Sukses

Berbahaya, Jangan Lakukan Ini Saat Menolong Orang yang Tersedak

Berikut hal yang seharusnya dihindari saat menolong orang yang tersedak

Liputan6.com, Jakarta Saat makan, Anda disarankan untuk tidak melakukannya sambil mengobrol, tertawa, atau melakukan hal lain. Nasihat tersebut datang bukan tanpa sebab. Bila tidak berhati-hati, Anda bisa saja mengalami tersedak yang membahayakan.

Tersedak adalah risiko untuk segala usia, dan penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Terkait cara membantu orang tersedak, ternyata ada satu tindakan yang alih-alih menolong justru dapat membahayakan orang yang tersedak.

Tindakan apa itu? Ini dia penjelasannya.

Jangan pernah lakukan ini pada orang yang tersedak

Anda mungkin pernah diberitahu bahwa jika seseorang tersedak, Anda dapat menggunakan jari Anda untuk mengambil benda yang mengganggu dan membersihkan jalan napas mereka. Tetapi kecuali Anda dapat melihat makanan atau benda asing itu sendiri, Anda harus menahan diri untuk melakukannya.

Jika tidak, Anda akan melakukan "sapuan jari buta", yang bisa lebih berbahaya daripada menolong orang yang tersedak.

"Keluarkan benda itu dari mulut mereka hanya jika Anda bisa melihatnya," saran WebMD dalam panduan pengobatan tersedak.

"Jangan pernah mengorek dengan jari kecuali Anda dapat melihat benda itu di mulut orang tersebut."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengorek dengan jari dapat memperburuk situasi

Masalah dengan menggunakan jari untuk membantu orang yang tersedak adalah ketika Anda tidak dapat melihat makanannya, Anda dapat memperburuk masalahnya.

Menurut National Health Care Provider Solutions (NHCPS), gagasan bahwa mengorek dengan jari cocok untuk segala usia "telah digantikan oleh praktik berbasis bukti untuk hanya melakukannya jika Anda dapat melihat objek dengan jelas di mulut orang tersebut."

Masalahnya adalah bahwa tindakan itu dapat mendorong objek lebih jauh ke dalam jalan napas.

 

3 dari 4 halaman

Lakukan Manuver Heimlich sebagai pertolongan pertama orang tersedak

Jika Anda tidak segera melihat makanan yang menghalangi jalan napas mereka, Anda dapat melakukan manuver Heimlich sebagai bentuk pertolongan pertama. Menurut NHCPS, "Saat memberikan pertolongan pertama tersedak, periksa secara visual mulut orang yang menerima bantuan di antara rangkaian dorongan perut atau sebelum memberikan napas bantuan."

Jika Anda melihat makanan dan dapat mengeluarkannya dengan jari, baru gunakan jari Anda untuk mengambil makanan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Pastikan Anda tahu cara melakukan dorongan perut/manuver Heimlich

Mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan itu penting, tetapi Anda juga perlu tahu bagaimana Anda harus merespons jika Anda melihat seseorang tersedak. Dikutip langsung dari situs WebMD tentang pertolongan pertama tersedak, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat melakukan manuver Heimlich:

  • Berdiri di belakang orang tersebut dan lingkarkan tangan Anda di pinggang.
  • Tempatkan kepalan tangan Anda tepat di atas pusar orang tersebut. Pegang kepalan tangan Anda dengan tangan Anda yang lain.
  • Tarik cepat ke dalam dan ke atas seolah-olah mencoba mengangkat orang tersebut.
  • Lakukan total 5 dorongan perut.
  • Jika sumbatan masih belum terlepas, lanjutkan siklus 5 pukulan punggung dan 5 dorongan perut sampai benda terbatuk atau orang tersebut mulai bernapas atau batuk.
  • Mampu melakukan dorongan perut dengan benar dapat menyelamatkan hidup seseorang, jadi pastikan Anda telah mempelajari cara melakukannya dengan tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.