasan mahal, bahkan mencoba beberapa barang jutaan yuan sendiri. Pada titik ini, dia telah menjadi begitu terbiasa dengan gaya hidupnya sehingga dia bahkan tidak merasa gugup untuk menunjukkan dirinya sebagai seorang sosialita kepada siapa pun.

Saya terus-menerus memainkan peran sepanjang hari, saya sudah mati rasa dan tidak panik saat itu,” kata Zou.

Eksperimen tiga minggu ini selalu dirancang sebagai proyek seni kelulusan tentang kapitalisme dan konsumerisme, sehingga mahasiswa muda itu mencatat sebagian besar pengalamannya. 

Di akhir eksperimen, dia mulai mengedit rekaman yang dia rekam dan mempresentasikannya di upacara kelulusannya. Ini segera menjadi salah satu proyek artistik yang paling banyak dibicarakan pada tahun 2021 di Tiongkok.

Tetapi sementara Zou Yaqi mengharapkan eksperimennya menjadi viral dan menarik perhatian media, apa yang tidak dia harapkan tentu memicu kontroversi. 

Sementara banyak yang menghargai proyek tiga minggunya sebagai karya seni, banyak yang mengkritiknya karena menyalahgunakan hak istimewanya sendiri dengan menjadi mahasiswa di Universitas Beijing untuk memungkinkan eksperimen tersebut. Meskipun dia tidak menghargai kritik, Zou masih bersyukur bahwa perhatian yang diterima proyeknya membuatnya mendapatkan kontrak dengan agensi seni dan memungkinkannya untuk lulus sebagai seniman profesional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.